4 strategi Marketing Masa Kini untuk Bisnis Ritel

Minggu lalu, HelloBill baru saja mengdakan Talkshow yang berjudul Fashion in Globalization Era. Yup, sesuai namanya Talkshow ini memang membahas segala hal tentang bisnis fashion di era globalisasi seperti saat ini.

Bicara tentang bisnis di era globalisasi, tentunya berbeda dengan bisnis beberapa tahun silam. Beberapa tahun yang lalu media cetak dan elektronik (seperti koran, majalah, radio, dan televisi) paling diandalkan untuk melakukan promosi. Namun, kebanyakan pembisnis masa kini cenderung melakukan promosi melalui internet karena dianggap lebih terjangkau, mudah, dan tepat sasaran.

[Yuk, Intip Keseruan Talkshow HelloBill Bertema Fashion]

Jika kamu sedang ingin membangun bisnis atau sudah membangun bisnis, simak tips berikut ini untuk mengetahui strategi marketing untuk memperoleh pelanggan masa kini:

Mulai dari Aset yang Telah Dimiliki Tokomu

Sebelum membuat kegiatan pemasaran yang rumit dan mahal, kamu bisa mulai dari apa yang sudah dimiliki tokomu. Pastikan kamu memiliki desain toko yang unik, konsep bisnis yang tak biasa atau produk yang memiliki cerita menarik. Dengan begitu, bisnismu akan memiliki ciri khas sendiri yang membedakan dengan yang lainnya.

Anak-anak jaman sekarang sangat terbuka dengan segala inovasi yang unik, artsy dan modern, jadi, pastikan mereka menemukan apa yang mereka cari dari bisnismu.

sumber: SG Asia City

[5 Jenis Customer Experience yang Membuat Pelanggan Datang Kembali]

Manfaatkan Sosial Media

Bukan rahasia umum jika media sosial kini sangat booming. Baik orang tua, maupun anak muda berselancar di dalamnya hampir setiap harinya. Melihat fenomena ini, maka banyak online shop atau bisnis online menggunakan media sosial sebagai media untuk berpromosi.

Ada dua media sosial yang dinilai cukup efiesien untuk bisnis, yaitu facebook dan instagram.

Facebook

Berikut ini adalah tips berbisnis dengan memanfaatkan media sosial facebook:

  • Membuat Grup Facebook

Facebook memungkinkan kamu untuk membuat grup untuk bisnis ataupun brand. Grup facebook dapat dijadikan tempat dimana para pengguna dan para penggemar suatu brand dapat bekumpul dan saling bersosialisasi di dunia maya.

Disini mereka dapat saling bertanya, memberikan tips, dan berbagi pelangaman selama menggunakan produk dari brand milikmu.

sumber: webdesigner depot
  • Jalankan Iklan Facebook

kalau kamu mau lebih “terlihat” di sosial media, maka kamu bisa memanfaatkan iklan di facebook. Mungkin kamu harus membayar untuk cara yang satu ini, namun berita baiknya, Facebook memiliki berbagai produk iklan dengan kemampuan penargetan yang kuat, sehingga dapat membidik target marketing Anda dengan lebih spesifik.

Instagram

Instagram dapat menjadi peluang bisnis yang paling menguntungkan. Bagaimana tidak? instagram kini memiliki lebih dari 800 juta pengguna yang kebanyakan aktif setiap harinya. Jadi tidak heran jika instagram kini menjadi sarana yang memudahkan promosi bisnis. Masalahnya, banyak pula pembisnis yang menjual dagangannya di instagram. Ini yang menjadi tantangan tersendiri, bagaimana agar bisnis mu terlihat berbeda dan menarik dibanding yang lainnya. Simak cara berikut ini:

  • Buat Konten Instagram yang Menarik

Perhatikan konten instagram-mu. Akan lebih baik apabila kamu terus meng-upgrade tampilannya. Foto-foto yang cantik dengan caption yang menarik dan informatif dapat menjadikan bisnis -mu berbeda dengan yang lainnya.

Akan lebih menarik pula jika kamu memberikan tema yang berbeda-beda setiap musimnya. Postingan dengan tone warna yang serupa juga dapat membuat media sosialmu tersebut menjadi lebih eye-catching.

Sebelum memikirkan estetika dari tampilan instagram bisnismu, coba pikirkan apa kesan pertama apa yang kamu ingin orang-orang miliki tentang brand-mu? Temukan jawabannya kemudian cari tahu bagaimana membuatnya menjadi hidup di halaman Instagram.

sumber: makeup.download
  • Instagram Story

Yang satu ini pasti tidak asing lagi untuk kebanyakan orang. Fitur instagram story adalah salah satu fitur terbaru dari instagram. Disini kamu bisa merekam kegiatan yang sedang kamu lakukan untuk kemudian dilihat orang pengikutmu selama 24 jam. Namun, rekaman tersebut juga dapat tersimpan di akun sehingga dapat dilihat kapanpun.

Untuk bisnis, instagram story dapat digunakan untuk memberitahu pelanggan apa saja terkait kegiatan bisnis tersebut. Misalnya testimonial pelanggan terdahulu, kegiatan pemotretan produk, informasi harga ataupun promo, atau pemberitahuan jika ada barang baru.

sumber: later

Influencer Marketing

Di masa kini, pendapat influencer sangat berpengaruh terhadap keputusan pembelian dibandingkan dengan iklan tradisional. Mengapa demikian? karena orang-orang lebih cenderung bertindak berdasarkan rekomendasi sumber yang mereka suka dan percayai.

Seorang influencer biasanya sudah tahu siapa pengikutnya dan bagaimana karakter mereka, sehingga ia mengetahui strategi marketing yang sesuai dan tepat sasaran.

Kamu juga bisa mempertimbangkan kehadiran influencer bagi bisnismu. Tips-nya adalah cari influencer yang sesuai dan dapat mencerminkan brand-mu, juga pastikan kalau pengikut mereka sesuai dengan target marketing bisnismu.

sumber: OSC web design

[4 Alasan Mengapa Program Loyalitas Pelanggan Penting untuk Bisnismu]

E-mail Marketing

Hingga detik ini, e-mail marketing masih dianggap strategi yang paling efektif. E-mail marketing lebih spesial dan personal karena dikirim langsung ke e-mail pelanggan yang bersangkutan. Pada e-mail ini, kamu bisa menaruh informasi apa saja, seperti cerita tentang bisnismu, produk terbaru, dan promo-promo lainnya. Tentunya juga bisa langsung disambungkan ke wabsite bisnismu, jadi memudahkan pelanggan jika mereka ingin langsung mengecek.

[6 Ide E-mail Marketing]

Lihat contoh e-mail marketing berikut ini:

sumber: bataout

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *