6 Ide E-mail Marketing yang Dapat Mengubah Pengikut Menjadi Pelanggan

E-mail marketing memiliki tujuan memotivasi penerimanya untuk melakukan suatu tindakan, entah itu melakukan pembelian, menyelesaikan pembayaran ataupun mengetahui promo dan event yang akan segera berlangsung.

Pengiriman pesan yang sangat di targetkan dan personal memang sangat penting untuk kesuksesan bisnis Anda. Namun, Anda juga harus memastikan tindakan e-mail pemasaran yang Anda lakukan relevan dan spesifik. Jadi, perintah dalam pesan e-mail harus jelas.

sumber: small business trend

Berikut ini adalah beberapa E-mail marketing yang paling popular:

Abandoned Cart

Banyak orang yang melakukan pembelian di situs web, namun tidak segera membayar. Tugas Anda menjaga mereka agar tidak pergi begitu saja. Anda bisa mengirimkan rangkaian e-mail untuk memotivasi mereka untuk segera menyelesaikan pembelian.

E-mail pertama dapat diisi dengan pesan sederhana, seperti “Apakah Anda lupa untuk menyelesaikan pembelian Anda?”. Pesan kedua bisa menawarkan gratis ongkos kirim atau informasi potongan harga lainnya, dan pesan ketiga dapat memanfaatkan rasa takut penerima dengan mengingatkan mereka bahwa mereka dapat kehilangan kesempatan memiliki produk tersebut jika mereka tidak segera melakukan pembelian.

[Ketahui Seluk Beluk Bisnis Pesaing dengan 6 Cara Ini]

Free Demonstration

Demo gratis sering ditawarkan unntuk produk yang kompleks, terutama produk software-as-a-service (SaaS) yang membutuhkan pelatihan khusus agar lancar dalam mengaplikasikannya. Anda dapat mencari kontak orang-orang yang sesuai dengan target marketing, setelah itu kirimkan E-mail free demonstration atau demo gratis untuk percobaan produk.

Ketika seseorang telah mendaftar untuk demo gratis. Anda harus membuat mereka merasa nyaman dengan memberikan informasi yang dibutuhkan secara lengkap. Kirimkan serangkaian pesan mengenai waktu demo dan apa saja yang akan dibahas. Lalu, tindak lanjuti dengan pesan pengingat sebelum demo dan setelah demo, dan berikan E-mail tambahan yang berisi informasi berguna, tautan bermanfaat, testimoni, studi kasus, dan lain sebagainya.

[Hal yang Harus Disiapkan Sebelum Membuka Cabang Toko]

Cross-sell dan Add-ons

Waktu yang tepat untuk menawarkan produk pelengkap kepada pelanggan adalah ketika mereka masih secara aktif melakukan pembelian di situs web Anda. Misalnya, sesaat setelah mereka menyelesaikan transaksi pembelian. Anda dapat mengirimkan e-mail cross-sell atau add-on yang merupakan produk atau jasa tambahan untuk melengkapi pembelian mereka sebelumnya.

Pesan ini harus mencakup informasi tentang produk dan alasan mengapa produk ini sempurna untuk melengkapi produk sebelumnya. Anda juga bisa menambahkan testimoni pelanggan atau bahkan potongan harga untuk produk pelangkap ini.

Penawaran dan Promosi Khusus

Seringkali konsumen ingin melakukan pembelian, tetapi membutuhkan dorongan untuk melakukan tindakan. Pembelian yang ditunda lama-lama menjadi tidak penting dan terlupakan. Disini Anda memiliki tugas untuk memberikan dorongan dan motivasi melalui e-mail.

Kirimkan e-mail mengenai diskon atau promosi yang sedang berlangsung. Berikan informasi yang jelas kapan diskon akan berakhir dan mengapa mereka perlu membeli produk tersebut dengan harga khusus. Anda juga dapat menyertakan penghitung waktu mundur dalam pesan-pesan ini agar mereka sesegera mungkin melakukan pembelian.

Refer-a-friend

Tentunya pelanggan Anda terhubung dengan orang lain secara online maupun offline. Yang artinya brand Anda dapat menjangkau pasar yang lebih luas dan jauh dengan program Refer-a-friend dan mempromosikannya melalui e-mail marketing.

Pesan yang dikirimkan harus menjelaskan cara kerja program dan apa keuntungan dari refer-a-friend atau merujuk teman. Pastikan Anda memiliki keuntungan yang setimpal sehingga, mereka tidak berpikir dua kali untuk memperomosikan produk Anda secara online maupun offline.

[Cara membuat Konten Marketing Yang Menarik

Program Loyalitas

Program loyalitas adalah program yang dibuat khusus untuk pelanggan Anda yang paling setia. Anda dapat memberikan hadiah (berupa promo, voucher, dan lain sebagainya) untuk pembelian berikutnya, seperti pembelian kedua, ketiga, keempat dan sebagainya. Selain itu, Anda juga bisa mengirimkan voucher ketika mereka berulang tahun. Intinya program ini dirancang agar pelanggan merasa teristimewa karena merupakan bagian dari anggota grup ekslusif.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *