4 Alasan Mengapa Program Loyalitas Pelanggan Penting untuk Bisnismu

Menjual produk kepada pelanggan lama tentunya lebih mudah dibandingkan menjual kepada pelanggan baru. Hal ini kerena pelanggan lama telah mengetahui produk yang Anda jual dan mereka menyukainya. Namun, bukan berarti mereka akan terus setia. Bisa saja mereka meninggalkan Anda jika menemukan produk sejenis dengan harga serta penawaran yang lebih baik.

Maka bisnis Anda membutuhkan customer loyalty program atau program loyalitas pelanggan. Program loyalitas bertujuan untuk mendorong pelanggan agar tetap setia dengan mengedepankan kepuasan mereka. Ada berbagai jenis program loyalitas yang bisa Anda pilih, diantaranya adalah program poin, program cashback, program reward kemitraan, program brand ambassador, bonus ulang tahun dan lain sebagainya.

Berikut ini kita akan membahas alasan mengapa program loyalitas sangat penting untuk bisnismu:

[4 Alasan Mengapa Coworking Space Ideal untuk Bisnis Startup]

Memungkinkan Anda Memperoleh Rekomendasi dari Para Pelanggan

Rata-rata orang akan membicarakan apa yang mereka sukai kepada teman atau keluarga mereka. Bayangkan jika para pelanggan telah menyukai produk Anda, lalu Anda memberikan program loyalitas yang menarik. Hasilnya mereka akan semakin jatuh cinta kepada Anda dan tidak sungkan untuk menyebutkan merek Anda kepada orang lain.

Pada dasarnya program loyalitas diperuntukan bagi pelanggan terbaik Anda, mereka yang memang sudah berbelanja di toko Anda. Tujuannya adalah membangun keterikatakan merek. Semakin mereka terikat dengan mereka Anda, semakin besar kemungkinan mereka untuk mempromosikannya kepada orang lain.

Bukan rahasia umum jika pemasaran Word of Mount atau dari mulut ke mulut merupakan pemasaran yang paling efektif dan murah. Penelitian menyebutkan bahwa 90% orang akan lebih percaya dengan brand yang telah direkomendasikan oleh teman atau keluarga mereka.

Meningkatkan Pengalaman Berbelanja bagi Para Pelanggan

Dengan adanya program loyalitas yang menguntungkan, para pelanggan memiliki pengalaman yang menyenangkan. Hal ini tidak menutup kemungkinan jika nantinya mereka akan terus berbelanja atau menggunakan jasa perusahaan Anda.

Jadi, pastikan Anda memiliki program loyalitas pelanggan yang paling sesuai. Buatlah pelanggan merasa uang yang mereka keluarkan menghantarkan mereka kepada banyak keuntungan.

[5 Tip Mengelola Instagram Untuk Bisnis Restoran]

Memperoleh Data Penting Pelanggan

Data adalah hal krusial bagi bisnis Anda. Tentunya Anda harus mengetahui siapa saja pelanggan Anda, alasan mereka membeli produk Anda, hingga berapa kali mereka melakukan pembelian di toko Anda. Program loyalitas pelanggan memungkinkan Anda mengumpulkan data tersebut dengan mudah.

Anda dapat melacak siapa saja yang paling sering melakukan penukaran poin atau siapa saja yang kerap kali memanfaatkan program reward kemitraan. Sebelumnya, pastikan Anda telah memiliki informasi lengkap tentang mereka (seperti: umur, jenis kelamin, dan alamat).

Setelah memiliki informasi, Anda dapat melakukan pengecekan untuk melihat siapa saja yang paling sering berbelanja dan informasi terkait hal tersebut, seperti domisi pelanggan tersebut, produk apa yang paling laku, usia rata-rata pelanggan tersebut hingga apakah penawaran yang Anda berikan telah sesuai ataupun belum.

Data-data ini juga yang nantinya akan membantu Anda merancang kegiatan marketing selanjutnya.

Dapat Meningkatkan Visibilitas di Platform Online

Program loyalitas juga merupakan strategi hebat untuk membangun reputasi online merek Anda. 80% orang percaya pada apa ulasan yang terdapat pada platform online, maka pastikan Anda memiliki ulasan baik terhadap produk Anda dari para pelanggan.

Ada dua cara memperoleh ulasan tersebut: hadiahi pelanggan Anda karena meninggalkan ulasan atau minta pelanggan Anda meninggalkan ulasan setelah menukarkan hadiah.

[Kenali Istilah Sales Forecasting Untuk Bisnismu]

Cara pertama, Anda bisa memberikan mereka hadiah (entah itu poin tambahan atau barang khusus) setelah mereka memberikan ulasan. Sedangkan cara yang kedua, Anda bisa meminta pelanggan yang telah menukarkan poin atau hadiah untuk memberikan ulasan tentang produk Anda, baik itu di platform khusus atau sosial media mereka. Pastikan mereka memberikan ulasan yang positif sehingga dapat menarik lebih banyak pelanggan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *