Persiapkan strategi penjualan di tahun 2022 berdasarkan aspek berikut

tips penjualan 2022

Tidak terasa saat ini kita sudah berada di penghujung tahun 2021 dan akan memasuki tahun 2022. Untuk Anda para pengusaha yang telah melalui tahun ini dan masih tetap berjuang, Anda semua sungguh luar biasa. Seperti yang kita ketahui semua, tahun ini kita semua mengalami pandemi Covid-19. Kondisi membuat kita harus tetap berjualan, serta melakukan inovasi untuk bertahan di masa pandemi tersebut. Tentu saja inovasi dalam berjualan tidak hanya berhenti disitu. Kita juga harus mempersiapkan strategi penjualan yang akan kita gunakan di tahun 2022 nanti.

Apa tujuan strategi penjualan ini?

Secara umum strategi penjualan bertujuan untuk membuat pemasaran yang baik dan tepat sasaran. Strategi ini dengan tepat menjangkau calon pelanggan sesuai dengan kriteria dan segmentasi dari pasar. Memperkenalkan kelebihan dari produk agar mudah dikenal oleh calon pelanggan. Dengan demikian dapat menghemat dan mengefisiensikan anggaran yang akan digunakan untuk keperluan pemasaran.

Mengapa kita mempersiapkan strategi tersebut di akhir tahun ini?

Strategi penjualan yang akan dijalankan pada tahun 2022 sangat tepat ditentukan pada akhir tahun ini. Kita dapat menentukan strategi yang baik dan tidak terburu-buru untuk menentukannya. Untuk menentukan keputusan dibuat berdasarkan data, bukan dari sebuah intuisi. Dengan demikian kita memiliki data lengkap yang dibutuhkan sejak bulan januari hingga desember 2021. Setelah memperoleh data tersebut, langkah-langkah apa yang selanjutnya dilakukan.

Berikut ini beberapa poin langkah-langkah yang dilakukan untuk menentukan strategi penjualan untuk tahun 2022 nanti:

1 Analisis penjualan

analisis penjualan

Pertama-tama, setelah Anda memperoleh data yang diperlukan termasuk data penjualan didalamnya, proses yang dilakukan adalah melakukan analisis penjualan. Apa itu analisis penjualan?. Analisis penjualan dapat diartikan sebagai sebuah tindakan yang mengevaluasi dari sebuah kumpulan data penjualan untuk memperoleh informasi seperti, jumlah produk yang laku, produk yang paling sering laku, produk yang jarang laku. Berdasarkan informasi tersebut, kita dapat menentukan produk yang akan sering dipasarkan. 

Dalam menganalisis kita juga dapat memanfaatkan tools yang ada seperti Microsoft Excel atau Google Sheet. Selain tools tersebut, kita juga dapat memanfaatkan laporan penjualan yang ada pada Point of Sales (POS) yang digunakan. Seperti contoh pada aplikasi HelloBill, data tersebut dapat diperoleh dari fitur laporan yang ada pada Back Office. Anda dapat menentukan rentang waktu kapan sesuai dengan kebutuhan data yang Anda perlukan untuk menganalisis penjualan

2 Persiapkan produk unggulan

produk terbaik

Ketika telah memperoleh informasi yang dibutuhkan seperti jumlah produk yang laku, produk yang paling sering laku, produk yang jarang laku dari analisis penjualan, selanjutnya adalah menentukan produk. Dari analisis penjualan kita memperoleh informasi produk yang sering laku dan yang tidak. Berdasarkan informasi tersebut kita dapat gunakan sebagai produk unggulan yang akan dipromosikan pada penjualan di tahun 2022 nanti. Selain bahan pertimbangan promosi, kita juga dapat melakukan proyeksi estimasi dari bahan baku yang digunakan pada produk-produk tersebut.

3 Promosikan produk

promosi produk

Setelah memperoleh informasi, langkah selanjutnya adalah melakukan pemasaran terhadap produk. Buat berbagai macam promosi seperti promosikan produk unggulan, diskon atau potongan harga dan paket bundling. Untuk promosi produk unggulan dapat menggunakan produk yang paling laku terjual berdasarkan data penjualan. Untuk membuat diskon atau potongan harga dapat menggunakan data produk yang memiliki penjualan yang sedikit atau minim. Sedangkan untuk paket bundling dapat menggunakan data penjualan produk yang sering dibeli secara bersamaan oleh pelanggan atau menggunakan produk yang memiliki bahan baku cepat rusak atau sama. Untuk tools pemasaran sendiri, Anda dapat memanfaatkan media sosial sebagai sarana pemasaran. Saat ini hampir seluruh sosial media memiliki fitur iklan atau promosi. Agar lebih banyak dijangkau oleh calon pelanggan, Anda dapat memanfaatkan fitur iklan atau promosi tersebut

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *