Ketahui Seluk Beluk Bisnis Pesaing dengan 6 Cara Ini

Salah satu yang dapat menghancurkan bisnis Anda adalah para pesaing. Mungkin awalnya Anda tidak terlalu memperhatikan mereka, namun jika Anda lengah, mereka dapat menjatuhkan dan merebut para pelanggan Anda.

Meskipun bisnis Anda dan pesaing berjalan di bidang yang sama, namun tetap memiliki kelebihan dan kekuranggannya masing-masing. Tugas Anda disini adalah jangan lengah dan cari tahu bagaimana persaingannya. Bisa saja para pesaing telah memanfaatkan kekurangan Anda dalam kegiatan pemasaran mereka atau bisa saja mereka telah sedikit demi sedikit mencuri pelanggan Anda.

Dengan mengetahui seluk beluk pesaing Anda, Anda dapat  mempertahankan para konsumen, mengetahui cara pemasaran yang tepat, serta memperluas pangsa pasar Anda.

Berikut ini adalah 6 cara memata-matai para pesaing bisnis Anda:

Perhatikan Iklan Mereka

Ada begitu banyak informasi di Internet. Anda juga pasti pernah berselancar di dunia maya untuk memperoleh informasi terkait bidang bisnis yang Anda jalankan. Jika Anda benar-benar memperhatikan, Anda akan menemukan beberapa iklan dari pesaing Anda.

Luangkanlah waktu untuk memperhatikan iklan-iklan tersebut. Dari situ Anda akan memperoleh banyak informasi, seperti target pemasaran mereka, promo yang mereka tawarkan, hingga event yang akan mereka selenggarakan. Anda juga dapat menganalisis apabila iklan mereka telihat menjatuhkan dan memanfaatkan kekurangan Anda.

Semakin Anda memperhatikan, semakin mudah pula melihat kekurangan mereka. Hal ini sangat menguntungkan agar kita dapat membuat kampanye lebih efektif dalam mempromosikan produk ataupun layanan.

[6 Tips ini Akan Membantu Bisnismu Meningkatkan Penjualan]

Lakukan Kunjungan Secara Rutin

Cara terbaik yang bisa Anda lakukan adalah melakukan kunjungan langsung. Jika pesaing Anda memiliki toko offline, maka Anda bisa berkunjung secara rutin. Disana Anda bisa memperhatikan konsep toko hingga harga yang mereka tawarkan.

Lalu jika mereka memiliki website, maka Anda bisa berkunjung ke situs tersebut dan membaca blog mereka. Situs website sangat kaya terhadap informasi,  memberi Anda lebih banyak informasi tentang rencana persaingan, strategi pemasaran, informasi harga hingga berbagai kebijakan yang mereka tetapkan.

Sama halnya jika mereka berfokus pada pemasaran online melalui media sosial. Anda bisa mengecek media sosial mereka secara berkala.

Tanyakan Kepada Rekan Bisnis Anda

Jika Anda memiliki beberapa rekan bisnis, Anda dapat menanyakan bagaimana pendapat mereka tentang brand pesaing. Tanyakan pertanyaan seperti:

  • Apa Anda pernah mendengar brand X?
  • Apa Anda mendengar informasi terkini dari brand X?
  • Bisnis X melakukan promosi ini. Menurut Anda apakah ini efektif untuk penjualan?

Tanyalah dengan santai agar rekan yang Anda tanyai dapat menjawab dengan lugas dan jujur. Jangan seolah-olah mengintrogasi mereka. Pandangan seorang pembisnis akan membantu Anda menganalisis kegiatan yang dilakukan oleh pesaing Anda tersebut.

Disamping itu, bisa saja para rekan bisnis Anda tersebut mengetahui informasi-informasi yang tidak dapat Anda temukan di situs internet. Sehingga Anda memperoleh bocoran kabar terbaru dari persaing Anda tersebut.

[Kenalan Dengan Sistem POS HelloBill]

Tanya Pelanggan Mereka

Coba cek terlebih dahulu, apakah ada pelanggan mereka yang merupakan pelanggan Anda juga. Setelah itu, Anda dapat bertanya pada mereka. Bagaimana tanggapan mereka tentang brand tersebut. Apakah memuaskan, membuat ingin datang kembali, atau malah mengecewakan.

Atau jika Anda memiliki teman atau kerabat yang pernah berbelanja di toko pesaing. Anda bisa menanyakan pendapat mereka. Lagi-lagi Anda harus ingat situasi saat bertanya. Jangan sampai mereka merasa di interogasi.

Ingatlah Anda harus berusaha untuk menggali, jika mereka bilang “Pelayanannya sangat Memuaskan!” coba tanyakan jenis pelayanan apa yang pelanggan tersebut sukai?

Dari itu, Anda dapat melakukan evaluasi terhadap brand Anda.

[Pentingnya Soft Opening untuk Restoran Baru]

Jadilah Pelanggan untuk Pesaing Anda

Sekali-kali Anda dapat memposisikan diri sebagai pelanggan dari toko pesaing. Caranya? Berbelanja di toko mereka. Dari situ Anda dapat merasakan langsung bagaimana rasanya pelayanan mereka, promo yang mereka berikan dan kualitas produk yang mereka jual. Sehingga, Anda dapat membandingkan dengan pelayanan dan kualitas produk dari bisnis Anda.

Contohnya, Anda adalah seorang pemilik kedai kopi dan tidak jauh dari tempat Anda, juga terdapat kedai kopi. Tentunya akan masuk akal jika Anda sesekali datang berkunjung. Untuk sekedar mencicipi rasa kopinya, melihat teknik pembuatannya hingga melihat harga yang mereka tawarkan untuk menu mereka. Namun, jika Anda cukup terkenal di lokasi tersebut sebagai pemilik kedai kopi lainnya, Anda dapat mengutus kerabat terdekat untuk datang berkunjung.

[Hal yang Harus Kamu Ketahui dalam Menentukan Target Marketing]

Pesaing Memiliki Program Loyalitas? Segera Daftar!

Para pesaing Anda mungkin memiliki program loyalitas pelanggan ataupun membersip. Jika iya, maka segera daftarkan diri Anda. Membership biasanya mencakup informasi penjualan dan event yang akan datang melalui E-mail. Jangan lewatkan kesempatan ini untuk mengetahui apa saja yang ditawarkan pesaing kepada pelanggan mereka.

Jangan lupa juga untuk mendaftarkan diri jika pesaing Anda memiliki buletin atau newspaper. Dari situ Anda akan mengetahui program apa saja yang akan dilakukan pesaing Anda di masa depan. Sehingga, Anda bisa juga membuat program yang tidak kalah menarik dengan mereka.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *