Kenalan Dengan Sistem POS HelloBill

Sistem Point of Sales (POS) sudah banyak berkembang dan semakin marak digunakan oleh para pegiat usaha, salah satunya di Indonesia. Penyedia jasa POS di Indonesia sendiri juga semakin banyak dengan kemampuan sistem yang beragam. Salah satu pengembang dan penyedia sistem POS di Indonesia adalah HelloBill, and we’re here to help you simplify your business.

Sistem retail di HelloBill POS

Dulu…

Pernahkah kamu penasaran dengan cara kerja mesin kasir modern atau menebak-nebak bagaimana waiter/waitress di sebuah restoran melayani ratusan tamu dalam waktu singkat?

Jawabannya ada di pencatatan pesanan yang baik. Sejak dulu, banyak usaha restoran atau kafe mengandalkan sistem pencatatan–tamu memesan menu, waiter mencatat. Metode pencatatan memang mudah dilakukan tetapi membutuhkan waktu yang lama untuk sampai di kitchen, tempat pesanan tamu dibuat. Sehingga, saat restoran sedang ramai, banyak tamu yang menunggu terlalu lama. Belum lagi kalau terjadi kesalahan pemesanan atau pesanan tertukar dengan tamu lain. Semua bagian di sebuah restoran amat mengandalkan waiter mereka yang menjadi penerima sekaligus pelayan tamu langsung.

Masih banyak bisnis yang memakai metode ini karena dianggap paling mudah–tidak perlu pelatihan khusus dan paling murah.

Pernahkah kamu membayangkan bagaimana sebuah toko retail penjual pakaian atau barang kebutuhan pokok mengelola dan mendata ribuan barang yang dijual?

Berbeda dengan bisnis restoran, retail punya tantangannya tersendiri terutama pada bagian penyimpanan stok barang atau inventaris. Sebuah perusahaan retail besar punya gudang yang sangat besar tempat stok barang yang mereka jual disimpan. Begitu pula dengan usaha di kios atau yang berbasis online (online shop) yang punya ratusan barang tersimpan di rumahnya. Semua barang harus didata dengan baik; mulai dari inventarisasinya, data penjualan, pengiriman, hingga data transaksi barang tersebut. Bayangkan jika pendataan tersebut keliru. Atau lalu lintas keluar-masuk barang tidak terekam dengan baik. Usaha retail, meskipun kecil, pasti akan kesulitan dan pusing untuk mendata kembali seluruh barang dan transaksi.

[Lihat bagaimana sistem POS retail bekerja]

Dan seperti halnya pada bisnis restoran, bisnis retail juga mengandalkan metode pencatatan. Baik secara menulis manual dengan tangan atau menyimpannya dalam komputer.

Sistem FnB HelloBill POS

Sekarang…

Pernahkah kamu makan di restoran/kafe yang waiter/waitress-nya membawa tab atau smartphone? Pasti pernah.

Sekarang, metode pencatatan pemesanan sudah berkembang. Para waiter/waitress sudah membawa gadget yang terhubung langsung ke kitchen, mesin kasir, bahkan ke sistem besar yang mengolah laporan penjualan. Sistem canggih ini bukan hanya mempermudah alur pelayanan tetapi juga mengefisienkan kinerja setiap bagian di satu cabang/restoran.

[Intip cara kerja sistem POS FnB di sini]

Waiter/waitress hanya perlu menggunakan satu jari ketika melayani tamu. Pesanan tamu akan langsung masuk ke bagian kitchen/bar (bisa dalam bentuk cetak atau muncul di layar seperti yang ada di restoran kenamaan), dan akan langsung terekam di kasir. Sistem terintegrasi ini sering juga disebut sistem Point of Sales (POS) atau, kamu bisa menyebutnya, sistem POS atau sistem kasir. Sistem POS juga dipakai di perusahaan retail. Karena sistem ini memungkinkan bisnis retail mendata seluruh barang, mengintegrasikannya, hingga mengolah laporan yang rinci tanpa harus merepotkan diri sendiri.

[Ikutan event Wedding Make Up Demo kami, yuk!]

HelloBill membuat sebuah sistem yang dapat diakses secara mobile. Artinya, kamu bisa menggunakan aplikasi HelloBill pada gadget Android atau iOS. Sistem HelloBill diciptakan untuk memudahkan segala jenis bisnis mulai dari bisnis FnB seperti restoran, kafe, hingga usaha kios pinggi jalan. Kami juga menyediakan sistem yang mudah dan ramah untuk bisnis retail (toko, butik, warung, dll), termasuk jasa seperti bisnis salon, perawatan kulit, bahkan bisnis toko bangunan dan laundry.

Di HelloBill, kami percaya bahwa sistem pengelolaan yang baik, mudah, terintegrasi, dan modern bukan hanya bisa dimiliki perusahaan kelas kakap, tetapi juga para wirausaha, para pengusaha kecil dan mikro.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *