6 Tips Ini Akan Membantu Bisnismu Meningkatkan Penjualan

Sebagai seorang pemilik bisnis, kamu pasti ingin bisnismu mendulang banyak keuntungan, baik itu dari pelanggan baru ataupun pelanggan lama. Namun seperti sejawarnya suatu bisnis, dalam perjalanannya bisnismu juga pasti menghadapi pasang surut. Nah, kini kita akan membahas bagaimana cara yang dapat kamu lakukan agar penjualan bisnismu tetap stabil atau bahkan meningkat secara drastis.

Buatlah Program Intensif untuk Tim Sales

Agar penjualan dapat meningkat, tentunya kamu membutuhkan tenaga tim sales yang mempuni. Ada kalanya, kinerja tim sales menurun karena banyak faktor, maka disini kamu harus mencari cara untuk memberikan alasan mengapa tim sales harus berjualan sebanyak mungkin.

Banyak perusahaan yang mengadakan program intensif untuk penjualan, misalnya dengan memberikan bonus atau liburan bagi tim sales yang berhasil mencapai jumlah penjualan tertentu. Dengan adanya tujuan yang ingin mereka capai akan membuat mereka lebih bersemangat untuk mencari pelanggan.

Dorong Tim Sales untuk Melakukan Up-Selling

Up-selling adalah usaha yang dilakukan agar pelanggan membeli produk lain yang kita jual, selain produk yang mereka inginkan. Misalnya, seorang pelanggan ingin membeli ponsel tipe X namun, kita juga menjual Handphone tipe Y yang terbaru (dan harganya sedikit lebih mahal). Maka kita menunjukan keunggulan handphone tipe Y hingga pelanggan tersebut tertarik dengan ponsel tersebut.

Contoh lainnya adalah saat seorang pelanggan memanggil seorang pembersih karpet. Disamping membersihkan karpet, pembersih tersebut juga menunjukan keunggulan produk pencuci yang ia gunakan. Jika berhasil terjual, maka perusahaan pembersih karpet tersebut tidak hanya berhasil menjual jasa, namun juga menjual produk mereka.

[Istilah Dalam Dunia Ritel Yang Harus Kamu Tahu]

Beri Informasi Yang Lebih Personal Kepada Para Pelanggan

Tidak ada salahnya mendekatkan diri dengan para pelanggan. Jika bisnismu memiliki rencana untuk mengadakan promo dalam waktu dekat, pastikan mereka tau dan membeli produk tersebut.

Kamu bisa memberitahu langsung di toko ketika para pelanggan datang ataupun menggunakan email, telfon atau posting di media sosial. Siapa tau, para pelanggan tersebut akan mengajak orang-orang terdekat mereka sehingga menambah keuntungan untuk bisnismu berkali-kali lipat.

‘Bedakan’ Para Pelanggan

Membedakan pelanggan dibutuhkan untuk mengatahui mana pelanggan setia dan pelanggan biasa. Jika bisnismu telah memiliki pelanggan setia maka sebisa mungkin akrabkan diri dengan mereka. Hargai mereka yang telah lama menjadi pelanggan untuk bisnismu dan perlakukan mereka lebih istimewa.

Sapa mereka dengan nama dan libatkan mereka dalam pebincangan hangat. Sesekali kamu juga bisa memberikan mereka diskon istimewa ataupun voucher menarik. Dijamin pelangganmu akan terkesan.

[5 Tip Mengelola Instagram Untuk Bisnis Restoran]

Program Reward Untuk Para Pelanggan

Program Reward atau Program Hadiah juga bisa sangat menguntungkan bagi bisnismu. Bukan hanya meraih keuntungan semata, program seperti ini juga bisa meningkatkan kesetiaan pelanggan.

Misalnya dengan memberikan potongan harga untuk pelanggan yang sedang berulang tahun atau memberikan hadiah (voucher, produk ataupun potongan diskon) untuk pelanggan yang berhasil mengumpulkan poin tertentu. Simpel namun berkesan, bukan?

[Berbisnis di Media Sosial]

Bagikan Sampel Gratis Kepada Para Pelanggan

Banyak sekali perusahaan yang memberikan sampel gratis, baik itu berupa produk, jasa ataupun aplikasi yang bisa di coba terlebih dahulu tanpa harus membayar. Mengapa demikian? karena dari situ pelanggan akan memperoleh pengalaman terhadap produk yang dijual dan jika tertarik mereka tidak akan merasa sungkan untuk membeli. Namun, bila mereka tidak tertarik, mereka bisa memberikan produk tersebut kepada orang lain yang mungkin akan menyukainya. Lumayan, bukan?

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *