Jadikan Bisnismu Lebih Ramah Lingkungan dengan 5 Cara Ini

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk menjaga bumi ini dari kerusakan, salah satunya adalah ikut serta dalam kegiatan ramah lingkungan. Kegiatan ini adalah kegiatan yang difokuskan dengan mengurangi penggunaan segala sesuatu yang berdampak buruk bagi lingkungan. Pertanyaannya, mengapa kita perlu ikut serta menjaganya? simpel saja, karena kerusakan di bumi memiliki banyak dampak terhadap masyarakatnya di masa depan. Seperti penipisan lapisan Ozon, daratan yang tenggelam, pergantian musim yang tidak teratur, ketidakstabilan iklim dan masih banyak lagi. Jadi apabila ingin menjaga anak cucu kita di masa depan, silahkan mulai dengan menjaga bumi-tempat tinggal mereka- tetap aman dan nyaman.

sumber: The Bulletin

Sebagai pelaku usaha, kamu juga memiliki peran penting dalam pelestarian alam. Baik untuk usaha ritel ataupun kuliner. Cara menjaga kelestarian alam juga tidaklah sulit, kamu dapat memulai dari yang sederhana, misalnya mengurangi limbah yang sulit terburai atau mengurangi penggunaan energi. Nah, untuk lebih jelasnya, simak beberapa tip berikut:

Menghemat Penggunaan Energi

Menghemat penggunaan energi adalah salah satu cara untuk meminalisir dampak perubahan iklim. Kampanye hemat energi yang paling nyata adalah kegiatan Earth Hour yang dilakukan oleh 180 negara di dunia, termasuk Indonesia. pada kegiatan ini, masyarakat secara kompak mematikan listrik selama 1 jam pada Hari Bumi. Terdengar mudah, namun dampaknya luar biasa.

Tentunya tidak harus menunggu Earth Hour untuk mulai menghemat energi. Kamu dapat melakukannya sendiri dengan cara berikut:

  • mematikan lampu yang tidak terpakai
  • memilih lampu dan peralatan hemat energi
  • mematikan peralatan dan barang elektronik yang tidak terpakai
  • tidak berlebihan ketika menggunakan pendingin ruangan (AC).

Untuk bisnismu, kamu dapat mulai dengan mengingatkan para karyawan dan pengunjung untuk mematikan lampu kamar mandi jika telah selesai dipakai (kamu dapat menaruh tulisan di pintu/dinding), dan matikan AC segera apabila toko/restoran sedang tidak beroperasi. Dengan begitu, kamu tidak hanya ikut melestarikan lingkungan, tetapi juga menghemat pengeluaran untuk biaya listrik.

sumber: depokpos

Kurangi Penggunaan Kertas

Struk/bukti pembayaran digital jelas lebih ramah lingkungan dibanding yang tradisional. Bayangkan berapa kertas yang terbuang apabila kamu tetap mempertahankan struk  tradisional, berapa pohon yang ditebang dan berapa banyak limbah yang akan terbuang. Struk digital dapat langsung dirimkan ke email pelanggan, jadi pelanggan juga tidak harus repot dengan tumpukan kertas struk di dompet mereka.

Sudah banyak aplikasi transaksi yang memungkinkan penjual memberikan struk secara digital, salah satunya HelloBill POS. Dengan HelloBill POS, kamu dapat mengirimkan struk ke email pelanggan secara mudah dan cepat, hanya dengan sentuhan jari.

[5 Jenis Customer Experience yang Membuat Pelanggan Datang Kembali]

Kurangi Penggunaan Kantong Plastik

Cara yang satu ini lebih efektif dilakukan pada usaha retail, terutama di supermarket. Kamu pasti pernah ditawari untuk membel tas belanja yang dapat menggantikan kantong plastik. Mengapa ini penting? Kantong plastik sekali pakai merupakan limbah yang sulit di uraikan, jadi jelas tidak baik bagi kelestarian alam. Bayangkan berapa banyak limbah yang akan dihasilkan oleh plastik sekali pakai ini.

Kamu dapat menjual tas belanja ini di tokomu, taruh papan yang berisi manfaat menggunakan tas belanja ini dan efeknya terhadap kelesarian alam. Jika memungkinkan, kamu juga bisa mengenakan biaya untuk penggunaan kantong plastik.

sumber: retailwordmagazine.com

Desain Ramah Lingkungan untuk Toko atau Restoran

Kamu juga bisa memasukan unsur Go Green ke dalam desain toko atau restoranmu. Misalnya dengan menggunakan perabotan yang berasal dari bahan-bahan daur ulang. Selain lebih ramah lingkungan, biasanya perabotan daur ulang ini lebih unik dan estetik. Pastikan kamu menaruh informasi bahwa peralatan tersebut ramah lingkungan, jadi secara tidak langsung kamu juga ikut mengkapanyekan gerakan Go Green.

Ingin desainmu lebih hidup dan segar? kamu bisa menaruh tanaman di beberapa sisi. Beberapa jenis tenaman dapat mencegah pemanasan global (misalnya: tanaman sirih belanda), jadi tidak adalahnya jika kamu menaruhnya di toko atau restoranmu. Kamu bisa mencontek desainnya disini: 5 Desain Interior Ramah Budget

Ikut Kampanyekan Go Green

kalau kamu ingin mengajak banyak orang lebih peduli lingkungan, maka kamu dapat mengkampanyekannya. Selain menaruh informasi di toko atau restoran, kamu juga dapat melakukannya di media sosial ataupun blog bisnismu. Jelaskan apa saja yang telah kamu lakukan, dan alasan mengapa bisnismu harus melakukan hal tersebut.

Pelanggan masa kini sangat cerdas dan peduli terhadap isu-isu sosial, jadi jangan takut kalau gerakanmu ini akan diacuhkan. Bahkan, banyak pelanggan yang memang peduli terhadap isu ini dan berterimakasih karena bisnismu telah melakukan hal-hal baik untuk lingkungan.

sumber: solo kamilarts

5 tip tersebut adalah strategi yang dapat dilakukan untuk menyelamatkan bumi dari bencana yang diakibatkan oleh pemanasan global. Terdengar mudah, kan? Jadi tidak ada salahnya jika kamu mulai melakukannya demi kebaikan bersama dimasa yang akan datang.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *