5 Ide Desain Interior Restoran yang Ramah Budget

Selain cita rasa, suasana yang menyenangkan juga menjadi nilai tambah bagi suatu restoran. Suasana yang menyenangkan ini biasanya berasal dari desain interiornya, baik itu dari pemilihan warna, tata letak perabotan maupun konsep secara keseluruhan. Pasti kita pernah merasa tidak nyaman di restoran yang terasa pengap dan sempit, atau merasa tidak senang dengan perpaduan warna di restoran yang membuatnya tampak tidak bagus di kamera. Sebenarnya masalah-masalah seperti itu dapat dihindari apabila restoran tersebut dirancang dengan pemahaman yang baik.

[Panduan Memilih Warna yang Tepat untuk Restoran]

Berfokus terhadap desain akan membawa keuntungan. Di era media sosial seperti saat ini, pelanggan adalah pengiklan yang terbaik. Dengan sukarela, mereka akan menyebarkan restoranmu di akun media sosial, seperti instagram, facebook, twitter, atau youtube. Yang mereka butuhkan adalah sesuatu yang menarik untuk kemudian di sebarkan, salah satunya adalah desain interior yang unik, cantik dan instagramable (istilah untuk spot yang bagus untuk di foto).

Membayar desainer tentunya membutuhkan budget yang tidak sedikit. Bukan masalah jika kamu memiliki budget yang banyak, namun apabila budget-mu terbatas, maka kamu harus memikirkan cara agar desain interior restoranmu tetap outstanding. Simak ide desain interior yang ramah dikantong berikut ini:

Tambahkan Rak Minimalis

Rak minimalis tidak hanya berfungsi untuk menampung barang, melainkan  juga menjadi pemanis yang membuat restoranmu lebih gaya. Kamu bisa memilih berbagai bentuk, warna ataupun tekstur untuk menciptakan tampilan yang paling sesuai. Rak minimalis ini dapat kamu temui dijual dimanapun, bahkan kamu juga dapat membuatnya sendiri. Sebagai contoh, kamu bisa melihat contoh rak minimalis berikut ini:

Percantik dengan Tanaman

Menaruh pot tanaman dapat membuat suasana terasa segar dan membuatnya semakin aesthetic. Apabila budget-nya memungkinkan, kamu bisa menggantinya setiap seminggu atau dua minggu sekali. Jangan lupa untuk memilih tanaman yang minim perawatan (misalnya: kaktus). Lihat contoh berikut ini:

=

Tampilkan Karya Seni Lokal

Kamu juga menjadikan restoranmu lebih berwarna dengan lukisan atau mural dari para seniman lokal. Ide yang satu ini sudah di gunakan oleh banyak restoran, coffee shop bahkan hotel. Kamu juga beruntung karena di Indonesia banyak anak-anak muda berjiwa seni yang dapat ciptakan karya unik dan menarik. Selain memperindah restoranmu, kamu juga turut membantu mempromosikan karya seni mereka.

DIY Lampu

Perlu dicatat bahwa pencahayaan sangat penting bagi bisnis restoran dan kedai kopi. Sebisa mungkin kamu harus memastikan bahwa pelanggan merasa nyaman dengan pencahayaan ditempatmu. Jangan sampai mereka merasa terlalu silau, atau malah terlalu redup. Selain untuk kenyamanan, lampu-lampu ini juga dapat dikreasikan agar mempercantik desain restoran. Lihat contoh hasil DIY untuk pencahayaan berikut ini:

 

[Desain Interior: 3 Ide Cerdas untuk Kedai Kopi]

Tempat duduk yang Unik

Tempat duduk yang unik selalu jadi pembeda. Coba perhatikan, hampir setiap restoran yang kita datangi memiliki tempat duduk yang berbeda-beda, baik itu dari segi warna, jenis (kursi atau sofa), dan bahan materialnya (kayu, plastik atau besi). Meskipun banyak pula yang lebih memilih kursi standar, namun jika restoranmu ingin berbeda dan berciri khas, kamu bisa memilih desain tempat duduk yang unik. Misalnya, bean beach (tempat duduk untuk di pantai), sofa bermotif, atau kursi kayu beraneka warna.

Kelima hal yang telah disebutkan tadi dapat menjadi ide sederhana membuat restoran terlihat lebih hidup. Intinya adalah berfokus untuk memberikan pengalaman menyenangkan untuk para pelanggan melalui desain interior restoranmu. Buat pelanggan merasa nyaman untuk bersantap, sehingga mereka akan datang lagi dan lagi. Dan yang terpenting, bagus bukan berarti mahal. Dengan sedikit memutar otak dan menggali kreatifitas, kamu pasti bisa menemukan konsep desain yang paling sesuai untuk bisnismu.

 

sumber foto: pinterest, DIY idea

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *