Mengadakan suatu event merupakan kegiatan pemasaran yang dinilai cukup efektif. Mengapa demikian? karena melalui event, suatu perusahaan dapat berinteraksi secara langsung dengan para pengunjung melalui berbagai kegiatan, seperti seminar, talkshow, pameran, ataupun expo.
Pada dasarnya, inti dari mengadakan event adalah menimbulkan kesadaran merek. Jadi, pengunjung yang tidak tahu menjadi tahu, sedangkan pengunjung yang sudah tahu menjadi lebih paham dan setia. Agar kegiatan ini semakin efektif, maka ada beberapa ide branding yang dapat diaplikasi saat event berlangsung. Penasaran? simak ide-ide berikut ini:
Lectern Branding
Apabila kamu mengadakan acara seperti seminar ataupun kegiatan lainnya yang mengundang pembicara, maka kamu dapat menaruh logo di podium. Penonton jelas akan memusatkan pandangan ke arah pembicara, jadi mereka juga akan melihat ke arah logo tersebut.
Kemungkinan mereka juga akan memfoto atau memvideokan kegiatan tersebut, dan menyebarkannya ke media sosial. Jadi, jangan lewatkan menaruh logo di tempat ini.
Prop Media Sosial
Membuat prop, seperti bingkai instagram, dapat menimbulkan minat pengunjung untuk berfoto menjadi lebih besar. Dengan sedikit dorongan, mereka juga akan senang hati menyebarkan foto mereka dengan bingkai tersebut ke media sosial. Jadi, tidak ada salahnya kamu menyiapkan prop seperti berikut ini:
Kenali Strategi Pemasaran Brand Activation
Snack Corner yang Menarik
Bayangkan makanan-makanan kecil nan lezat, seperti cupcake, cookies, rumball, biskuit ataupun pudding. Makanan-makanan ini dapat menjadi salah satu highlight di suatu event, terutama jika disajikan dengan unik dan menarik. Salah satu hal yang dapat kamu lakukan adalah menaruh logomu di atas makanan kecil tersebut. Misalnya, mencetak logo merek diatas cupcake, atau menancapkan bendera logo mungil diatas bola-bola coklat.
Conference Folder
Apabila kamu memiliki beberapa hal yang ingin diberikan, seperti lembar press release, brosur ataupun katolog, maka kamu bisa memasukannya ke dalam conference folder yang telah telah kamu pesan sebelumnya. Logo perusahaan dapat ditaruh di permukaan folder tersebut. Lihat contoh berikut ini.
5 Cara Efektif Memperoleh Publikasi untuk Bisnis Anda
Lanyard atau Badges
Kalau yang satu ini sudah pasti ada di setiap event. Biasanya lanyard (ID card) atau badges (kartu keikutsertaan) digunakan oleh panitia acara, ataupun peserta. Karena wajib digunakan selama event berlangsung, maka biasanya lanyard atau badges ini juga digunakan untuk berpromosi. Logo perusahaan biasanya ditaruh di tali ID card dan logo perusahaan di taruh di kartunya. Untuk lebih jelasnya, lihat contoh berikut ini:
Paper Bags
Apabila memiliki souvenir, merchandise atau hadiah yang ingin diberikan, maka kamu bisa menggunakan paper bags berlogo perusahaanmu. Sama dengan conference folder, paper bags biasanya dapat digunakan berkali-kali, sehingga dapat menjadi sarana promosi yang cukup efektif bagi brand bisnismu.
5 Tanda Bahwa Bisnismu Butuh Re-Branding
Backdrops
Selain dapat digunakan untuk latar berfoto, sebenarnya backdrop dapat dimanfaatkan untuk memperkenalkan logo bisnismu kepada para pengunjung. Dan, yup… menjadi lebih menguntungkan lagi apabila mereka meng-update foto berlatar backdrop tersebut di media sosial.
Holding Screen dan Digital Signage
Apabila kamu memiliki presentasi atau tontonan yang ingin disuguhkan saat event berlangsung, maka jangan lupa untuk memasukan logo-mu pada layar. Misalnya, sebelum presentasi dimulai, kamu dapat menyetel logomu di proyektor terlebih dahulu. Lalu, jangan lupa masukan logo perusahaanmu di setiap slide presentasi.
Selain logo, kamu juga dapat memasukan informasi singkat lainnya, misalnya foto produk, tagar, alamat website dan sosial media, ataupun kontak marketing yang dapat dihubungi.
Lighting
Buat suasana lebih seru dengan pencahayaan yang baik. Tidak ada salahnya, apabila kamu memilih pencahayaan yang disesuaikan dengan warna khas logo perusahaanmu.
Pakaian yang Seragam
Pastikan kamu memiliki ketentuan untuk yang satu ini. Tidak mungkin para panitia memakai pakaian yang berbeda-beda, karena akan memusingkan pengunjung, juga membuat acara terlihat kurang ‘niat’. Jalan yang terbaik adalah membuat pakaian yang seragam untuk para panitia. Tentunya disertai dengan logo perusahaan dan sponsor lainnya (jika ada). Dengan begitu, panitia tidak hanya membantu jalannya acara, melainkan juga sebagai tempat berpromosi.
Strategi Marketing Restoran dengan Target Millennials
Wristbands
Wristbands atau gelang dapat menjadi opsi branding yang terjangkau dan praktis. Wristbands dapat dicetak dengan berbagai warna dan desain. Biasanya wristbands terbuat dari bahan tyvek, yakni lembaran merupai kertas yang tidak mudah robek dan kedap air. Selain itu, kamu juga tetap dapat memasukan logo perusahaan maupun tagar acara pada benda tersebut.
Bunting Flag
Ingin acara lebih berwarna dan meriah? Silahkan pasang bunting flag di beberapa sisi. Pilih warna-warna yang sesuai dengan logo perusahaan, atau kamu juga bisa menaruh logo pada bendera mungil ini.
Gobo
Gobo adalah bentuk yang direfleksikan melalui cahaya, biasanya logo atau maskot acara tersebut. Biasanya ini digunakan untuk menambah kemeriahan acara.
Itulah 13 Ide branding event paling efektif dan juga terjangkau dikutip dari event manager blog. Pastikan kamu menyiapkan beberapa hal yang sebutkan diatas untuk setiap kegiatan yang diadakan oleh bisnismu.
Pembahasan blog yang sangat informatif, terima kasih. Campaign produk merupakan salah satu contoh strategi promosi dalam pemasaran atau marketing. Penerapan strategi tepat dapat meningkatkan awareness brand.