8 Tipe Pelanggan di Toko Retail

Salah satu hal menyenangkan ketika berjaga toko adalah bertemu pelanggan dengan berbagai karakter yang berbeda. Ada yang sangat baik, unik, hingga sedikit memusingkan. Setiap karakter tersebut memiliki cara penanganannya masing-masing. Sebagai seorang penjual, Anda harus mengerti bagaimana tipe pelanggan, sebab hal ini akan berdampak pada penjualan yang Anda lakukan.

Agar memudahkan Anda melakukan mengklasifikasian. Berikut ini kami rangkum 8 tipe pelanggan yang paling sering Anda jumpai dirangkum dari vendhq.com.

Pembeli yang Serba Tahu

Pembeli jenis ini adalah mereka telah memiliki pengetahuan tentang produk yang diinginkan. Biasanya mereka datang ke banyak toko untuk membandingkan harga, produk dan promo yang terbaik dari produk tersebut.

Tipe seperti ini tidak membutuhkan penjelasan panjang lebar, karena mereka mungkin telah mendapatkannya melalui internet. Maka, salah satu cara cerdas mendekati tipe ini adalah meningkatkan visibilitas di internet. Tujuannya agar toko Anda muncul ketika mereka sedang melakukan pencarian. Bagaimana caranya?

Pertama, pastikan pelanggan seperti ini memperoleh informasi tentang toko, produk dan layanan Anda di ponsel ataupun web. Lalu ketika mereka sampai di website Anda, pastikan Anda memberikan kesan yang baik dan konten yang menarik.

Kedua, pastikan toko Anda esksis di sosial media. Lalu, jika Anda memiliki situs ulasan seperti TripAdvisor, pastikan itu terus di perbaharui dan dirapihkan.

[5 Tip Membuat Konten Video Untuk Bisnismu]

Bagaimana Cara Deal dengan Pembeli yang Serba Tahu?

Ketika di toko, cara terbaiknya adalah dengarkan mereka terlebih dahulu. Setelah itu, barulah ajukan pertanyaan untuk melihat apakah Anda dapat menawarkan info yang belum mereka temukan selama pencarian mereka.

Fokuslah terhadap ‘nilai’ bukan hanya fitur atau harga. Contohnya, jika Anda menjual produk yang bisa ditemukan di toko lain, pastikan Anda menawarkan hal yang berbeda atau beri jaminan yang lebih baik dibanding yang lain.

Tipe Showroomer

Showroomer adalah mereka yang mencoba atau memeriksa barang secara langsung di toko, namun memutuskan membeli secara online ketika memperoleh harga yang lebih murah. Tipe seperti ini sangat mudah ditemui.

Banyak toko retail besar yang melakukan survey harga untuk mencocokan harga dengan pesaing mereka. Namun, tidak selamanya hal ini efektif.

Bagaimana Cara Deal dengan Tipe Showroomer?

Lagi-lagi Anda harus memindahkan fokus dari harga ke nilai karena kemungkinan toko online tetap menang dari segi harga. Tunjukan keuntungan dari berbelanja langsung di toko, seperti adanya ansuransi, mendapatkan layanan khusus, mendapat bonus/cashback, dan lain sebagainya.

[4 Teknologi Millennial Yang Dibutuhkan Restoranmu]

Tipe Petualang (atau ‘Hanya Melihat-lihat’)

Pelanggan tipe ini hanya masuk ke toko Anda tanpa adanya niat nyata untuk membeli. Jadi istilahnya mereka hanya melihat barang yang menarik untuk dilihat bukan untuk dibeli. Atau dapat dikatakan mereka hanya ingin menghabiskan waktu di toko Anda.

Bagaimana Cara Deal dengan Tipe Petualang?

Ketika seorang pelanggan mengatakan kalau mereka hanya melihat-lihat, biarkan mereka melihat-lihat dengan leluasa. Namun katakan dengan ramah jika Anda memiliki produk baru ataupun promo tertentu.

Namun, Anda juga dapat membuat mereka membeli secara implusif,  yaitu  dengan menata toko Anda sedemikian rupa sehingga menyoroti produk terbaru, produk diskon, ataupun produk terbaik di toko Anda.

Pelanggan yang Memiliki Misi

Pelangan tipe ini adalalah pelanggan yang memang telah memiliki misi untuk berbelanja di toko Anda. Mereka sudah tahu apa yang mereka butuhkan dan tidak butuh basa-basi untuk memperolehnya.

Bagaimana Cara Deal dengan Pelanggan yang Memiliki Misi?

Hal terbaik yang bisa Anda lakukan adalah membiarkan mereka memperoleh barang tersebut tanpa mengganggu mereka. Jika memang mereka memiliki pertanyaan, maka jawablah dengan simpel dan tepat sasaran.

Buatlah proses belanja menjadi sederhana dan nyaman untuk mereka. Lalu, jangan lupa untuk selalu memiliki solusi terbaik jika terdapat hambatan.

[Memilih Lokasi Terbaik untuk Restoran]

Pelanggan yang Bimbang

Pastinya Anda pernah bertemu dengan pelanggan tidak yakin akan membeli ataupun tidak dapat memastikan produk apa yang sebenarnya mereka inginkan. Seringkali mereka yang termasuk tipe ini  memiliki banyak pertimbangan, namun tidak memiliki banyak pengetahuan.

Bagaimana Cara Deal dengan Pelanggan yang Bimbang?

Pendekatan terbaik adalah mencari tahu apa kebutuhan mereka dan beritahu mereka tentang apa yang perlu mereka ketahui.

Silahkan ajukan pertanyaan.  Apa yang mereka cari? Apakah terdapat masalah dalam memahami fitur produk Anda? Apa yang mereka ketahui dan apa yang tidak diketahui dari produk Anda.

Jika mereka membandingan produk, maka Anda bisa memberikan penjelasan lengkap tentang produk-produk tersebut, termasuk kelebihan dan kekurangannya. Sehingga mereka bisa memutuskan berhadarkan informasi yang mereka peroleh.

Pemburu Barang Murah

Hal yang perlu Anda ketahui dari para pemburu barang murah adalah fokus utama mereka adalah harga. Mereka rela mencari harga yang paling murah untuk produk yang mereka inginkan.

Bagaimana Cara Deal dengan Pemburu Barang Murah?

Cara yang harus Anda lakukan adalah membuat mereka merasa bahwa mereka memperoleh penawaran yang terbaik. Tunjukan bahwa berbelanja di tempat Anda benar-benar akan menghemat pengeluaran mereka dalam jangka panjang. Tunjukan bahwa Anda memilki produk dengan kualitas terbaik sehingga tidak mudah rusak, atau  tawarkan jaminan yang sangat baik.

Jika usaha tersebut tidak berhasil, minimal Anda memperoleh informasi tentang pelanggan tersebut. Sehingga jika ada promo atau diskon besar-besaran, Anda dapat segera mengabari mereka.

[Langkah Awal Berbisnis E-Commerce]

Pelanggan yang Cerewet

Pelanggan yang cerewat adalah mereka yang sangat suka berbicara dan bercerita. Mungkin Anda akan menyukai antusiasme mereka. Namun, disisi lainnya mereka ini dapat menghalangi Anda melakukan pekerjaan Anda lainnya.

Bagaimana Cara Deal dengan Pelanggan yang Cerewet?

Luangkan waktu untuk untuk mendengarkan dan memberikan tanggapan tentang apa yang mereka katakan, tetapi Anda harus tahu kapan Anda harus mengakhiri pembicaraan tersebut. Ketika sudah sampai kasir dan pembicaraan sudah keluar topik, Anda bisa pelan-pelan menarik diri. Katakan dengan sopan bahwa Anda harus kembali bekerja.

Pelanggan Reguler

Pelanggan reguler adalah jenis pelanggan terbaik yang ada di toko Anda. Mereka sudah setia dan bersedia datang kembali ke toko kapanpun.

Bagaimana Cara Deal dengan Pelanggan Reguler?

Pastikan mereka merasa diingat dan dihargai. Sapa mereka dengan ramah dan libatkan mereka dalam percakapan hangat. Beri mereka informasi setiap kali tokomu mengadakan event, seperti: promo, grand launching cabang baru dan sebagainya.

Lalu, ketahui apa yang mereka sukai dari tokomu dan pertahankan hal tersebut. Sehingga hal tersebut akan selalu menjadi kelebihan dari tokomu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *