4 Teknologi Millennial Ini Dibutuhkan Restoranmu

Tentunya kamu tidak asing dengan istilah kaum millennial, kan?

Mereka ini adalah generasi muda berusia 17 hingga 35 tahun yang dianggap sebagai generasi yang istimewa. Mengapa istimewa? karena segala inovasi teknologi berkembang pesat pada tahun mereka tumbuh dewasa. Dari mulai radio, televisi, komputer, ponsel pintar, tab hingga segala jenis aplikasi online pernah mampir dalam kehidupan mereka.

Selain itu,  generasi ini juga memiliki gaya hidup yang berbeda karena banyak dipengaruhi oleh informasi dari internet. Bahkan jika kamu perhatikan, rata-rata pengguna sosial media adalah generasi ini. Maka tidak heran jika media sosial saat ini banyak dimanfaatkan oleh para pemilik bisnis untuk menjajakan produk mereka, seperti bisnis restoran misalnya.

Survey di Amerika membuktikan bahwa rata-rata kaum millennial ini menghabiskan uang mereka untuk membeli makanan. Bahkan jumlahnya meningkah 22% pada tahun 2015 dibanding tahun sebelumnya.

[5 Tip Mengelola Instagram Untuk Bisnis Restoran]

Teknologi Millenials-Friendly untuk Bisnis Restoran

Kaum millennial memang sangat akrab dengan teknologi modern, maka sebisa mungkin manfaatkan peluang teknologi yang kamu jika ingin memperoleh perhatian mereka. Penting diingat bahwa millennial (dan juga pelangganmu yang lain) menginginkan fleksibilitas dalam menggunakan teknologi.

Disadur dari Toast, berikut ini adalah 4 teknologi Millenials-Friendly untuk restoranmu.

Wi-Fi

Jaman sekarang hampir semua restoran memiliki fasilitas ini, dari cafe kecil hingga restoran mewah. Sayangnya tidak semua wifi yang tersedia dapat memuaskan para pelanggan. Pastinya kamu pernah datang ke restoran dimana fasilitas Wi-Fi mereka terlampau lelet, eror atau bahkan tidak dapat tersambung dengan ponselmu. Sangat menyebalkan bukan? Apalagi jika kamu membutuhkan fasilitas ini untuk melakukan suatu pekerjaan penting.

Bagi pemilik restoran Wi-Fi memiliki sisi negatif dan positif. Negatifnya adalah ada harga yang harus dibayar untuk pemasangan Wi-Fi dan para tamu yang cenderung hanya mengejar Wi-Fi gratis. Namun coba pikirkan hal-hal positif seperti ini:

  • Wi-Fi yang cepat dan baik membuat para pelanggan nyaman dan membuat mereka ingin kembali ke restoranmu.
  • Para pelanggan yang puas dan merasa nyaman akan merekomendasikan kepada para kenalan mereka.
  • Wi-Fi yang cepat ditambah suasana yang nyaman dapat dimanfaatkan kaum millennial dalam mengerjakan tugas atau pekerjaan mereka, Jadi kemungkinan mereka akan menjadi pelanggan tetap restoranmu.
  • Yang terakhir adalah kamu bisa bisa mendapatkan lebih banyak informasi tentang para pelanggan, terutama jika kamu menawarkan akses Wi-Fi sosial.

Self-Service Kiosks

Efiensi dan kemudahan transaksi akan menjadi nilai plus bagi para pelanggan dengan mobilitas yang tinggi. Maka self-service restoran akan menjadi pilihan yang terbaik bagi mereka.

Berikut ini adalah keuntungan Self-Service Kiosk yang harus kamu ketahui:

  • Memudahkan pelanggan dalam memilih makanan dan minuman mereka sendiri, termasuk untuk menambah ataupun meminta tambahan topping.
  • Memudahkan pelayan dalam melakukan kontrol, juga meminimalisir kesalahan yang mungkin dilakukan oleh para pelayan.
  • Memberikan pengalaman bersantap yang lebih cepat dan efisien
  • membuat proses transaksi lebih privasi dan aman karena pelanggan yang melakukan segalanya sendiri.

Tablet POS (Point Of Sale)

Proses transaksi yang mudah, cepat dan modern akan meningkatkan pengalaman para millenials, juga memudahkan para pelanggan dalam melakukan pekerjaan mereka, lihatlah sistem tablet POS. Karena terminal POS ini digunakan sebagai pengganti pena dan kertas (atau memori seseorang), Berikut ini adalah kemudahan yang akan dipeloleh dengan pemanfaatan Sistem POS:

  • Mengurangi kemungkinan melakukan kesalahan dalam mengolah data
  • Sistem yang lebih efisien dan tepat waktu untuk melakukan pemsanan dan memproses pembayaran.
  • Dapat langsung ter-intergrasi ke dapur.

[Langkah Awal Berbisnis E-Commerce]

Mobile Apps

Tidak seperti teknologi yang telah disebutkan diatas, yang terakhir ini masih jarang ditemukan. Namun rupanya pada tahun 2014 Starbucks meluncurkan mobile apps untuk para pelanggan setia mereka. Begitupula dengan restoran siap saji lainnya, seperti McDonald (McDelivery) dan KFC.

Seperti yang kamu ketahui, kaum millennial tidak bisa dipisahkan dengan mobile device mereka karena seluruh hiburan yang mereka butuhkan tersedia disana.

Berikut ini adalah keuntungan dari mobile Apps untuk bisnis restoran:

  • Memudahkan pelanggan untuk mengakses pemesanan, pemesanan online, pembayaran, dan rincian program kedalam satu portal.
  • Memudahkan pelanggan untuk memesan makanan dari restoranmu kapanpun dan dimanapun-baik itu di jalan, di rumah, dikantor, dan sebagainya.
  • Penawaran yang lebih personal dan tepat sasaran seperti pemberitahuan acara khusus, hadiah gratis, diskon, dan lain-lain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *