7 Hal Yang Harus Kamu Siapkan Sebelum Membuka Cabang Toko

Jika saat ini kamu tengah merencanakan pembukaan cabang baru… maka Selamat!. Karena itu artinya tokomu telah siap untuk menjangkau khalayak yang lebih luas dan siap untuk memperoleh lebih banyak keuntungan.

Namun ada beberapa hal yang harus kamu siapkan sebelum membuka cabang toko. Pertama-tama pastikan kamu telah menginformasikan hal tersebut kepada orang-orang dan buatlah mereka antusias untuk berkunjung.

Memang terdengar mudah, namun kamu juga harus mempersiapkan sebaik mungkin. Nah, dikutip dari vendhq.com, berikut ini adalah hal-hal yang harus kamu siapkan sebelum cabang tokomu resmi dibuka.

Beri Pengunguman di Tokomu

Mulailah dari para pelangganmu. Jika lokasi cabang barumu tidak jauh dari toko pertamamu maka, kamu bisa menginformasikan secara langsung kepada pelanggan yang datang berkunjung.

Mintalah para karyawan mengatakannya dengan santai dan ramah sehingga orang-orang mengetahui informasi tersebut. Jangan lupa Infokan pula jika kamu memiliki promo khusus saat grand opening. Dijamin para pelanggan pasti tertarik.

Selain menginformasikan langsung, kamu juga bisa menaruh informasi tersebut di beberapa sudut tokomu. Seperti tulisan mengenai pembukaan cabang baru di kasir atau selebaran yang bisa kamu sisipkan didalam tas belanja mereka.

Gunakan Sosial Media

Bukan rahasia umum jika media sosial merupakan situs yang paling banyak diakses setiap harinya. Maka, banyak brand yang memanfaatkan media sosial untuk berpromosi.

Melalui instagram misalnya, kamu bisa membagikan hal-hal apa saja yang akan ada di tokomu. Begitupun promo menarik dan event grand launching yang akan kamu adakan nantinya.

Buatlah foto dan kalimat semenarik mungkin sehingga dapat membangun hype dan antusiasme para calon pelanggan.

[Cara Mengelola Banyak Toko]

Manfaatkan Pemasaran Melalui E-mail

Agar lebih personal, kamu bisa mengirimkan informasi Grand Launching melalui E-mail. Tapi pastikan kamu kirimkan E-mail tersebut kepada pelanggan yang relevan, dalam artian pelanggan yang berlokasi tidak jauh dari lokasi tokomu tersebut. Hindari mengirim pengunguman ini kepada pelanggan yang berlokasi jauh karena kecil kemungkinan mereka akan datang berkunjung.

Persiapkan Grand Opening Semaksimal Mungkin

Pastikan grand opening menjadi acara yang berkesan di hati para pelanggan. Jadi rencanakan sebaik mungkin. Buatlah list tentang budget, tema, kegiatan apa saja yang akan dilakukan, promo pembukaan dan lain sebagainya.

Akan ada banyak logistik yang terlibat disini, maka berikut ini adalah list yang harus kamu siapkan agar acara berlangsung lancar tanpa hambatan:

  • Dana untuk event
  • Kegiatan promosi (undangan, PR, pemasaran dan periklanan, dll.)
  • Estetika (yaitu tema, dekorasi, tampilan jendela, perlengkapan)
  • Staf
  • Kegiatan yang akan dilakukan (misal: photobooth, fashion show, meet-and-greet selebriti lokal)
  • Dokumentasi acara (fotografer, videografer)

[Sistem POS Ritel untuk Bisnis Menengah]

Dorong Pelanggan Untuk Menyebarkan Dari Mulut Ke Mulut

Salah satu cara efektif (dan murah) adalah menyebarkan pengunguman dari mulut ke mulut. Mulailah dengan pelanggan setiamu. Kamu bisa pertimbangkan untuk membuat event sebelum cabang barumu resmi dibuka. Namun kamu hanya mengundang pelanggan tertentu, seperti pelanggan setia ataupun influencer.  Di event ini kamu bisa menginformasikan pembukaan cabang barumu dan mendorong mereka untuk menyebarkan informasi tersebut kepada teman ataupun pengikut mereka di media sosial.

Jangan lupa juga untuk selalu mendorong pelanggan yang berkunjung untuk men-share foto mereka ditoko dan barang daganganmu di sosial media.Tinggalkan petunjuk seperti stiker hashtag di sekitar tokomu, untuk mempromosikan secara halus.

Salah satu contohnya adalah menaruh hastag di ruang ganti pakaian, tentunya hal ini mengundang para pelanggan untuk memfoto dirinya dengan outfit tokomu.

Dapatkan Siaran Pers

Siaran pers akan sangat menguntungkan bagi brandmu. Pastikan ada media yang akan meliput acara pembukaan cabang tokomu ini. Kamu bisa mengirimkan undangan kepada media untuk datang berkunjung.

Yang perlu kamu ketahui adalah media menginginkan bahan tulisan yang menarik, maka pastikan kamu memiliki cerita menarik untuk disampaikan. Hal itu bisa menyangkut keunikan tokomu atau bisa juga cerita tentang usaha membangun bisnismu ini. Pastikan media tahu hal menarik apapun yang ada sehingga mereka tak sungkan untuk datang dan meliput.

Lalu apabila kamu melakukan sesuatu yang menarik saat pembukaan grand opening, informasikan dalam undangan sehingga media mengetahui sejak awal. Misalnya, kamu mengundang selebriti terkenal ataupun musisi untuk menghibur pelanggan. Buatlah media memiliki bahan yang layak untuk kemudian mereka sebarkan.

[Istilah Dalam Dunia Ritel Yang Harus Kamu Tahu]

Tingkatkan Visibilitas di Dunia Maya

Jangan lupa untuk meng-update lokasi cabang barumu di online directory atau alamat online. Hal ini memastikan orang-orang mengetahui lokasi tokomu secara benar.

Mulailah dengan Google dan Facebook yakni situs web ini paling banyak dikunjungi di setiap harinya.  Kamu juga harus melengkapi profil bisnismu secara lengkap di situs ini. Tambahkan informasi yang lengkap, termasuk jam buka dan tutup toko, informasi tempat parkir, hingga foto-foto tokomu.

Pikirkan juga untuk memanfaatkan SEO dan Search Marketing untuk websitemu. Ingatlah bahwa banyak orang yang melakukan pencarian online untuk menemukan toko lokal, sehingga tidak menutup kemungkinan tokomu akan terlihat oleh mereka.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *