Cara Membuat Konten Marketing Yang Menarik Untuk Bisnismu

Saat ini media sosial merupakan salah satu alat marketing yang paling banyak digunakan. Selain relatif lebih terjangkau, sosial media juga menjangkau semua kalangan dari berbagai usia dan latar belakang.

Saat mengakses media sosial, kita bisa melihat banyak sekali konten-konten marketing bertebaran. Para pegiat bisnis sengaja membuat konten yang unik dan menarik dengan tujuan mengundang para pengguna untuk meng-klik dan secara tidak langsung memperoleh informasi tentang produk atau jasa yang ditawarkan.

[Cara Mengelola Banyak Toko]

Jika kamu adalah pemilik suatu bisnis dan ingin melakukan kegiatan marketing secara online. Maka di artikel kali ini, kita akan membahas cara simpel yang bisa kamu jadikan dasar sebelum membuat konten marketing.

Pelajari Segala Hal Tentang Konten Marketing

Pada dasarnya, konten marketing adalah suatu kegiatan untuk mengetahui siapa target marketing yang ini kamu jangkau (targetĀ audience), apa yang kamu ingin mereka lakukan (sasaran), dan membuat konten yang mengajak mereka untuk mengambil tindakan (strategi konten). Jadi intinya, konten marketing adalah isi dari sebuah iklan yang bertujuan membuat orang yang melihatnya tertarik untuk membeli.

Nah, ada dua elemen kunci yang membuat pemasaran konten menjadi alat pemasaran yang efektif yaitu: konten unik dan strategi yang kamu kembangkan untuk mendapatkan untuk memperoleh perhatian target marketingmu.

Ketahui Tujuan dari Pembuatan Konten Marketing

Tentunya kamu memiliki tujuan yang sangat ingin kamu raih dari kegiatan online marketing yang kamu lakukan. Entah itu untuk meningkatkan brand awareness, menjalin hubungan dengan para pelanggan lama, atau untuk menjaring para calon pelanggan baru.

Dengan mengetahui tujuan pasti dari kegiatan marketing yang ingin kamu lakukan, maka akan lebih mudah dalam membuat konten marketing yang sesuai. Karena tanpa alasan yang jelas dan tujuan yang ingin di capai, kemungkinan kegiatan tersebut nantinya hanya akan membuang-buang waktu.

Pilih Jenis Konten yang Paling Sesuai

Setelah kamu mengetahui tujuan yang ingin dicapai, kini saatnya memilih jenis konten apa yang paling sesuai dan realistis untuk bisnismu. Ada banyak pilihan yang bisa kamu pilih, diantaranya:

  • Posting blog
  • Video
  • Infografis
  • eBook
  • Studi kasus
  • Kertas putih
  • Podcast
  • Gambar
  • Pesan email
  • Siaran pers

Meskipun memiliki banyak pilihan, namun bukan berati kamu harus membuat semuanya. Untuk awalan pilih satu atau dua, misalnya posting blog atau foto dan video. Jangan lupa untuk membuat konten yang kreatif, unik dan berbeda sehingga menarik perhatian.

Yang terpenting adalah harus konsisten, berarti kamu perlu menetapkan jadwal untuk membuat konten baru secara reguler. Ada beberapa jenis konten yang harus di update setiap hari, namun ada juga yang seminggu sekali atau bahkan sebulan sekali.

[Baru Mulai Berbisnis? Simak 8 Tip Beriku Ini]

Jangan Lupakan SEO

Agar dapat menjangkau audience lebih luas, kamu bisa menggunakan Search Engine Optimization (SEO). SEO adalah proses menggunakan kata kunci dalam konten Anda yang akan membantu search engine menemukannya ketika kata kunci tersebut dan masuk ke dalam pencarian. Setiap konten yang Anda buat harus menargetkan kata kunci tertentu.

Walaupun kamu ingin kontenmu terfokus pada kata kunci dan ditemukan dalam pencarian, pastikan jangan sampai SEO mengalahkan manfaat dari kontenmu. Jika kamu membuat konten yang menggabungkan kata kunci pilihanmu sebagai tujuan utama, kemungkinan besar konten tersebut tidak memenuhi kriteria pemasaran konten yang diperlukan. Jadi buatlah konten yang relevan, menarik, dapat ditindaklanjuti dan informatif untuk targetmu terlebih dahulu, maka kamu bisa mengoptimalkannya SEO setelah itu selesai.

Pilih Saluran Yang Paling Sesuai

Media sosial tentunya menjadi pilihan yang paling tepat untuk menyebarkan suatu konten. Lagi-lagi kamu harus memilih mana yang paling sesuai dengan bisnismu dari banyaknya platform media sosial diluar sana.

Misalnya adalah konten seperti foto atau video lebih baik diĀ  sebarkan melalui platform instagram atau pinterest, link untuk blog bisa kamu taruh di twitter atau facebook, dan sebagainya.

Buatlah Strategi E-mail Marketing

E-mail marketing memang bukanlah cara yang cepat untuk menyebarkan suatu konten marketing karena dibutuhkan waktu untuk membuat list target marketing sebagai penerima pesan, namun jika ditekuni email marketing dapat berdampak positif bagi bisnismu.

Email marketing ini akan terasa lebih personal dan tepat pada sasaran karena pesan tersebut langsung masuk ke dalam inbox para pelangganmu. Maka, cobalah untuk melakukan strategi melalui email marketing.

Alat Untuk Membantu Membuat Konten Marketing

Jika kamu berpikir membuat konten marketing bukanlah hal yang mudah, kamu harus menyingkirkan pikiran tersebut secepatnya. Sekarang ini banyak alat yang memudahkan para pemilik bisnis dalam upaya membuat konten marketing yang baik dan apik. Baik itu alat untuk merencanakan konten, meneliti konten dan mengukur konten. Bahkan ada alat yang akan membantumu menulis konten.

Berikut ini adalah beberapa alat konten Marketing yang bisa kamu gunakan dalam membuat suatu konten.

  • Organisasi konten: Evernote atau Trello
  • Pengembangan konten: Contently atau Skyword
  • Distribusi sosial: HootSuite atau Buffer
  • Email marketing: MailChimp atau Constant Contact

Lakukan Evaluasi untuk Mengatahui Efektifitas Konten Marketing-mu

Setelah kamu melakukan membuat konten marketing dan telah menyebarkannya, hal yang harus kamu lakukan adalah melakukan pengecekan untuk kemudian dievaluasi. Hal ini berarti kamu harus mengumpulkan metrik dari berbagai sumber sehingga kamu bisa mengecek apakah konten marketing-mu telah sesuai, berapa banyak yang meng-klik ataub dampak konten marketing tersebut terhadap penjualan bisnismu.

Lebih baik lakukan penelitian setiap bulannya agar kamu dapat membandingkan dari waktu ke waktu dan memudahkanmu dalam membaca data-data tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *