5 Cara Sederhana Untuk Mengatur Keuangan Bisnis Anda

Sebagai seorang pelaku bisnis, tentunya Anda ingin keuangan bisnis Anda senantiasa stabil. Mengatur keuangan bisnis memang bukanlah hal yang mudah, terutama bagi bisnis baru maupun  pengusaha solo. Namun pastikan Anda memiliki waktu untuk mengurus segala urusan keuangan, sebelum keuangan menjadi masalah yang rumit untuk bisnis Anda.

Menyederhanakan keuangan bisnis adalah tentang (a) menciptakan kebiasaan dan cara mengurus tugas keuangan dan (b) menyisihkan waktu secara berkala untuk ditinjau dan dianalisis. Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat memudahkan mengatur keuangan Bisnis Anda.:

Gunakan Software Akuntansi Online

Anda dapat menggunakan berbagai software aplikasi khusus untuk mengatur keuangan. Bahkan Anda dapat menggunakan yang gratis jika bisnis Anda masih sangat kecil. Aplikasi ini memudahkan memperbarui transaksi secara otomatis. Lalu, dengan aplikasi ini Anda juga dapat membuat laporan keuangan dan melihat saldo dengan mudah.

Tentunya hal ini akan menghemat waktu Anda dalam mengontrol keangan bisnis. Cari software yang memiliki versi mobile app dan laporan yang dapat disesuaikan serta mudah dalam pengaplikasiannya.

[Langkah Awal Berbisnis E-Commerce]

Gunakan Reminder

Sebagai seorang pembimbisnis, Anda pasti memiliki kalender atau agenda yang berisi kegiatan serta aktivitas. Pastikan Anda juga memiliki jadwal keuangan rutin Anda. Beri judul “Keuangan Bisnis” untuk tanggal-tanggal dimana Anda harus melakukan pembayaran atau transfer. Anda dapat menggunakan “Google Calendar” sehingga Anda dapat selalu melakukan pengecekan secara berkala.

Lalu, cobalah menampilkan alert di akun bisnis Anda untuk memastikan bahwa Anda tahu kapan saldo di bawah jumlah tertentu dan kapan transaksi penting dilakukan.

[Cara Ampuh Online Marketing Untuk Bisnismu]

Koleksi Semua Bukti Pembayaran

Pastikan Anda menangkap catatan untuk semua pengeluaran bisnis Anda di luar kantor. Misalnya biaya makan siang saat meeting dengan klien, biaya perjalanan bisnis, atau biaya berbelanja peralatan kantor. Jika takut semua struk tersebut hilang, Anda dapat langsung memfoto ataupun mencatat di notes ponsel Anda. Jangan lupa untuk sertakan alasan mengapa Anda membeli hal-hal tersebut.

Ingat pula untuk melakukan hal-hal tersebut sesegera mungkin setelah melakukan pembayaran, jika tidak, kemungkinan Anda akan melupakannya sangat besar. Dengan memfoto bukti pembayaran ataupun menulis di notes Ponsel, membuat Anda tidak perlu menyimpan banyak kertas bill. Lalu, pertimbangkan untuk memanfaatkan aplikasi pelacakan biaya yang mungkin bisa membantu Anda melacak pengeluaran bisnis yang sedang berjalan.

Bayar Tagihan Secara Otomatis

Anda dapat mengotomatisasi semua pembayaran tagihan, baik itu untuk keperluan bisnis maupun pribadi. Misalnya dengan kartu kredit, anda dapat otomatis melakukan pembayaran, sehingga menghindarkan dari tumpukan tagihan dan biaya keterlambatan.

[Membuat Report Tanpa Repot]

Manfaatkan Satu Hari Dalam Sebulan Untuk Pengecekan

Review bulanan merupakan bagian terpenting dari program keuangan ini. Maka dari itu, rencanakan sekitar satu jam setiap bulannya untuk meneliti setiap kegiatan yang berkaitan dengan pengeluaran maupun transaksi keuangan. Saat yang paling tepat adalah ketika Anda menerima laporan bulanan untuk rekening giro bisnis Anda.

Mintalah daftar periksa dan kerjakan. Sertakan rekonsiliasi rekening bank, atau paling tidak melihat semua transaksi Anda untuk memastikan semuanya benar.

 

Sumber: thebalance.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *