Cara Ampuh Online Marketing Untuk Bisnismu

Digital marketing atau pemasaran secara digital semakin hari semakin jadi aspek yang penting dalam dunia bisnis. Terutama untuk bisnis baru yang sedang ingin menyiarkan produknya sekaligus mengenalkan khalayak ramai mengenai merek dagangnya. Menjalankan online marketing–nama lain dari digital marketing–memang susah-susah-gampang. Kelihatannya bisa jadi sangat sederhana; hanya berusaha eksis di media sosial, tetapi pada kenyataannya, online marketing hampir sama sulitnya dengan marketing biasa. Coba ikuti beberapa trik pemasaran secara online berikut ini untuk menghemat waktu sekaligus memaksimalkan potensi marketing bisnismu.

 

Siapkan Strategi

Yang pertama kali harus kamu lakukan adalah menyusun strategi. Layaknya seorang sutradara film, kamu harus punya masa pra-produksi yang matang. Kamu bisa mulai dari menuliskan semua metode online marketing yang kamu miliki. Misalnya dengan membuat akun media sosial, membuat blog, atau daftar di Google AdWords atau mengunggah materi baru tiap hari Senin dan Rabu. Pastikan juga orang-orang yang bekerja denganmu tahu akan strategi ini. Ohiya, jadwalkan waktu evaluasi tiap seminggu atau sebulan sekali untuk melihat performa strategi yang telah dibuat.

Pentingnya Konten Orisinal

Agar menarik, konten yang kamu buat haruslah orisinal atau asli. Menyadur atau membuat konten dengan tema serupa dengan bisnis lain memang akan lebih praktis terutama jika bisnismu belum punya staf khusus untuk menangani media sosial atau blog. Tetapi, mengandalkan konten asli buatan sendiri akan jauh lebih berguna. Selain menambah reputasi, pencarian di mesin pencari internet akan lebih unik sehingga kontenmu tidak akan tertumpuk dengan konten lain yang serupa.

Punya Berbagai Kanal Media Sosial

Jangan berhenti di Facebook saja. Buatlah berbagai kanal media sosial seperti Twitter, Instagram, LinkedIn, Tumblr, atau platform lainnya yang sedang tren. Meskipun target konsumenmu jarang ‘main’ di beberapa kanal media sosial, bukan berarti tidak ada sama sekali, lho. Online marketing dapat dijalankan melalui banyak saluran agar dapat diraih banyak orang.

Strategi marketing dengan target milenial ]

Kelola Blog

Salah satu yang efektif dari online marketing adalah membuat blog (tentunya dengan artikel yang menarik dan orisinal). Dengan blog, kamu punya lebih banyak ruang untuk menampilkan produk yang kamu jual. Melalui blog pula kamu dapat membagikan cerita menarik seperti customer experience agar menarik hati para pelanggan baru. Blog juga bisa mendekatkan kamu dengan pelanggan karena banyak informasi yang bisa kamu bagi dan tentunya punya peluang lebih besar untuk dideteksi oleh mesin pencari.

Libatkan Orang Banyak

Melibatkan para followers bisa jadi salah satu cara yang ampuh agar digital marketing-mu berjalan dengan baik dan tentu saja ramai.

Buat Kuis Berhadiah

Semua orang pasti suka hadiah apalagi kalau cara mendapatkannya mudah. Coba sekali-kali adakan kuis berhadiah produk atau voucher untuk menikmati jasa di tokomu. Yang paling mudah adalah dengan memanfaatkan media sosial. Kamu bisa mengadakan kuis re-post foto di Instagram, main kuis di Twitter atau Facebook, dan lain sebagainya. Selain bisa menarik orang banyak–bahkan orang yang belum mengikuti akun bisnismu–kuis berhadiah di media sosial bisa jadi iklan gratis untuk meningkatkan brand awareness. Lumayan, kan?

Terapkan User Generated Content

User Generated Content atau UGC sudah jadi primadona di kalangan brand ternama dunia. Konsepnya adalah melibatkan masyarakat untuk membuat konten sendiri yang bisa ditampilkan untuk publik. Misalnya saja Coca-Cola yang beberapa waktu lalu berkampanye “Share a Coke” dengan melabelkan botol ukuran kecilnya dengan nama orang. Sontak banyak sekali orang yang memfoto botol tersebut dan mengunggahnya ke media sosial.

Kamu juga bisa menerapkan hal yang sama, lho. Coba dengan membuat restoran/kafemu punya spot yang Instagramable dengan menggambarnya dengan grafiti, misalnya. Pada gambar, kamu bisa juga menyelipkan logo atau maskot bisnis yang kamu punya. Para pelanggan yang berfoto tentu saja mau untuk mengunggahnya di media sosial mereka. Atau kamu bisa juga mengadakan kuis berhadiah untuk foto dengan likes terbanyak.

Optimalkan Tampilan

Kalau kamu punya website, coba akses situsmu melalui perangkat yang berbeda. Mulai dari melalui laptop/komputer, ponsel pintar, tablet, dan lainnya. Situs yang baik tentu saja sistus yang tampilannya optimal di berbagai perangkat.

Mobile-Friendly is A Must

Punya situs e-commerce sendiri tapi hanya nyaman ketika diakses melalui laptop? Atau hanya beberapa fitur saja yang bisa dinikmati para pengguna yang mengakses lewat desktop? Maka mungkin nggak heran kalau yang mengunjungi situsmu hanya masuk sebentar lalu keluar lagi. Zaman sekarang, ponsel pintar sudah dapat melakukan banyak hal termasuk mengakses apa saja yang dapat diakses sebuah komputer. Tinggal bagaimana situs yang dikunjungi punya tampilan yang oke dan ramah terhadap ponsel pintar tersebut. Jika situsmu kurang ramah untuk pengguna smartphone, berarti harus segera kamu perbaiki. Ingat, mobile-friendly website is a must!

Marketing Secara Maksimal

Online marketing masih punya satu–atau dua–pekerjaan lagi sebelum benar-benar dibilang sukses atau menghasilkan. Jika semua hal di atas telah kamu lakukan, maka tinggal memaksimalkan strategi marketing-mu dengan bantuan search engine optimization dan melibatkan semua orang untuk ikut membagikan konten digital bisnismu.

Gunakan SEO

Search engine optimization atau SEO bisa diibaratkan sebagai guru di sebuah ruang kelas yang sedang mencari anak murid terbaik. Sedangkan konten yang kamu buat di blogmu adalah para siswa. Para guru tentu punya berbagai kriteria siswa teladan, begitu pula dengan SEO yang punya klasifikasi atau penilaian tersendiri terhadap konten. Agar kontenmu dapat perhatian dari SEO, maka ada kriteria yang harus dipenuhi sebelum konten dapat ditampilkan di mesin pencari.

SEO ini sangat penting karena orang-orang banyak bertanya pada mesin pencari (Google, Bing, misalnya) untuk menemukan jawaban. Jika kontenmu tidak memenuhi kriteria SEO, maka kemungkinan besar konten tersebut tidak dapat dijangkau oleh orang-orang yang sedang mencari jawaban. Pastinya kamu tidak mau membuat konten yang tidak punya pembaca atau tidak bisa ditemukan orang-orang kan?

Tapi tenang, jika kamu punya blog, kamu bisa mengandalkan mesin SEO yang akan menunjuk kekurangan dan membantumu menemukan kriteria apa yang belum ada pada tiap konten yang dibuat. Mesin SEO seperti Yoast SEO adalah salah satu plugins gratisan yang dapat membantu memaksimalkan SEO kontenmu. Intinya, konten blog yang sudah dibuat tidak hanya butuh di-publish tetapi juga butuh dijangkau oleh Google supaya orang-orang dapat melihat kontenmu sebagai salah satu jawaban yang mereka cari.

Sudah Diunggah? Bagikan!

Langkah terakhir yang kamu mesti lakukan setelah mengunggah konten adalah dengan membagikannya, menyebarkannya ke berbagai saluran media sosial yang kamu miliki. Jika perlu, minta teman-teman dan para staf untuk ikut menyebarkan konten tersebut. Karena konten yang sudah ada di dunia maya bisa jadi tertimbun dengan konten lain atau konten yang sama. Semangat membuat dan membagikan konten sebagai usaha online marketing bisnismu, ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *