Kenali Strategi Pemasaran Brand Activation dalam Dunia Bisnis

Ketatnya persaingan di dunia bisnis membuat para pengusaha terus memikirkan strategi untuk memenangkan hati pelanggan. Salah satu strateginya adalah brand activation. Telah banyak perusahaan yang mencoba strategi ini, dari perusahaan besar hingga perusahaan start up. Meskipun terbilang baru, namun terbukti brand activation cukup efektif  meningkatkan penjualan dan kesadaran merek.

Apa itu Brand Activation?

Brand activation adalah suatu bentuk kegiatan promosi yang dilakukan suatu merek dengan berinteraksi lebih dekat dengan dengan penggunanya melalui berbagai kegiatan. Tujuannya adalah untuk meningkatkan brand awareness, meningkatkan minat konsumen untuk mencoba produk, dan membangun hubungan dengan konsumen.

Kegiatan ini bisa dilakukan secara online maupun offline. Secara online dapat melalui forum komunitas, sedangkan yang secara offline dapat melalui berbagai kegiatan yang dapat meningkatn pengalaman konsumen bersama produk tersebut.

Untuk lebih jelasnya, lihat contoh brand activation berikut ini:

  • IKEA ‘Dining Club’

Beberapa waktu lalu IKEA membuat restoran pop up di London selama kurang lebih dua minggu. Dengan tema “to celebrate the joy of cooking together” event ini memungkinkan pelanggan untuk memasak makanan mereka sendiri. Untuk meramaikan event tersebut, IKEA juga mendatangkan para chef terkenal.

Tentunya kegiatan ini bukan hanya ‘sekedar’ acara kuliner, melainkan juga mempromosikan produk IKEA (seperti peralatan memasak dan perabotan dapur). Jadi konsepnya jelas, yaitu membuat pengunjung mencoba dan merasakan pengalaman menggunakan produk-produk IKEA secara langsung.

  • Mizone ‘Pagi-Pagi Disko’

Brand minuman isotonik Mizone juga menggelar brand activation dengan tema ‘Pagi-Pagi Disko’ di Car Free Day (CFD). Mereka mengajak anak-anak muda untuk melakukan aktivitas fisik, yaitu senam diriingi lagu-lagu yang dimainkan oleh disk joykey (DJ). Pada acara ini, Mizone ingin mengingatkan anak-anak muda untuk terus menjaga kebugaran tubuh mereka dengan cara yang mengasyikan. Selain itu juga ingin membuat para peserta merasakan nikmat dan manfaat meminum Mizone setelah beraktifitas fisik di luar ruangan.

Nah, contoh tersebut adalah contoh brand activation yang dapat menjadi inspirasi. Bisnismu juga pasti bisa membuat acara yang tidak kalah menarik. Intinya adalah mengenali produk dan karakter target pelanggan.

[Cara Ampuh Online Marketing Untuk Bisnismu]

Yang Harus Di Perhatikan Sebelum Menggelar Brand Activation

Agar acara yang kamu buat menarik dan sukses, kamu harus memiliki ide-ide yang menarik namun juga relavan dengan bisnismu. Jadi, jangan sampai konsep acaramu sudah menarik, namun ternyata tidak tepat sasaran, atau sebaliknya

Maka, sebelum membuat acara. Buat urutan pertanyaan-pertanyaan berikut beserta jawabannya:

  • Apa saja fitur unik dari toko dan produk bisnis ini? Bagaimana cara menjelaskannya kepada pelanggan?
  • Apa cerita di balik nama, logo, merek ataupun konsep dari toko ini?
  • Siapa sajakah target konsumen bisnis ini?
  • Apakah yang akan menarik perhatian pelangganmu? Kecantikan? Kompetisi? Olahraga? atau kegiatan di luar ruangan?
  • Bagaimana cara pelanggan berinteraksi satu sama lain?
  • Apa yang sedang tren di kalangan masyarakat?
  • Dimana kira-kira pelanggan dapat menggunakan produk ini? (misalnya: di luar ruangan, di halaman luas, di kolam renang, di dapur, dll)
  • (Jika sudah menemukan ide yang pas) Jabarkan ide-ide tersebut secara rinci dan pikirkan konsep yang paling sesuai dan cara menerapkannya

[Cara Menentukan Target Marketing]

7 cara yang terbukti Efektif untuk menciptakan Acara Brand Activation

Tertarik dengan strategi brand activation? Simak 7 cara terbukti efektif menggelar brand activation.

Jadikan eksklusif

Segala sesuatu yang ekslusif pasti dianggap lebih menarik. Untuk acara ini, Kamu dapat membatasi jumlah pengunjung ataupun waktu pelaksanaan. Misalnya, kamu hanya mengadakan pop up store selama seminggu di suatu mall. Atau, kamu membuat acara gala dinner dengan hanya mengundang influencer dan undangan VIP sebanyak 50 orang.

Selain dapat meminimalkan budget, kamu juga dapat secara maksimal memberikan informasi, layanan dan pengalaman yang berkesan kepada para pengunjung.

Technology Friendly

Bukan rahasia lagi kalau orang-orang masa kini senang membagikan kegiatan mereka di media sosial. Melalui instagram misalnya, di aplikasi ini pengunjung dapat mem-posting foto dan meng-update setiap momen di story mereka. Kegiatan ini secara tidak langsung ikut mempromosikan bisnismu.

Ajak peserta yang datang untuk  membagikan foto dan video mereka dengan menghadirkan spot yangn instagramable. Jangan lupa juga untuk membuat tagar acara tersebut (contoh: #MakanMalamBersamaInkFashion atau #LaunchingNewLipstick). Kalau mau lebih seru kamu juga bisa membuat kompetisi foto di media sosial, dimana pemenangnya akan di umumkan pada akhir acara.

sumber: eventbrite

Buat Acara yang Seru

Produk yang baik ataupun tempat yang nyaman tidak cukup untuk membuat para tamu terkesan. Kamu juga harus membuat acara yang seru dan membuat para tamu betah sampai akhir acara. Mengapa ini penting? karena semakin lama mereka berada di acaramu, akan semakin banyak pula informasi dan pengalaman yang mereka dapatkan.

Buat puncak acara yang dinanti-nantikan oleh para tamu, misalnya, sesi talkshow dengan influencer yang juga brand ambassador bisnismu, penyanyi atau band terkenal sebagai pengisi acara puncak, berbagai games, atau bagi-bagi voucher dan hadiah lainnya.

Sertakan Para Staf

Agar acara berlangsung sukses, maka pastikan para staf dapat bekerjasama dengan baik. Segera beritahu staf apabila ada perubahan maupun tambahan dalam perencanaan. Jangan sampai terjadi miss communication pada saat acara berlangsung.

Kamu juga bisa meminta para staf mengembangkan ide dan konsep yang ada, caranya dengan menanyakan pendapat mereka dan meminta masukan.

[8 Tip staff Training untuk Bisnis Retail]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *