5 Cara Efektif Memproleh Publikasi untuk Bisnis Anda

Untuk memperoleh informasi terkini, masyarakat mengakses berbagai media setiap harinya. Baik itu media cetak (koran, tabloid dan majalah), media elektronik (TV dan Radio), maupun media online (portal berita online, media sosial). Anda-pun mungkin merupakan satu dari jutaan manusia yang memanfaatkan media sebagai sumber informasi dan pengetahuan.

Terdapat berbagai konten menarik yang disebarkan melalui media. Media itu sendiri memiliki kemampuan untuk menggiring opini publik dan mempengaruhi prilaku penggunanya.

Sebagai pelaku bisnis, Anda dapat memanfaatkan media untuk mengenalkan produk Anda kepada khalayak. Adanya publikasi dan ulasan yang positif tentunya akan sangat menguntungkan. Masyarakat akan menaruh perhatian dan mereka yang membutuhkan akan datang kepada Anda.

Memperoleh publikasi tidaklah sulit. Berikut ini adalah 5 cara efektif agar bisnis Anda memperoleh publikasi:

Dapatkan Liputan Pers

Saat menyebutkan publikasi biasanya mengacu kepada liputan pers. Tentunya Anda ingin bisnis Anda diliput TV Nasional ataupun majalah bisnis ternama, namun memperoleh publikasi tidak semudah itu. Media tidak akan sembarangan dalam memuat suatu berita, karena mereka menginginkan ‘nilai’ yang terkandung dalam suatu berita.

Maka bisnis Anda harus memiliki ‘poin’ yang dapat menarik minat wartawan untuk menuliskannya. Bisa tentang keunikan bisnis Anda, cerita sukses Anda dalam membangun bisnis, atau inovasi bisnis Anda yang tidak ditemukan di tempat lainnya.

Cara lainnya untuk memperoleh publikasi adalah membuat sebuah event denga konsep yang menarik. Lalu, ajukan kerjasama dengan media agar mereka bersedia datang untuk meliput.

[8 Tipe Pelanggan di Toko Retail]

Media Sosial juga Merupakan Media

Media sosial kini banyak dimanfaatkan perusahaan untuk melakukan promosi. Selain lebih terjangkau, melakukan promosi di media sosial juga dinilai efektif. Anda hanya harus aktif dan cerdas dalam memanfaatkannya.

Tentunya akan lebih sulit mendapatkan pengikut di akun media sosial bisnis kecil/pemula. Hal ini karena banyak masyarakat yang belum mengenalinya. Maka dapat dimulai dengan akun pemiliknya yang telah memiliki pengikut.

Anda dapat memposting berbagai informasi tentang bisnis Anda dan jangan lupa untuk selalu mention sosial media bisnis Anda. Lalu, mintalah orang-orang terdekat untuk melakukannya juga. Sehingga, lama-kelamaan dapat meningkatkan visibilitas bisnis tersebut di jejaring sosial.

Anda juga dapat membuat blog di website perusahaan Anda. Kemudian sambungkan link dari blog tersebut ke akun sosial media. Sehingga, ketika mereka meng-klik link tersebut akan langsung tersambung ke website perusahaan Anda.

Lakukan Kerjasama dengan Para Influencer

Seorang selebriti ataupun influencer memiliki ratusan ribu bahkan jutaan pengikut. Apa yang dilakukan dan mereka katakan membawa pengaruh besar terhadap prilaku pengikutnya.

Anda dapat memanfaatkan popularitas mereka. Sekarang ini sedang marak jasa endorsement yang dilakukan oleh para selebriti, influencer, dan public figure lainnya. Anda dapat membayar nominal tertentu untuk setiap postingan mereka yang terkait dengan produk Anda. Meskipun cukup simpel, namun cara ini dinilai memiliki efek yang fantastis.

Namun, perlu di catat bahwa harga yang mereka tawarkan bisa sangat tinggi. Maka, jika Anda memiliki kerabat ataupun saudara yang cukup terkenal, Anda bisa meminta bantuan mereka untuk sekedar mempromosikan media sosial ataupun website perusahaan Anda setengah harga bahkan gratis.

[6 Tips untuk Meningkatkan Penjualan]

Official Merchandise untuk Merek Anda

Tentunya Anda sering melihat promosi yang di cetak di kaos, topi, pulpen, buku dan benda-benda lainnya yang dapat dipakai untuk kegiatan sehari-hari. Dengan mengenakan benda-benda tersebut, orang-orang yang melihat secara tidak langsung mengetahui logo brand Anda dan membuatnya familiar.

Maka, tidak ada salahnya jika brand Anda membuat marchandise dengan mencetak logo diatasnya. Bagikan ketika Anda membuat acara, ketika mengikuti bazar, atau berikan secara cuma-cuma kepada pelanggan setelah mereka melakukan pembelian.

Bergabung dengan Komunitas Bisnis

Sebagai seorang pembisnis Anda dapat berjejaring dengan sesama pelaku bisnis. Terdapat banyak komunitas bisnis online yang memungkinkan Anda bergabung kedalamnya. Di facebook misalnya.

Komunitas bisnis memungkinkan Anda berkenalan dengan pembisnis lainnya, Anda dapat melakukan sharing dan bekerjasama. Bahkan Anda bisa bertemu dengan calon pelanggan Anda disini. Misalnya Anda adalah pemilik bisnis POS mobile dan rekan Anda di komunitas adalah seorang pemilik bisnis restoran. Bisa saja pemilik restoran tersebut tertarik untuk menggunakan POS dari perusahaan Anda.

[Pentingnya Memperbaharui Menu Restoran]

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *