Yuk, Siapkan Restoran Menyambut Bulan Ramadhan

Bulan suci Ramadhan sudah di depan mata. Bulan dimana umat muslim akan menjalankan ibadah puasa selama satu bulan lamanya. Seperti tahun-tahun sebelumnya, acara buka puasa menjadi momen yang tepat untuk berkumpul bersama saudara ataupun kerabat terdekat.

Restoran-pun biasanya mendadak ramai pada bulan ini, terutama saat menjelang waktu berbuka puasa. Agar semakin memperkental suasana Bulan Ramadhan, berikut ini adalah tips untuk bisnis restoran:

Tambahkan Ornamen Bulan Ramadhan di Restoranmu

Suasana akan semakin lengkap dengan ornamen atau hiasan cantik khas bulan Ramadan. Tidak perlu terlalu ramai, hiasan yang manis dan sederhana juga sudah cukup. Anda dapat menaruh hiasan dinding dengan tema Bulan Ramadhan, seperti ucapan selamat berpuasa atau quotes religi. Hiasan untuk digantung di langit-langit juga bisa jadi pilihan.

Ingatlah bahwa Bulan Ramadan identik dengan warna hijau dan kuning, maka pastikan Anda menambahkan unsur warna-warna tersebut untuk dekorasi restoran Anda bulan ini.

Tidak hanya dekorasi untuk restoran, Anda juga bisa mendandani para pegawai dengan atribut khusus. Misalnya, pegawai yang laki-laki memakai peci dan yang perempuan memakai selendang, atau buatkan seragam khusus untuk dipakai selama bulan ramadhan.

sumber: www.geventm.com

[Panduan Memilih Warna yang Tepat untuk Restoran]

Siapkan Menu Khusus Bulan Ramadhan

Biasanya orang-orang berbuka puasa diawali dengan makanan manis dan snack ringan. Setelah itu, baru akan dilanjutkan dengan makanan yang lebih berat, yaitu menu utama.

Banyak restoran yang menawarkan paket lengkap dengan harga yang lebih terjangkau. Dalam satu paket biasanya terdapat 3-5 jenis makanan, mulai dari makanan pembuka, menu utama, hingga pencuci mulut.

Nah, jangan sampai Anda lupa untuk menyiapkan setidaknya 3 pilihan paket lengkap. Seperti yang telah disebutkan, paket tersebut harus terdiri dari makanan pembuka (seperti kolak, es cendol, atau gorengan), menu utama (makanan yang mengandung karbohidrat), dan pencuci mulut (seperti salad, buah-buahan atau ice cream) dan minuman manis. Anda juga bisa menambahkan kurma sebagai pelengkap.

Selain menguntungkan bagi pelanggan, paket ini juga dapat menaikan angka penjualan bagi restoran Anda.

[10 Ide Program Loyalitas Pelanggan]

Promo Bulan Ramadhan

Momen Buka puasa menjadi waktu yang tepat untuk berkumpul dengan orang-orang terdekat. Maka, promo bulan Ramadhan untuk makan bersama akan sangat menggiurkan bagi pelanggan.

Misalnya, Anda dapat mengaplikasikan promo Buy One Get One atau BOGO Deals selama bulan Ramadhan pada waktu menjelang buka puasa.

Selain itu, Anda juga dapat membuat promo paket makan bersama. Siapkan Paket untuk mereka yang datang berkelompok, yakni 5,8 atau 10 orang. Lalu masukan beberapa menu yang disesuaikan dengan jumlah. Misalnya untuk 5 orang terdiri dari 5 menu  utama+ 5 porsi nasi +5 minuman + dua porsi snack. Berikan harga promo yakni harga yang lebih rendah dibanding mereka membeli menu satuan.

sumber: food promotion

[8 Tip staff Training untuk Bisnis Retail]

Buat Konten Bulan Ramadhan di Media Sosial

Jangan biarkan media sosial restoran Anda sepi selama bulan Ramadhan. Ramaikan dengan postingan bertema khusus, seperti ucapan Selamat Menunaikan Ibadah Puasa, pengingat waktu berbuka, quotes yang berisi kebaikan, video, cerita pendek, dan lain sebagainya.

Begitupula jika ada promo, paket spesial, dan event selama Bulan Ramadhan, segera informasikan melalui media sosial Restoran Anda. Ingin yang lebih seru? Buat quiz di media sosial selama menunggu waktu berbuka juga bisa dilakukan. Hadiahkan voucher atau free ta’jil untuk mereka yang ikut berpartisipasi.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *