10 Ide Program Loyalitas Pelanggan yang Dapat Anda Aplikasikan

Sebelumnya kita telah membahas manfaat dari adanya program loyalitas pelanggan. Seperti yang kita ketahui, program ini pada dasarnya dilakukan agar pelanggan lama tetap setia dan terus melakukan pembelian.

Ada banyak bentuk program loyalitas pelanggan. Disadur dari TheBalance, berikut ini adalah 10 ide yang bisa diaplikasikan pada bisnis Anda.

Hadiah di Toko

Salah satu cara efektif agar pelanggan ingin datang kembali adalah memberikan hadiah secara gratis untuk setiap pembelian tertentu.

Misalnya ketika ada produk baru, Anda bisa memberikan hadiah setiap pembelian diatas Rp 150.000 dalam janga waktu sebulan setelah produk tersebut rilis. Akan lebih efektif lagi jika Anda menghadiahkan produk yang berguna dan menarik untuk mereka.

[Memilih Lokasi Terbaik untuk Restoran]

Program Trial 

Jika Anda menjual software, layanan berlangganan, ataupun produk yang membutuhkan pelatihan, Anda dapat menawarkan pelanggan untuk mencoba terlebih dahulu tanpa harus terikat oleh sebuah perjanjian.

Contohnya: memberikan free trial selama seminggu secara cuma-cuma atau tanpa dipungut biaya apapun. Pastikan Anda memperhitungkan keuntungan dan kekurangan kebijakan yang Anda buat untuk program loyalitas yang satu ini.

Keanggotaan VIP

Tentunya Anda tidak asing dengan yang satu ini, bukan?

Sudah banyak perusahaan yang menggunakan program ini untuk mengikat para pelanggannya agar tetap setia. Program VIP memberikan tingkat ekslusivitas yang berbeda antara anggotanya dan pelanggan biasa.

Anda dapat menawarkan fasilitas VIP, seperti proses pembayaran yang lebih mudah, sample gratis, informasi produk terbaru, gratis ongkos kirim, dan lain sebagainya.

Penawaran Gratis

Siapa yang tidak suka gratisan? Yup, hampir semua orang suka dengan barang gratis. Maka, Anda dapat memanfaatkan hal ini. Promo Buy One get One (BOGO Deals) akan sangat menguntungkan untuk membuat para pelanggan menyerbu toko Anda.

[Pelajari Cash Flow Management Untuk Bisnismu]

Punch Card

Program yang satu ini sering ditemukan di toko Retail, seperti toko swalayan. Namun, juga dapat ditemui di bisnis restoran ataupun salon.

Pelanggan yang datang akan diberi kartas yang kemudian dapat di isi dengan stiker ataupun tanda ceklis setiap mereka melakukan pembelian. Semakin banyak mereka mengumpulkan stiker ataupun tanda ceklis, maka akan semakin banyak mereka memperoleh hadiah, diskon ataupun voucher tertentu.

sumber foto: zazzle.com

Survey Pelanggan untuk Intensif

Survey pelanggan adalah cara untuk memperoleh penilaian terhadap jasa dan produk yang dijual. Penilaian ini sangat penting nantinya untuk membantu kegiatan evaluasi dan pembenahan di masa yang akan datang.

Ada banyak cara untuk memperoleh penilaian pelanggan. Jika bisnis Anda adalah bisnis restoran, Anda dapat memberikan mereka lembar penilaian di meja setiap mereka telah selesai bersantap. Lalu, jika bisnis Anda adalah bisnis online, Anda dapat menambahkan kolom penilaian di website yang dapat diisi setiap kali mereka menyelesaikan pembayaran.

Agar lebih semangat Anda dapat memberikan hadiah, seperti free item ataupun voucher untuk pelanggan yang bersedia untuk mengisi.

Upgrade Gratis

Jika produk yang Anda jual adalah software atau jenis aplikasi lain yang harus diperbaharui. Program upgrade gratis dapat membuat para pelanggan tetap setia untuk mengaplikasikan produk Anda.

Promo Anniversary dan Ulang Tahun

Jika Anda memiliki database pelanggan, Anda dapat memanfaatkannya untuk kegiatan yang mengarah kepada program kesetiaan. Cara ini dapat mempererat hubungan antara bisnis dan pelanggan.

Anda dapat memberikan hadiah berupa kartu ucapan dan voucher melalui e-mail. Kemungkinan besar mereka akan menggunakan voucher yang Anda berikan jika sesuai dengan kebutuhan mereka. Seperti diskon potongan 30% untuk makan malam romantis untuk mereka yang sedang merayakan ulang tahun pernikahan.

[Meriahkan Hari Ibu di Toko, Yuk!]

Program Mitra

Program loyalitas pelanggan yang­­ satu ini mengharuskan Anda untuk melakukan kerjasama dengan bisnis lainnya. Nantinya Anda dan mitra Anda dapat melakukan promo bersama, seperti membuat sebuah event, cross-store discount, dan kegiatan lainnya yang memungkinkan pelanggan dari mitra Anda menjadi pelanggan Anda juga, dan sebaliknya.

Gamifikasi

Yang terakhir ini terbilang unik dan baru. Gamification adalah menambahkan elemen permainan ke dalam aktifitas penjualan, yang tentunya bertujuan untuk menarik pelanggan untuk terus melakukan pembelian.

sumber foto: The membership guys

Contohnya adalah permainan fortune of wheel. Jika pelanggan telah melakukan pembelian dengan harga tertentu, mereka dapat melakukan permainan tersebut satu kali. Setelah itu berilah hadiah sesuai hasil yang mereka peroleh.

Begitu pula jika bisnis Anda berbasis aplikasi. Anda dapat menaruh unsur permainan di dalamnya, seperti swipe game misalnya. Sehingga, mereka dapat memperoleh poin ataupun hadiah lainnya jika mereka beruntung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *