Panduan Memilih Warna yang Tepat untuk Restoran

Maraknya sosial media, seperti instagram, membuat banyak orang berlomba-lomba membuat feed yang menarik. Salah satu caranya adalah memposting foto diri dengan latar yang unik. Bukan rahasia umum jika tempat favorit untuk memperoleh hasil foto yang maksimal adalah restoran. Dengan design restoran yang eye-catching, suasana yang nyaman, dan rasa yang lezat membuat banyak orang (khususnya kaum muda) rela berbondong-bondong datang untuk memperoleh pengalaman bersantap yang lebih berkesan.

Hal-hal tersebut membuat banyak restoran berlomba-lomba membuat design se-kreatif mungkin. Mulai dari design yang cantik dan minimalis, seperti tema vintage, rustic, dan bohemian, hingga tema yang tidak biasa seperti tema penjara, pesawat hingga toilet.

Tentunya design yang cantik tidak akan sempurna tanpa pemilihan warna yang tepat. Ada banyak sekali warna di palet yang dapat Anda pilih, namun tahukah Anda bahwa warna-warna tersebut memiliki Arti di dalamnya? Dan tahukah Anda bahwa warna-warna tersebut membawa identitas tersendiri untuk restoran Anda?

Disini kita akan membahas panduan warna-warna yang memiliki arti positif bagi restoran Anda. So, check this out…

Biru Muda, Tua, dan Aztec

Saat membayangkan warna biru kemungkinan Anda akan membayangkan langit yang cerah ataupun warna perairan yang santai. Warna biru identik dengan ketenangan, kedamaian dan kejujuran. Hal ini yang membuat banyak perancang design restoran memasukan serangkaian besar unsur warna biru untuk warna design mereka.

Dari perpektif design, warna biru mungkin tidak sesuai dengan sebagian makanan, tapi dapat menarik secara visual ketika dicampur dengan warna yang lebih hangat dan dilengkapi dengan unsur kayu.

Kita dapat melihat restoran yang memiliki unsur warna biru pada restoran Da Maria di Seminyak, Bali. Pencampuran biru, putih dan kuning sukses membuat restoran menjadi incaran banyak turis disana.

sumber: DestinAsian Indonesia

Coklat + Warna Lainnya

Warna coklat sering dikaitkan sebagai warna yang membumi, selain itu warna ini juga menggambarkan stabilitas, dukungan dan keamanan yang kuat.

Warna coklat mungkin sering ditolak oleh para designer restoran karena biasanya identik dengan “penahan napsu makan”. Namun, jika diaplikasi dengan tepat dan digabungan dengan warna lain yang sesuai, warna coklat benar-benar memiliki efek yang sangat positif untuk mendapatkan pelanggan (bahkan menjadikannya sebagai pelanggan setia).

Percampuran warna coklat dengan hijau, kuning gading ataupun ungu misalnya. Dapat memberikan warna yang lebih cantik dan eye-catching.

sumber: nordicchoicehotel

[Kesalahan Marketing yang Paling Sering Terjadi]

Pumpkin/ Squash Orange

Orange digambarkan sebagai warna petualangan dan komunikasi sosial yang positif yang menggambarkan optimisme, antuasiasme dan kepercayaan diri. Warna ini akan membawa lingkungan bersantap yang dinamis untuk suatu restoran.

Dari perpektif design, warna orange/kuning sesuai dengan design makanan. Selain itu tone warna ini juga secara alami membuat para pengunjung lebih ceria dan bersemangat. Memadukan unsur warna orange, hitam, dan coklat yang dipercaya dapat mengembangkan rasa gembira, sekaligus memberikan pengalaman bersantap yang elegan dan mewah.

Disamping itu, warna orange dan kuning ini juga sering digabungkan dengan nuansa warna hijau. Terutama untuk restoran yang mempromosikan makanan vegetarian. Perpaduan ini akan menghasilkan lingkungan yang segar, sehat dan aktif secara keseluruhan.

sumber: City pass guide

Turquoise

Sama halnya dengan warna biru, turquoise juga dapat menjernihkan pikiran dan menimbulkan rasa bahagia, aura positif, dan kreatifitas. Warna yang cocok untuk membuat design yang artistik dan kekinian.

Pada dasarnya, turquoise adalah warna yang dikenal untuk menciptakan keseimbangan emosional dan stabilitas, yang membuatnya sempurna bagi pemilik restoran yang bertujuan untuk merangkul perasaan pelanggan.

sumber: pinterest

[8 Tipe Pelanggan di Toko Retail]

Abu-abu

Yup, satu warna, yakni abu-abu mampu menciptakan design yang indah bagi restoran Anda. Warna abu-abu dikenal sebagai warna yang minimalis dan simpel.

Para designer menggunakan warna ini karena memungkinkan kreativitas dan mudah untuk mencocokan dengan warna lainnya. sehingga tidak sulit untuk menggabungkan warna abu-abu dengan berbagai furnitur, aksesoris, dan material, baik dari berbahan kayu solid, kuningan, maupun marmer.

Banyak restoran kelas atas menggunakan warna ini karena sifatnya yang minimalis, misalnya Casa Cavia di Argentina. Restoran mewah yang berhasil membuat suatu karya yang indah dengan warna ini.

sumber: Pinterest

Dan satu lagi, tone warna abu-abu juga membawa ketenangan dan pemikiran yang tenang, yang menjadikannya tempat sempurna untuk istirahat saat makan malam.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *