5 Ide Promosi Untuk Hari Kemerdekaan

Sebentar lagi kita akan merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia yang jatuh pada tanggal 17 Agustus 2018. Setiap tahunnya, hari istimewa tersebut akan selalu menjadi momentum suka cita bagi seluruh masyarakat Indonesia.

Selalu ada kegiatan yang dilakukan untuk mewarnai hari Kemerdekaan, dimulai dari upacara bendera, lomba 17 Agustus-an, acara  makan bersama, hingga berbagai acara musik dan festival. Kita juga dapat menjumpai berbagai promo menarik, mulai dari online store hingga toko atau butik di pusat perbelanjaan.

Sebagai seorang pembisnis, kamu juga dapat memanfaatkan momen ini untuk meraih keuntungan. Simak beberapa ide promosi 17 Agustus-an berikut ini:

Memberikan Diskon Khas Hari Kemerdekaan

Banyak bisnis merayakan Hari Kemerdekaan dengan memberikan diskon kepada para pelanggan. Sebuah perusahaan penerbangan memberikan diskon Rp 100.000 untuk penerbangan ke seluruh destinasi di Indonesia menjelang Hari Kemerdekaan. Tema diskon tersebut adalah ‘Jelajahi Nusantara di Hari Kemerdekaan’.

Selain itu, adapula bisnis yang memberikan diskon 17%, 45%,ataupun potongan Rp 17.000 (sesuai tanggal, bulan atau tahun hari Kemerdekaan) untuk pembelian dengan nominal tertentu.

Sekarang giliran bisnismu, pikirkan promosi diskon seperti apa yang paling sesuai dan tentunya akan menguntungkan. Jangan lupa juga untuk memberikan tema yang menarik dan unik, sehingga pelanggan merasa tertarik.

sumber: money crashers

Kode Voucher Khusus Hari Kemerdekaan

Akhir-akhir ini kamu pasti tidak asing dengan kode voucher, terutama jika kamu sering berbelanja melalui website ataupun marketplace. Ketika kode voucher ini diaplikasikan,  maka kamu akan secara otomatis mendapatkan diskon potongan harga ataupun gratis ongkos kirim.

Apabila bisnismu adalah bisnis online, maka kamu bisa mengaplikasikan promosi yang satu ini. Buat kode voucher tertentu, seperti ‘Merdeka17’ untuk diskon 17%. Kemudian, berikan informasi bagaimana cara mendapatkan dan menggunakan kode voucher tersebut. Misalnya, voucher dapat digunakan jika berbelanja minimal Rp 350.000.

[Jenis-Jenis Promosi yang Harus Kamu Ketahui]

Merilis Produk Khusus

Apabila kamu menjual produk yang kamu buat sendiri, maka ide promosi ini bisa kamu lakukan, yaitu menciptakan produk khusus untuk Hari Kemerdekaan. Misalnya, bisnismu adalah toko kue dan roti, maka kamu bisa membuat kue atau roti yang bertema Hari Kemerdekaan. Paket kue dengan perpaduan warna merah putih, rasa khas lokal dan dapat di nikmati bersama-sama pasti akan menarik perhatian.

Begitupula jika bisnismu bergerak di bidang fashion, kamu bisa merilis satu atau dua produk pakaian koleksi terbatas dengan tema Hari Kemerdekaan. Atau, kamu juga bisa membuat produk kecil untuk hadiah (seperti: cangkir, gantungan kunci, atau pouch) bertema Hari Kemerdekaan untuk dijadikan hadiah setiap pembelian nominal tertentu. Contohnya, setiap pembelian Rp 500.000, maka akan mendapatkan satu buah cangkir.

sumber: teespring

Kompetisi di Sosial Media

Dari dulu hingga sekarang, Hari Kemerdekaan identik dengan berbagai lomba atau kompetisi. Dari lomba makan kerupuk, panjat pinang, balap karung, hingga lomba memasak selalu mewarnai Hari Kemerdekaan Indonesia.

Keseruan kompetisi ini juga bisa dihadirkan di tokomu. Tidak harus perlombaan fisik, kamu juga bisa mengadakan lomba yang tak kalah seru, seperti kompetisi di media sosial.

Di instagram misalnya, kamu bisa mengadakan kontes foto dengan tema Hari Kemerdekaan. Minta pelanggan membuat foto yang unik dengan produk-mu beserta caption yang menceritakan ‘Arti Hari Kemerdekaan’ bagi mereka. Minta siapupun yang ikut serta untuk menaruh tagline kompetisi tersebut (contoh: #Kompetisi17Agustus atau #LombaMerdekawithKopiCafe) dan mention nama bisnismu.

Jangan lupa untuk memberikan hadiah menarik untuk karya yang terbaik, bisa berupa voucher atau merchandise lainnya.

[5 Jenis Customer Experience yang Membuat Pelanggan Datang Kembali]

Berikan Harga Khusus

Strategi promosi yang satu ini juga layak untuk di coba. Siapkan produk-produk terpilih untuk dijual dengan harga khusus, maksudnya adalah nominal yang sesuai dengan tema Hari Kemerdekaan. Contohnya, menjual beberapa produk dengan harga yang lebih murah, menjadi nominal Rp 17.000 atau Rp 45.000.

Atau kamu juga bisa menjual beberapa produk menjadi satu paket, misalnya paket sabun mandi, lulur, lotion seharga Rp 73.000.

sumber: icangwp.com

Nah, kelima poin tersebut bisa menjadi inspirasi strategi promosi di Hari Kemerdekaan. Intinya, pastikan kegiatan promosi yang kamu lakukan tidak hanya menguntungkan, tetapi juga bermakna dan membawa suka cita di Hari Istimewa ini.

Dirgahayu Indonesia yang ke-73!

 

sumber foto: Istock

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *