Jenis-jenis Promosi yang Harus Kamu Ketahui

Kegiatan promosi pada dasarnya adalah suatu kegiatan komunikasi yang dilakukan oleh seorang penjual kepada para pelanggan. Tujuannya adalah mempengaruhi para pelanggan untuk membeli produk yang dijual.

Nah, berikut ini adalah jenis-jenis promosi yang harus kamu ketahui.

[Yuk, pelajari Cash Flow Management untuk Bisnismu]

Dari Mulut ke Mulut

Suatu Penelitian mengatakan bahwa 90% konsumen lebih memilih produk yang telah direkomendasikan oleh temen atau keluarga mereka. Maka tidak heran jika sampai detik ini promosi Dari Mulut ke Mulut dinilai sebagai promosi yang paling efektif dan murah.

Untuk memperoleh rekomendasi, suatu perusahaan harus berusaha memberikan pelayanan terbaiknya dan memastikan bahwa produk yang dijual memiliki kualitas yang baik pula.

Situs Website yang Menarik

Situs website yang dirancang dengan profesional secara tidak langsung menarik perhatian para pelanggan. Terutama jika website tersebut berisi informasi lengkap, seperti foto produk, detail harga, promo yang sedang berlangsung, layanan yang ditawarkan, hingga informasi alamat, nomor telfon dan alamat E-mail.

Selain lengkap, website ini juga harus memiliki design yang menarik dan mudah dimengerti. Agar lebih dipercaya, Anda juga bisa menambahkan kolom testimoni di salah satu sisinya.

Sosial Media

Sekarang ini hampir semua orang memiliki sosial media, sebut saja Instagram, Facebook, Twitter, Linkedin, ataupun Youtube. Melihat banyaknya masyarakat yang mengakses sosial media tiap harinya, membuat saluran yang satu ini menjadi alat promosi yang dinilai paling efektif.

Vehicle Decoration (Wraps)

Yang satu ini juga sangat populer untuk promosi bisnis. Pastinya Anda pernah melihat kendaraan yang dijadikan sebagai promosi berjalan, bukan?. Mulai dari logo bisnis, tagline hingga informasi kontak dirancang agar menarik perhatian. Kendaraan yang dijadikan alat promosi tersebut dinamakan vehicle decoration.

Elevator Pitch

Elevator pitch adalah percakapan singkat yang dilakukan dengan tujuan membuat bisnis ataupun produk Anda lebih dikenal dan menarik perhatian target audience, seperti klien atau investor. Perlu diingat bahwa panjang rata-rata elevator pintch hanya 56 detik.

Jadi, Anda hanya harus memberikan deskripsi singkat dua atau tiga kalimat tentang apa yang dilakukan bisnis Anda, serta bagaimana produk dan layanan Anda dapat menguntungkan pelanggan potensial.

[Rahasia Sukses untuk Bisnis Salon dan Spa]

Flyers/Selembaran

Selembaran bisa saja dianggap kuno, namun rupanya masih banyak yang mengandalkan cara ini untuk berpromosi. Selembaran ini bisa diberikan langsung, diselipkan kedalam tas belanjaan, bahkan di masukan ke kotak surat. Dengan adanya selembaran, Anda bisa menaruh berbagai informasi mengenai bisnis Anda dan memberikannya langsung kepada calon pelanggan untuk dibaca.

Menjadi Sponsor Acara

Dengan menjadi sponsor acara, bisnis Anda dapat lebih dikenal oleh suatu komunitas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *