Ide Bisnis yang akan Laris Manis Selama Asian Games 2018

Tahun ini Indonesia terpilih menjadi tuan rumah Asian Games 2018. Suatu kebanggan tersendiri bagi seluruh rakyat Indonesia, mengingat event 4 tahunan ini merupakan event olahraga terbesar di Asia. Asian Games telah diadakan sejak tahun 1951 dengan tuan rumah New Delhi, India. Sejak itu, Asian Games merupakan perhelatan akbar yang selalu ditunggu-tunggu oleh seluruh masyarakat Asia, baik para pecinta olahraga maupun yang bukan. Bagi Indonesia sendiri, ini merupakan kedua kalinya menjadi tuan rumah Asian Games. Sebelumya Indonesia pernah menjadi tuan rumah pada Asian Games ke-4 pada tahun 1962.

Asian Games 2018 diadakan pada tanggal 18 Agustus-1 September 2018 di DKI Jakarta dan Sumatera Selatan, tepatnya Palembang. Sekitar 40 cabang olahraga akan dipertandingkan disini, dan 45 negara yang telah terdaftar di Dewan Olimpiade Asia akan bertanding merebutkan mendali emas.

Setelah dibuka secara meriah di Stadiun Glora Bung Karno (GBK) tanggal 18 Agustus kemarin, Asian Games 2018 secara resmi diadakan. Pasti kamu sudah merasakan euforianya, kan? Suasana ini banyak dimanfaakan pelaku usaha untuk menjual merchandise khas Asian Games, selain memperoleh keuntungan, kita juga bisa sekalian mempromosikan karya seni lokal. Penasaran bisnis apa aja yang dilansir akan laris manis selama Asian games? Yuk, simak daftar berikut ini.

Kerajinan Tangan Khas Daerah

Bukan rahasia jika Indonesia memiliki ragam kebudayaan yang dikagumi hingga ke mancanegara. Berbagai kebudayaan ini melahirkan karya seni yang luar biasa indahnya. Sebagai bangsa Indonesia, kita dapat memanfaatkan Asian Games untuk memperkenalkan karya seni lokal kepada masyarakat Asia yang bertandang ke Indonesia.

Berhubung acara ini diadakan di DKI Jakarta dan Palembang, maka kamu dapat menjual kerajinan tangan khas dua daerah tersebut. Misalnya, pajangan khas DKI Jakarta (berbentuk monas atau ondel-ondel), batik khas Pelembang, Songket Palembang, ataupun berbagai ukiran.

Songket Palembang. sumber: Trubus Preneur
hiasan DKI Jakarta. Sumber: Dekranasda DKI Jakarta

[Jenis-Jenis Promosi yang Harus Kamu Ketahui]

Souvenir atau Merchandise Asian Games 2018

Souvenir atau merchandise ini dapat berupa topi, gantungan kunci, botol minum atau boneka yang merupakan karakter maskot Asian Games, yakni burung cendrawasih, rusa bawean dan badak bercula satu. Barang-barang seperti ini akan laris manis selama Asian Games berlangsung. Pelanggan dapat memakainya untuk menonton pertandingan atau sebagai kenang-kenangan yang menandakan bahwa mereka telah ikut serta dalam meramaikan Asian Games 2018.

Souvenir Asian Games. sumber: topskor.id

Kaos Bertema Asian Games 2018

Kalau yang satu ini sudah pasti laris manis. Hampir di setiap perhelatan, kaos selalu menjadi incaran pembeli. Selain terjangkau, kaos juga dapat dipakai terus bahkan hingga acara berakhir. Tentunya kaos yang dipadukan dengan tema Asian Games akan menjadi daya tarik tersendiri bagi pelanggan.

Kalau kamu tertarik memproduksi kaos, maka pastikan kaos yang kamu jual memiliki kualitas terbaik, sehingga nyaman dipakai ketika menonton pertandingan. Temukan bahan yang halus dan dapat menyerap keringat, juga desain yang elegan dan cantik.

kaos Asian Games 2018. sumber: citydirectory

[8 Tips Memulai Bisnis Clothing Line]

Kuliner Khas Daerah

Indonesia terkenal memiliki kuliner dengan cita rasa yang lezat dan kaya bumbu. Kamu dapat mencuri hati para pengunjung, khususnya turis asing, dengan menyajikan makanan dan minuman khas daerah. Setiap daerah di Indonesia memiliki kuliner dengan keunikannya masing-masing. Mulai dari kuliner khas DKI Jakarta, yaitu kerak telor, ketoprak, dan Asinan. Atau, kuliner khas Palembang, yaitu empek-empek dan tekwan.

Bukan hanya itu saja, kamu juga bisa berjualan makanan khas daerah lain, contohnya: rendang khas padang. Agar lebih efisien, kamu dapat menjadikannya menjadi makanan beku yang dapat dipanaskan kapanpun dan tidak basi dalam bebeapa hari.

Mpek-mpek Palembang. sumber: pinterest
kerak telor. sumber: Finroll News

Nah, barusan adalah 4 ide bisnis untuk Asian Games 2018. Kami menghimbau untuk mendapatkan izin resmi apabila ingin mengeluarkan produk yang bertema Asian Games 2018 (seperti merchandise, souvenir, atau kaos), dilasir dari akun resmi instagram Asian Games (@asiangames2018), apabila kamu ingin menjajakan daganganmu secara resmi harus mendaftar terlebih dahulu. Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa langsung mengeceknya di akun resmi Asian Games 2018 terlebih dahulu.

Kalau begitu, semoga sukses dengan bisnismu dan selamat menikmati pesta olahraga terbesar di Asia, Asian Games 2018!

 

sumber foto: pinterest

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *