Bisnis Restoran: Cara Menarik dan Memikat Hati Pelanggan

Para pelanggan memiliki banyak sekali pilihan restoran untuk mereka datangi. Mereka dapat memilih restoran fine dining, rumah makan sederhana, restoran sea food, restoran jepang, dan masih banyak lagi. Namun, taukah kamu bahwa para pelanggan dapat sangat setia dengan beberapa restoran yang (mungkin) akan mereka datangi paling tidak satu kali seminggu?

Biasanya restoran menjadi langganan karena memiliki cita rasa yang lezat dan sesuai dengan lidah pelanggan tersebut, bisa juga karena harganya yang terjangkau atau pelayanannya yang memuaskan. Jika saat ini sedang berbisnis restoran, maka kamu dapat mempelajari cara menarik dan memikat hati pelanggan dimulai dengan cara yang paling dasar, yaitu mengetahui siapa target pelanggan restoranmu.

Kalau begitu, mari simak 4 tips simpel untuk memikat hati pelanggan, berikut ini:

Mengetahui segala hal tentang target pelanggan

Sebelum melanjutkan kegiatan marketing yang lebih kompleks, terlebih dahulu kamu harus mengetahui siapa target pelangganmu. Seperti usia, jenis kelamin, pekerjaan, dan domisili. Tidak hanya itu saja, kamu juga harus mengetahui segala hal tentang mereka, seperti menu favorit mereka, apa saja yang biasanya mereka pesan, jam berapa mereka datang, untuk apa mereka datang, dan dari mana mereka mengetahui restoranmu.

Lalu, bagaimana cara untuk mengetahui hal-hal tersebut? kamu dapat mengetahuinya melalui survey yang kamu berikan tiap kali mereka datang. Jika memungkinkan, kamu juga bisa menghadiahkan menu tambahan sebagai hadiah jika mereka bersedia mengisi survey tersebut.

sumber: newswire.net

[Hal yang Harus Kamu Ketahui dalam Menentukan Target Marketing]

Mulai dengan Iklan

Jika kamu sudah mengetahui segala hal tentang target pelangganmu, maka kamu dapat lebih mudah menentukan streregi marketing yang dianggap paling efektif. Jika target pelangganmu adalah keluarga, maka iklan di facebook dianggap lebih bijaksana. Lalu, apabila target pelangganmu adalah anak muda atau kamu milenial (usia 17-28), maka iklan di instagram akan lebih sesuai.

Agar semakin efektif, maka kamu dapat memanfaatkan segala informasi tentang pelanggan yang telah dikumpulkan. Misalnya, kamu memiliki bisnis restoran healthy food atau makanan sehat, pelangganmu rata-rata adalah pecinta olahraga dan senang mencari informasi melalui akun influencer yang juga mengkampanyekan gerakan hidup sehat. Jika demikan, maka strategi iklan yang dapat kamu lakukan adalah memasang iklan di instagram dan memanfaatkan jasa influencer untuk mempromosikan restoranmu.

[4 Kunci Emas dalam Membuat Goal-Setting]

Manfaatkan SEO (Search Engine Optimization)

Apabila kamu ingin banyak orang datang ke restoranmu, kamu harus memastikan mereka tahu bahwa restoranmu eksis. Caranya bagaimana? yang paling efektif untuk saat ini adalah memanfaatkan internet. Kamu pasti pernah mencari informasi restoran terdekat melalui internet, misalnya mengetikan “restoran Italia di daerah Jakarta Selatan”. Setelah itu pasti akan muncul beberapa nama restoran yang dapat kamu pilih.

Pastikan juga kamu terdaftar di maps, agar pelanggan tidak ragu untuk datang mengingat lokasinya yang jelas.

sumber: marketing land

[Cara Ampuh Online Marketing Untuk Bisnismu]

Manfaatkan Berbagai Aplikasi Pemasaran Kuliner

Kamu pasti pernah mendengar atau menggunakan aplikasi yang berisi tentang review suatu tempat kuliner, entah untuk memberikan review atau melihat review. Aplikasi seperti ini dapat menjadi acuan bagi para pelanggan untuk memilih restoran yang akan mereka datangi. Biasanya mereka mempertimbangkan lokasi, tempat, harga, cita rasa, dan pelayanan berdasarkan review yang ada.

Aplikasi seperti ini dapat menguntungkan bisnismu, selain membuat restoranmu terlihat, review yang baik juga akan menjaring pelanggan untuk datang dan bersantap. Jadi, pastikan restoranmu terdaftar dalam aplikasi-aplikasi seperti ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *