3 Tips membuat Pelanggan Repeat Order di masa Pandemi

Pandemi yang terjadi hingga saat ini mempengaruhi daya beli masyarakat. Tentunya daya beli masyarakat menjadi lesu akibat penurunan ekonomi yang menimpa hampir seluruh bagian di dunia. Di tengah pandemi seperti saat ini, para pemilik bisnis harus pintar dalam mencari cara untuk tetap berjualan dan meningkatkan penjualan agar mampu bertahan. Salah satu cara meningkatkan revenue penjualan selama masa pandemi ini adalah membuat pelanggan untuk melakukan repeat order pada bisnis Anda. Jika pelanggan yang Anda cenderung tidak melakukan repeat order akan cenderung susah mencari customer baru pada saat pandemi ini, 

Berikut tips dan cara dibawah untuk membuat pelanggan Anda repeat order :

Membership

Apa itu membership ? membership merupakan pengelompokan pelanggan dan memberikan keuntungan terhadap kelompok pelanggan tersebut misal harga lebih murah dari harga normal. Biasanya bagian dari membership akan diberikan sebuah kartu fisik atau digital yang menandakan bagian dari membership tersebut. Di mana konsumen akan mendapatkan berbagai keuntungan sebagai member dan perusahaan pun bisa mengumpulkan informasi penting tentang pelanggan. Contoh dari membership : pelanggan Anda mendaftarkan diri menjadi membership pada bisnis yang anda miliki, pelanggan Anda akan mendapatkan keuntungan lebih banyak saat melakukan pembelian dari toko/ bisnis Anda.

Customer Loyalty Point

Customer Loyalty merupakan bentuk dari mengakui dan menghargai pelanggan yang membeli atau terlibat dengan produk penjualan Anda secara berulang. Bedanya dengan membership yaitu jika membership, pelanggan diwajibkan untuk mendaftar atau bergabung, sedangkan pada customer loyalty tidak diwajibkan untuk mendaftar atau bergabung. Customer loyal biasanya memiliki bentuk berupa stamp atau poin. Stamp dan point tersebut nantinya akan ditukar dengan sebuah produk, voucher belanja hingga memperoleh potongan harga.

Anda pemilik bisnis dapat memberikan poin atau fasilitas, dan meningkatkan pelanggan ke tingkat loyalitas yang lebih tinggi semakin banyak mereka membeli. Contoh dari customer loyalty adalah misalnya setiap pelanggan Anda yang membeli produk yang dijual secara berulang, pelanggan tersebut mendapatkan poin yang nantinya bisa ditukarkan dalam bentuk misalnya voucher belanja atau hadiah produk yang menarik. Gunanya agar pelanggan merasa dihargai dan semakin banyak mereka membeli karena akan mendapat sebuah rewards nantinya.

Referral

Referral merupakan salah satu strategi promosi yang mendorong kepada para pelanggan untuk mengajak pelanggan baru. Contohnya jika pelanggan dari bisnis Anda mengajak rekannya untuk bergabung atau berlangganan di bisnis yang Anda miliki, maka perekomendasi dan yang direkomendasi akan mendapatkan reward dari Anda. contoh :Pelanggan bisnis Anda akan mendapatkan cashback 100rb dan rekan yang diajak akan mendapatkan cashback 50rb.

Untuk meningkatkan revenue berdasarkan repeat order dari pelanggan dapat menggunakan Tips yang sudah dijelaskan sebelumnya. Untuk mengakomodir tips tersebut Anda dapat menggunakan beberapa software CRM. Salah satu software solusi yang dapat kami referensikan adalah @TADA untuk mengakomodir kebutuhan CRM tersebut. 

CRM Tada salah satu solusi dalam buat Anda untuk memperoleh Repeat Order dari pelanggan Anda.