Istilah Dalam Dunia Ritel yang Harus Kamu Tahu

Selain istilah dalam bisnis kuliner, bisnis ritel juga punya istilah yang kadang terlalu asing untuk dimengerti. Kalau kamu baru pertama kali mengelola atau bekerja di bisnis ritel, maka kamu wajib mengetahui beberapa istilah penting di bawah ini.

Anchor store – Merupakan toko ritel besar atau salah satu yang terbesar yang ada di dalam pusat perbelanjaan atau mal. Biasanya juga dikenal dengan sebutan “anchor tenant” atau “key tenant” dan punya reputasi yang baik sebagai toko ritel besar.

Bar code – Mesin yang dapat membaca kode gambar atau kode bar berwarna hitam dan putih. Spasi antar bar mengisyaratkan kode nomor yang dapat dibaca oleh mesin. Bar code ini akan membantumu dalam memantau keluar masuk inventaris.

Black Friday – Atau dalam Bahasa Indonesia Jumat Hitam merupakan hari populer yang diadaptasi dari Amerika Serikat di mana toko ritel menawarkan harga spesial untuk pelanggan. Hari ini jatuh di Jumat terakhir di bulan November atau setelah hari Thanksgiving. Budaya ini diikuti oleh berbagai negara, termasuk Indonesia, karena sekaligus memulai rangkaian belanja menuju Hari Natal.

Bundled pricing: – Strategi penjualan dengan menggabungkan beberapa jenis barang atau jasa dalam satu paket dengan harga yang lebih murah daripada dibeli secara terpisah.

Brick and Click – Terminologi ini merujuk pada toko yang mengintegrasikan toko fisik mereka dengan toko online. Bisa dibilang, bentuk bisnis ini adalah yang paling ideal di zaman modern. Kebanyakan, toko brick and click memanfaatkan teknologi sekaligus customer experience misalnya dengan bisa mengambil pesanan online di toko terdekat.

Langkah Awal Berbisnis e-Commerce ]

Bricks and Mortar – Istilah kekinian yang merujuk pada toko fisik ritel.

Clienteling – Terminologi yang mengkarakteristikan aktivitas para pebisnis ritel dalam membangun hubungan baik dengan para pelanggan mereka. Salahs atu cara paling populer untuk membangun hubungan ini adalah dengan mengumpulkan dan memantau data pelanggan dengan software Customer Relationship Management (CRP).

Cloud POS – Merupakan sistem point of sale (POS) berbasis penyimpanan awan (cloud-based system) yang memungkinkan penyimpanan data hingga metode pembayaran melalui internet seperti yang HelloBill miliki saat ini.

Cyber Monday – Salah satu hari diskon yang digemari di akhir tahun selain Black Friday. Dilaksanakan di hari Senin pertama setelah Thanksgiving, para toko yang punya platform e-commerce atau toko online menawarkan diskon besar untuk para pelanggan.

E-commerce – Kependekan dari “electronic commerce” (perdagangan elektronis) merupakan wadah penjual dan pembeli untuk bertransaksi melalui koneksi internet.

First In, First Out (FIFO) – Berarti pertama masuk, pertama keluar atau dengan kata lain, barang yang paling lama akan dikirim/dijual pertama. Kebalikan dari prinsip ini adalah LIFO (last in, first out/terakhir masuk, pertama keluar) atau barang yang paling baru akan dikirim/dijual pertama.

Flash Sales – Sistem penjualan (biasanya untuk barang yang diskon) dalam waktu singkat; misalnya dalam beberapa jam, sehari, atau dua hari.

Forecasting – Dalam dunia ritel, forecasting adalah strategi dalam mengantisipasi penjualan di waktu mendatang dengan mengevaluasi pendapatan dan perilaku konsumen di waktu lampau. Data ini dapat digunakan untuk merencanakan pemesanan dan stok barang sesuai dengan hasil analisa.

Multi-Channel Retail – Menunjukkan bahwa pebisnis ritel menggunakan beberapa kanal untuk menjual produknya; situs, toko fisik, katalog, dll).

S-commerce – Jika “e” pada e-commerce berarti “electronic” dalam s-commerce “s” sama dengan “social”. Social commerce merupakan salah satu elemen dalam perdagangan di internet melalui media sosial. Model ini sudah sangat marak di Indonesia seperti di Instagram atau di Facebook.

Masih ada banyak istilah dalam dunia ritel yang bisa kamu pelajari. Tunggu bagian selanjutnya, ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *