5 Tip Mengelola Instagram untuk Bisnis Restoran

Instagram dapat dikatakan sebagai media sosial yang paling diminati oleh generasi milenial. Jutaan foto tersebar dan bebas diakses oleh seluruh penggunanya. Hal itu menjadikan instagram sebagai salah satu alat marketing yang cukup efisien dan terjangkau untuk saat ini.

Jika kamu adalah seorang pemilik restoran yang menginginkan restoranmu dikenal banyak orang, maka kamu dapat memperoleh perhatian masyarakat melalui feeds yang kamu unggah melalui instagram. Berikut ini adalah tip untuk mengelola instagram untuk bisnis restoran milikmu.

[Persiapkan Bisnis Memasuki High Season Akhir Tahun]

Buatlah Kalender untuk Kontenmu

Sebaiknya kamu membuat sebuah jadwal untuk kegiatanmu di instagram. Hal ini memang tampak sepele, namun dengan adanya jadwal membuatmu lebih konsisten dalam mengelolanya.

Buatlah daftar apa saja acara dan promo menarik yang telah kamu siapkan. Agar makin menarik, kamu juga bisa membuat tema-tema yang unik setiap minggu ataupun saat hari-hari khusus. Contohnya adalah setiap hari senin dan jumat adalah kutipan inspiratif, setiap selasa ada kejutan untuk menu sarapan, hari Rabu ada promo untuk dessert, dan lain sebagainya.

Dorong Para Pelanggan untuk Ikut Membuat Konten

Kamu bisa mendorong para pelanggan untuk ikut memperkaya feed-mu. Cara ini sangat efisien karena selain dapat menjaring pelanggan yang lebih banyak, kamu juga dapat membangun hubungan dengan para pelanggan.

Salah satu contohnya adalah dengan membuat Instagram Kontes. Misalnya jika mereka meng-upload foto venue atau menu kita beserta hastag tertentu, mereka dapat memenangkan menu sarapan ataupun menu dessert spesial secara gratis. Jangan lupa menaruh Hastag di tempat yang terlihat, seperti di meja, mesin kasir, ataupun daftar menu.

Dan pastikan bahwa kamu mengapresiasi jepretan para pelanggan. Kamu dapat langsung me-repost dan mengatakan terimakasih dalam kolom komentar mereka.

[Baru Mulai Berbisnis? Simak 8 Tip Beriku Ini]

Jalin Hubungan dengan Influencer

Seorang influencer memiliki ribuan hingga jutaan pengikut. Keberadaan mereka dapat sangat menguntungkan bagi bisnismu. Kamu bisa melakukan endorse berbayar ataupun mengundang mereka untuk datang berkunjung ke restoranmu untuk kemudian membagikan pengalaman mereka melalui akun instagram pribadi mereka.

Jangan lupakan eksistensi para Food Blogger karena review mereka dapat mempengaruhi minat para pelanggan untuk datang berkunjung ke restoranmu. Maka jalinlah hubungan baik dengan para influencer.

Temukan Hastag yang sesuai

Dibanding menyertakan hastag secara asal, lebih baik terlebih dahulu melakukan penelitian untuk memperoleh hastag yang sesuai. Kamu bisa menggunkan hastag yang biasa dipakai, seperti #foodporn #coffeelover namun digabungkan dengan hastag yang menyasar pelanggan di daerahmu.

Untuk memperoleh hastag yang sesuai, kamu bisa menggunakan aplikasi gratis bernama Iconosquare. Dimana kamu tinggal mengetik hastag pilihanmu ke dalam kotak pencarian, dan nantinya akan langsung terpampang berbagai informasi tentang hastag tersebut.

Gunakan Aplikasi Edit Foto

Sekarang ini banyak sekali aplikasi design yang dapat kamu pakai untuk memperoleh hasil foto yang menarik. Tidak perlu menyewa grafik designer profesional, kamu dapat melakukannya sendiri. Contohnya adalah Over, Photogrid, Replay, dan Flipagram.

[Rahasia Sukses untuk Bisnis Salon Dan Spa]

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *