Rahasia Sukses untuk Bisnis Salon dan Spa

Saat ini bisnis kecantikan menjadi salah satu bisnis yang menjanjikan. Karena wanita masa kini sadar betul untuk senantiasa menjaga kecantikan dan kesahatan kulit maupun rambut mereka. Tak heran jika salon dan day spa kini menjamur di setiap sudut kota, dari yang mematok harga terjangkau hingga harga selangit.

Untuk kamu yang memang berniat untuk membuka bisnis salon dan spa ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Mulai dari pemilihan terapis, produk yang digunakan, kenyamanan tempat, hingga harga yang ditawarkan untuk setiap perawatan. Dalam bukunya Start Your Own Hair Spa and Day Spa, Entrepreneur Press dan Eileen Figure Sandlin menjelaskan bagaimana cara untuk membuat bisnis salon dan spa-mu menjadi bisnis yang tidak hanya menguntungkan tetapi juga dapat memberikan pengalaman yang menyenangkan bagi para pelanggan.

Dikutip dari Entrepreneur, berikut ini adalah hal-hal yang dapat dilakukan agar bisnis salon dan spa yang kamu rintis dapat mendulang kesuksesan.

Perhatikan Jam Operasional

Yang harus kamu ketahui adalah bisnis salon dan spa bukanlah jenis usaha yang dimulai pukul 9 pagi hingga 5 sore. Di daerah perkotaan, biasanya salon dan spa buka dari jam 10 hingga pukul 9 malam. Hari sabtu, minggu, maupun hari libur nasional, bisnis ini tetap buka untuk melayani para pelanggan. Jam paling ramainya adalah saat makan siang dan pada sore hari. Maka dari itu, agar dapat memperoleh lebih banyak keuntungan, akan lebih baik agar kamu memperhatikan jam-jam ini.

Jam buka maupun tutup dapat lebih cepat maupun lebih lambat. Hal ini disesuaikan dengan pelayanan yang diberikan kepada pelanggan. Pada saat-saat tertentu, seperti layanan hair do dan make up untuk pengantin, salon dapat beroperasi lebih awal.

[Strategi Marketing Restoran dengan Target Millennials]

Sesuaikan Harga Treatment

Perhatikan harga yang yang akan kamu berikan kepada pelanggan. Jika harga terlalu tinggi, maka tidak semua orang dapat membayarnya, namun, jika harganya terlalu rendah juga dapat membahayakan bisnismu. Maka pergilah ke salon ataupun day spa lainnya yang sesuai dengan target market-mu, perhatikan treatment yang mereka tawarkan dan periksa harganya. Dari itu, barulah kamu dapat memperoleh harga yang kompetitif di kelasnya.

Selalu Jaga Kebersihan

Kebersihan adalah faktor terpenting dalam bisnis ini. Tidak cukup hanya dengan menyapu potongan rambut ataupun selalu menggunakan handuk bersih. Namun, kamu juga harus memastikan bahwa salon dan Spa milikmu senantiasa bersih dan harum apapun yang terjadi, bahkan seburuk apapun cuaca di luar.

Walaupun kamu dapat membersihkan sendiri, namun banyak salon yang menggunakan jasa pembersih atau tenaga yang khusus bertugas untuk melakukan pembersihan di salonmu setiap harinya. Meskipun itu berarti kamu harus membayar lebih tenaga kerja, namun terbukti hal ini sangat menguntungkan. Karena tempat yang bersih, nyaman, dan wangi dapat menjadi nilai plus bagi para pelanggan. Bahkan tidak menutup kemungkinan, salon dan spa-mu dapat terus diingat sebagai tempat yang nyaman untuk relaksasi.

Pekerjakan Staff yang dapat Bertanggung Jawab

Sebagai seorang pemilik, kamu pasti ingin yang terbaik untuk bisnis mu. Tidak jarang, kamu memilih untuk mengambil alih semuanya, mulai dari bekerja di belakang meja, pembukuan, hingga mengawasi staf yang bekerja.

Namun alangkah lebih baik jika kamu berfokus kepada pengembangan bisnis, seperti strategi marketing ataupun hal-hal lainnya yang akan mendatangkan keuntungan berkali-kali lipat jika ditekuni. Sedangkan untuk pembukuan ataupun mengawasi staf yang bekerja, kamu bisa mempekerjakan seseorang yang dapat dipercaya untuk melakukannya.

Tambah Keuntungan dengan Jual Produk

Adapun cara untuk memperoleh keuntungan tambahan, yaitu dengan menjual produk-produk yang biasa salon dan spa- mu gunakan untuk treatment. Tetapi kita harus memastikan bahwa para staff telah diberikan edukasi agar dapat menjual produk dengan baik. Lalu perhatikan kualitas produk yang digunakan dan apa kelebihannya, sehingga dapat menarik minat pelanggan untuk memiliki produk tersebut secara pribadi.

[Pentingnya Memperbaharui Menu Restoran]

Gift Certificate Sales

Selain menjual produk, gift certificate bisa menjadi salah satu cara untuk memperoleh uang. Kamu dapat memanfaatkan momen yang sedang berlangsung, seperti Hari Ibu, Valentine’s Day, Christmas day, ataupun liburan akhir tahun. Biasanya promo ini memiliki diskon sekitar 10 persen ataupun lebih. Yang harus diingat adalah memperhitungkan diskon yang diberikan agar nantinya tidak malah menghasilkan kerugian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *