Persiapkan Bisnis Memasuki High Season Akhir Tahun

Masuk bulan Desember menandakan akhir tahun sudah di depan pintu. Libur natal, libur sekolah, libur tahun baru, semuanya sudah menunggu. Biasanya, banyaknya hari libur berbanding lurus sejajar dengan banyaknya pelanggan yang akan berkunjung dan berbelanja di toko ritelmu. Untuk mengurangi pusing yang diakibatkan ramainya toko tiap hari, persiapkan  hal-hal berikut ini sebelum masuk musim belanja liburan.

Tambah Stok!

Sebelum high season dimulai, coba tambah semua stok barang termasuk stok shopping bag, kertas struk, bungkus kado, dan peralatan kantor yang juga perlu kamu perhatikan. Untuk barang atau item yang sedang naik di pasaran juga harus distok. Jangan lupa hitung dan telaah kembali budget, rencana penjualan, dan inventaris barang lainnya, ya!

Tetapi, urusan tambah menambah stok ini tidak bisa dianggap sepele karena bersentuhan langsung dengan hitung-menghitung keuntungan. Jika barang yang kamu tambah tidak habis terjual, masalah baru akan muncul ketika musim sibuk telah berakhir. Kalau manajemen inventarismu masih manual, coba beralih ke manajemen inventaris berbasis teknologi–dengan menggunakan sistem point of sales, contohnya. Menurut riset dari Stitch Labs, 62% responden mengaku bahwa kesalahan inventaris mereka terjadi karena staf atau human error. Maka dari itu, para pemilik bisnis, terutama bisnis ritel, butuh teknologi untuk mengatur sistem inventaris yang dapat bekerja secara lebih efektif dan terstruktur. Dengan bantuan teknologi pula, kamu bisa melihat gambaran secara menyeluruh mengenai stok sembari tetap melakukan operasi bisnis seperti biasa.

[Kesalahan manajemen inventaris yang mungkin kamu lakukan]

Beberers Toko Sebelum High Season

Sebelum semuanya jadi sibuk, alokasikan beberapa waktu untuk membereskan toko. Mulai dari mengecek rak yang sudah rapuh, memperbaiki lantai atau langit-langit, hingga memasang dekorasi sesuai dengan tema utama pada saat high season berlangsung (dekorasi Natal, misalnya). Hal ini dilakukan untuk menghindari kerusakan yang tidak diinginkan ketika seluruh toko sedang sibuk-sibuknya.

Rapatkan Barisan Para Staf

Kesuksesan penjualan di kala high season juga ditentukan dengan tim atau staf yang baik. Jika memungkinkan, jadwalkan para staf yang punya performa penjualan tinggi di waktu-waktu krusial, misalnya pada saat hari pertama libur sekolah dimulai. Kalau kamu punya staf baru, pastikan bahwa para staf yang baru bergabung sudah dilatih dengan baik, terutama dalam hal product knowledge. Lalu jangan lupa ingatkan para staf untuk melayani semua tamu, baik yang baru maupun yang reguler.

[Cara mudah melihat performa staf]

Istirahat Jangan Lupa

Ketika sedang menghadapi high season, hiruk-pikuk tokomu mungkin tak akan ada habisnya mulai dari jam buka hingga jam tutup. Selain mempersiapkan tim di tiap shift kerja, kamu juga harus memikirkan tentang skema waktu istirahat untuk para staf. Jadwalkan waktu istirahat yang cukup untuk tiap staf, apalagi jika tokomu memberlakukan midnight sale. Untuk menghargai kerja keras para staf, kamu juga bisa diam-diam mempersiapkan pesta kecil untuk seluruh staf di ujung musim sibuk.

Jadi bagaimana? Sudah siap menghadapi musim sibuk di libur panjang bulan Desember ini?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *