4 Risiko akibat Mengabaikan Inventory Restoran

Dalam menjalankan usaha dibidang restoran, tentu saja aspek inventory sangat mempengaruhi kondisi restoran yang Anda jalankan. Di masa pandemi seperti ini membuat para pengusaha restoran melakukan efisiensi terhadap seluruh operasional mereka.Tak terkecuali aspek inventory yang cukup krusial bagi operasional restoran. Agar restoran anda dapat bertahan di masa pandemi ini, Anda harus memperhatikan inventory dan menanggulangi resiko yang terjadi. Berikut 4 resiko akibat mengabaikan inventory pada restoran.

Dapat Mengurangi Revenue

Inventory merupakan aspek terpenting dalam operasional restoran. Salah satu resiko yang dapat diakibatkan karena tidak memperhatikan inventory adalah dapat mengurangi penjualan pada restoran. Ketika anda tidak memperhatikan inventory, maka anda tidak memiliki informasi jumlah stok bahan yang anda miliki. Sehingga Anda akan kehilangan potensi penjualan akibat produk yang pelanggan inginkan tidak tersedia akibat stok bahan kosong. Anda harus tetap memperhatikan inventory, terutama pada bagian pergerakan stok secara berkala.

Memungkin Terjadinya Kecurangan

Ketika mengabaikan inventory pada restoran, memungkin terjadinya perilaku kecurangan yang dilakukan oleh karyawan Anda. Adapun beberapa kecurangan yang mungkin dapat terjadi seperti karyawan tidak menginput penjualan ke sistem kasir dan pencurian terhadap stok. Untuk mencegah hal tersebut, anda dapat memantau pergerakan stok secara berkala. Dengan melakukan pengecekan silang antara penjualan dengan pergerakan stok, dapat mencegah terjadinya kecurangan yang tidak diinginkan.

Kualitas Makanan dan Minuman

Dampak lain ketika mengabaikan inventory adalah dapat menurunkan kualitas produk makanan dan minuman. Ketika tidak memperhatikan pergerakan stok secara berkala, maka tidak memiliki informasi keadaan bahan, terutama usia bahan tersebut. Dalam bisnis restoran, menyajikan makanan dan minuman yang fresh membuat pelanggan menjadi ingin datang kembali ke restoran. Akan tetapi sebaliknya, ketika makanan dan minuman tidak fresh akibat bahan yang sudah rusak maka, akan menurunkan minat pelanggan untuk kembali berbelanja pada outlet

Proyeksi Laba atau Rugi

Hal yang terakhir dari mengabaikan inventory adalah proyeksi atau laporan laba rugi dari restoran Anda akan kacau. Ketika Anda tidak mencatat secara benar dan konsisten data seperti, penggunaan resep, harga bahan, penginputan stok yang masuk dan stok opname. Data tersebut akan diproses dengan data penjualan dan diakhir akan menghasilkan laporan laba rugi.Untuk mencatat inventory secara luas dan akurat dapat memanfaatkan fitur Inventory yang ada di HelloBIll

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *