10 Ide Bisnis Kreatif untuk Mahasiswa

Sebagai seorang mahasiswa, tidak ada salahnya untuk mencoba berbagai hal. Mulai dari mengikuti organisasi, mengikuti perlombaan, mengambil kursus, hingga berbisnis. Mumpung usiamu masih muda dan jam terbangmu tidak terlalu tinggi, kamu dapat dengan bebas mengeksplore banyak hal positif.

sumber: Austin Collage Student

Bicara tentang bisnis, rupanya banyak mahasiswa yang tertarik, lho. Tujuan mereka ingin berbisnis juga berbeda-beda, dari yang sekedar iseng-iseng belaka, ingin belajar berbisnis, mendapat uang tambahan, hingga membiayain kuliah agar tidak menyusahkan orang tua.

Masalahnya, terkadang mahasiswa takut memulai bisnis karena takut mengeluarkan modal yang besar. Nah, kalau begitu, simak ide bisnis kreatif ber-budget rendah berikut ini sebelum resmi menjalankan suatu bisnis.

Make up Artist

Kalau yang satu ini sedang banyak digandrungi oleh kaum wanita. Sebelum membuka bisnis ini, kamu harus mengikuti kursus terlebih dahulu. Meskipun harus membayar harga kursus dan peralatan make up yang cukup mahal, namun keuntungan yang kamu peroleh nantinya juga cukup besar.

Biasanya make up artis disewa untuk berbagai acara, seperti wisuda, pertunangan atau pernikahan. Sekali merias paling tidak kamu mendapatkan uang sebesar Rp 300.000 sampai Rp 1000.000 (disesuaikan dengan kemampuan dan make up yang dimiliki). Tertarik?

sumber: houston training school

Party Planner

Kalau kamu orang kreatif dan senang merencanakan suatu pesta, maka bisnis yang satu ini mungkin cocok untukmu.

Saat ini kita sering melihat pesta kecil-kecilan yang di desain dengan sangat cantik, seperti acara bridal shower, baby shower, ulang tahun, prom night, dan lain-lain. Lalu, bagaimana cara mengembangkan bisnis ini? Pertama-tama, tawarkan paket harga yang terjangkau untuk orang-orang terdekat. Lalu, minta mereka mempromosikan bisnismu ini melalui sosial media mereka. Jangan lupa juga untuk membuatkan akun instagram untuk bisnismu dan masukan hasil desainmu untuk setiap acara yang pernah kamu buat.

sumber: fontanadivite.com

Bisnis Start Up Digital

Bagi mahasiswa yang tertarik berkarir di bidang teknologi informasi, dapat mecoba untuk merintis bisnis dibidang ini. Misalnya, membuat aplikasi atau website.

Kembangkan ide-mu terlebih dahulu dengan melihat kebutuhan di masyarakat. Siapa tahu bisnismu akan meraih kesuksesan nantinya.

[Mulai Berbisnis Meski Budget Tipis]

Jasa Desain Website

Apabila diperkuliahanmu diajarkan cara mendesain website, maka kamu dapat memanfaatkan ilmu tersebut untuk berbisnis. Keuntungannya jasa desain website terbilang cukup besar, selain itu juga akan menjadi portofolio yang berharga. Jadi, tidak ada salahnya untuk dicoba.

sumber: Career FAQs

Jasa Fotografi atau Videografi

Memiliki kamera dan senang memotret? kamu dapat mengembangkan diri dengan membuka jasa fotografi dan videografi. Agar tidak mengganggu perkuliahan, kamu bisa melakukan pekerjaan ini saat weekend atau ketika liburan. Selain mendapat uang, kamu juga akan dapat mengasah skill fotografi atau videografi-mu.

Youtuber

Taukah kamu jika banyak orang yang sukses dari Youtube? Bahkan, menjadi kaya raya dari Youtube? Di era modern seperti saat ini, Youtube merupakan media sosial yang cukup diminati. Setiap hari ada jutaan orang menikmati konten di Youtube. Kamu juga bisa menjadikan Youtube sebagai ladang untuk berbisnis. Bagaimana caranya? Cari konten yang menarik dan jadilah populer, hingga nantinya kamu akan memperoleh bayaran dari iklan di Youtube.

sumber: youtube

Clothing Line

Tertarik berbisnis di bidang fashion? Kalau gitu, kamu dapat mengembangkan sebuah clothing line. Temukan signature style yang menjadi ciri khas dari merekmu, sehingga ada hal yang membedakan bisnismu dengan yang lainnya.

sumber: corpers forum

[Ingin Berbisnis Clothing Line? Simak 8 Tip Berikut Ini]

Desain Grafis

Bagi para mahasiswa jurusan Desain Komunikasi Visual atau DKV, kamu dapat membuka jasa desain grafis. Selain mendapat uang, kamu juga dapat mengasah kemampuanmu pada bidang ini.

Pelangganmu dapat berasal dari mana saja, baik perusahaan maupun perorangan. Mereka biasanya menggunakan jasa desainer untuk membuat logo, brosur, poster, kartu nama dan sebagainya.

Open Trip

Untuk kalian yang suka travelling dan mengetahui seluk beluk banyak tempat wisata, bisnis yang satu ini pasti sangat fun untuk dijalani. Kamu bisa menawarkan paket open trip dengan harga terjangkau untuk anak-anak muda.

sumber: weather.com

Penulis Freelance

Saat ini banyak perusahaan yang membutuhkan seorang content writer atau penulis konten. Mereka biasanya terbuka untuk mahasiswa yang ingin menjadi penulis lepas/freelancer. Apabila kamu berasa dari jurusan jurnalistik atau sastra, kamu dapat mencoba peruntungan pada bidang ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *