7 Cara Manajemen Waktu yang Baik Ketika Berbisnis

Waktu adalah uang.

Kalimat itulah yang banyak di ilhami oleh banyak orang, termasuk para pengusaha hebat. Orang-orang sukses biasanya sangat menghargai waktu, dan memanfaatkan waktu sebaik-baiknya. Hal ini karena mereka memahami bahwa waktu amatlah berharga dan tidak dapat diputar kembali.

Apabila saat ini kamu berencana membangun bisnis , atau tengah menjalani suatu bisnis, maka sebaiknya kamu mempelajari manajemen waktu yang baik ketika berbisnis. Jika kamu mampu mengatur waktu sebaik-baiknya, maka kemungkinan bisnismu akan lebih mudah meraih kesuksesan.

Mari simak 7 cara manajemen waktu yang baik ketika berbisnis berikut ini:

Buat Daftar Kegiatan yang Harus Dilakukan

Agar lebih disiplin dalam mengatur waktu, kamu dapat mencatat kegiatan yang akan kamu lakukan setiap harinya. Catatlah ketika malam hari, sehingga keesokan harinya kamu dapat langsung mengerjakannya.

Prioritaskan kegiatan-kegiatan yang penting dan harus segera dilakukan agar kamu dapat lebih cepat mencapai target.

Apabila kamu bukan tipe yang senang menulis di buku agenda, maka kamu dapat mencatatnya di gadget milikmu. Sekarang ini banyak aplikasi yang dapat digunakan sebagai agenda, aplikasi ini juga akan memberikan notification (biasanya berupa dering atau pesan) sebagai pengingat. Dengan begitu, kamu tidak akan melupakan hal-hal penting apa yang harus kamu kerjakan setiap harinya.

[4 Strategi Marketing Masa Kini]

Tetapkan Tujuan yang Jelas dan Prioritaskan

Seperti yang telah disebutkan pada poin 1, prioritaskan hal-hal yang penting terlebih dahulu untuk dikerjakan. Dibanding hanya menulis ‘membersihkan toko’, akan lebih efektif jika  menulis, ‘atur invertaris di gudang sesuai dengan tanggal pembelian’.

Bagaimana cara memilah-milah kegiatan yang penting dan tidak terlalu penting? kamu dapat menggunakan metode ABCDE seperti yang diperkenalkan oleh Tor Refsland of Time Management Chef:

A: Tugas yang harus dilakukan — konsekuensi serius jika tidak selesai

B: Tugas yang harus dilakukan — konsekuensi ringan jika tidak selesai

C: Tugas yang dapat dilakukan — tidak ada konsekuensi jika tidak selesai

D: Tugas yang di delegasikan

E: Tugas yang tidak perlu dilakukan

Ketahui Waktu Sibuk Toko atau Restoranmu

Dengan mengetahui waktu sibuk bisnismu, maka akan lebih mudah memanfaatkan waktu tersebut dengan sebaik-baiknya. Misalnya, memberikan promo menarik ketika waktu sibuk, atau mengadakan flash sale di luar waktu sibuk (agar toko tetap ramai meski bukan di waktu sibuk). Mengetahui waktu sibuk juga dapat dimanfaatkan apabila kamu ingin melakukan kegiatan lainnya. Misalnya, pukul 03:00 restoranmu biasanya sepi, maka pada jam tersebut kamu dapat melakukan kegiatan penting lainnya, seperti mengecek inventaris atau melakukan pelatihan untuk pegawai baru.

[8 Tips Menghadapi Pelanggan yang Menyulitkan]

Ajarkan Manajemen Waktu yang Baik kepada Para Pegawai

Yang satu ini juga penting. Tentunya kamu tidak akan berhasil mengatur waktu, apabila jika hanya kamu yang melakukannya. Dalam suatu bisnis, kamu butuh pegawai yang terampil, termasuk dalam urusan mengatur waktu. Pegawai yang lelet dan pemalas hanya akan merugikan bisnismu. Jadi, pastikan kamu mendidik para pegawai agar mereka lebih rajin dan gesit saat bekerja. Ingatkan mereka agar selalu on time, sehingga tidak akan membuang-buang waktu percuma.

[Manajemen Staf Bersama HelloBill]

Manfaatkan Kecanggihan Teknologi

Di era modern seperti saat ini, kamu dapat memanfaatkan teknologi yang dapat menghemat waktu. Misalnya, dengan menggunakan aplikasi mobile POS dari HelloBill. Aplikasi ini dapat membuat kegiatan transaksi menjadi lebih cepat. Tidak hanya memudahkan transaksi, HelloBill POS juga memudahkan untuk mengecek laporan penjualan, mengecek inventaris, mengatur harga, diskon, bahkan manajemen staff. Semuanya dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun hanya dengan sentuhan jari melalui gadget andalanmu (smartphone, laptop, tab).

HelloBill POS

Atur Tokomu

Jangan sampai kamu menghabiskan waktu untuk mencari suatu benda atau barang. Jadi atur tokomu agar lebih terstruktur, misalnya dengan memberikan label pada setiap kotak penyimpanan di gudang atau dapur. Dengan begitu, kamu dan pegawai yang lain dapat lebih cepat ketika mencari benda atau barang yang dibutuhkan oleh tokomu atau pelanggan.

Manajemen Waktu untuk Beristirahat

Apa jadinya jika kamu menghabiskan seluruh waktu untuk bekerja? Yup, kamu akan lelah dan jenuh, lama-kelamaan kamu justru akan kehilangan fokusmu dan membuatmu tidak lagi produktif. Maka, sempatkan waktu untuk beristirahat yang cukup, seperti meluangkan waktu sejenak untuk bersantai. Misalnya di pagi hari, sebelum bekerja, sempatkan diri untuk rileks sejenak, mendengarkan lagu dan menikmati kopi (tanpa terganggu oleh pekerjaan).

Sebagai contoh, kamu dapat melihat Jeff Bezos. Sejak awal Amazon berdiri, ia menggunakan hari Senin dan Kamis sebagai waktu yang longgar, sehingga ia selalu punya waktu untuk berpikir secara mendalam tentang visi perusahaan. Mengingat Amazon yang begitu maju, sepertinya cara tersebut cukup efektif untuk dilakukan.

[Kesalahan Manajemen Inventaris yang Mungkin Kamu Lakukan]

Nah, barusan adalah 7 cara manajemen waktu yang baik ketika berbisnis. Ingat, waktu adalah uang. Dengan memanfaatkan waktu sebaik-baiknya, maka akan semakin memudahkan kamu untuk mencapai target.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *