5 Cara Memberikan Reward Kepada Para Pegawai

Memberikan reward adalah bentuk apresiasi kepada para pegawai. Sekecil apapun penghargaan yang kamu berikan, dapat begitu berarti. Reward dapat diberikan apabila pegawaimu telah melakukan hal-hal positif, sepertiĀ  selalu tepat waktu, menjaga kebersihan, ramah terhadap pelanggan, memberikan inovasi dan lain sebagainya.

Memberikan reward tidak harus mahal dan merepotkan, kamu dapat melakukannya hanya dengan senyuman, ucapan terimakasih atau pujian. Percaya ataupun tidak, hal-hal seperti itu dapat meningkatkan kinerja pegawai dan membuat mereka lebih percaya diri dalam bekerja. Suasana hati yang menyenangkan itu juga dapat mempengaruhi cara mereka berinteraksi dengan pelanggan, mereka akan dengan senang hati melayani dan terbuka untuk memulai obrolan.

Apabila kamu ingin lebih dari sekedar melontarkan kata terimakasih dan pujian, kamu dapat memberikan reward kepada pegawai dengan cara yang lebih spesial seperti berikut ini:

Reward System

Membuat reward system atau sistem hadiah dapat menjadi acuan bagi para pegawai untuk berusaha menjadi yang terbaik. Sistemnya adalah dengan memberikan poin (dapat berupa bintang emas) untuk setiap pekerjaan yang mereka lakukan. Semakin banyak poin yang dikumpulkan, maka akan semakin mendekatkan mereka dengan hadiah yang dijanjikan.

Ada banyak cara untuk mengatur sistem hadiah ini, kamu bisa melakukannya untuk mingguan ataupun bulanan. Hadiahnya pun berbagai macam, dapat berupa barang, uang, jalan-jalan, dan lain sebagainya.

sumber: small business trends

[8 Tip staff Training untuk Bisnis Retail]

Membuat Perayaan

Membuat perayaan sederhana dapat membuat para pegawai merasa dihargai, misalnya dengan membuat kejutan kecil-kecilan ketika mereka berulang tahun, atau mengucapkan selamat Hari Raya ketika hari besar keagamaan. Hal-hal kecil seperti ini akan membuat pegawai merasa tersanjung dan merasa diperhatikan.

Hangatkan Suasana dengan Kegiatan

Tidak ada salahnya juga untuk sesekali mengadakan kegiatan menyenangkan di luar jam kantor. Misalnya, mengadakan buka puasa bersama saat Bulan Ramadhan, mengadakan piknik ketika Hari Ulang Tahun Perusahaan, atau mengadakan lomba ketika Hari Kemerdekaan. Selain seru, kegiatan ini juga membuat para pegawai semakin dekat dan akrab. Tidak menutup kemungkinan jika saat kegiatan ini, para pegawai akan saling melontarkan ide dan inovasi untuk kebaikan bisnismu dimasa yang akan datang.

Izinkan Para Pegawai Berkreatifitas

Kelas Psikologi Universitas Exeter mengatakan bahwa karyawan yang memiliki kendali atas desain dan tata letak ruang kerja akan lebih bahagia dan lebih sehat – mereka juga 32% lebih produktif (dibanding mereka yang tidak memiliki kendali).

Membiarkan para pegawai berkreasi (terhadap ruangan ataupun produk) tidak hanya menyenangkan, tetapi juga dapat menghasilkan sesuatu untuk bisnismu, seperti desain ruangan yang lebih menarik, ataupun menu minuman yang unik dan lezat. Jadi, jangan larang pegawai ketika mereka memiliki ide untuk bisnismu, melainkan dengarkan dan izinkan mereka melakukannya apabila memang merupakan ide yang cemerlang. Kamu juga dapat mendorong ide-ide kreatif itu keluar dengan menanyakan pendapat mereka terhadap suatu hal. Dengan begitu mereka akan merasa lebih semangat dan dihargai.

[Manajemen Staf Bersama HelloBill]

Mengadakan Kegiatan Outing

Setelah bekerja keras selama berbulan-bulan, maka para pegawai pantas mendapatkan reward tanpa terkecuali. Kegiatan outing dapat menjadi tempat dimana para karyawan melepas penat sejenak. Kegiatan ini tidak dipungut biaya karena merupakan hadiah untuk seluruh pegawai di perusahaan.

Kegiatan outing biasanya diadakan setahun sekali. Dengan agenda menginap di suatu tempat (biasanya luar kota) selama satu atau dua malam, diisi dengan berbagai games dan kegiatan lainnya yang membuat para pegawai semakin dekat (BBQ, movie night, kegiatan alam, dan lain-lain).

sumber: marketing mag

Ajari Mereka Sesuatu yang Baru

Para pegawai, khususnya anak muda, ingin mempelajari banyak hal. Mereka akan merasa senang ketika diberikan kesempatan untuk berkembang dan megasah kemampuan. Misalnya, biarkan para barista muda mengikuti kursus coffee art.

Memberikan kursus gratis kepada pegawai seperti ini adalah tanda perhatianmu terhadap mereka, dan menunjukan rasa terima kasih dengan cara yang lebih bermanfaat. Karena memberikan kursus/les gratis berarti membekali para pegawai ilmu yang dapat terpakai untuk bisnimu, maupun individu tersebut di masa depan.

 

sumber: Typsy

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *