Salah satu dari ciri usaha yang baik adalah menjunjung pelanggan sebagai objek utama mereka. Itu sebabnya mengapa Customer Relationship Management (CRM) sangat dibutuhkan dalam menunjang dan menjaga pelanggan tersebut. CRM sendiri merupakan sistem yang memanajemen pelanggan mulai dari memperoleh pelanggan baru hingga memaintain pelanggan yang sudah ada. Dengan membuat pelanggan puas dari sisi pelayanan tentu saja akan dapat membuat pelanggan tersebut untuk berlangganan seterusnya terhadap produk Anda dan bahkan dapat mereferensikan produk Anda kepada rekan atau saudara pelanggan tersebut. Adapun manfaat lain dari CRM antara lain:
- Dapat meningkatkan revenue terhadap usaha Anda
- Dapat mengetahui kebiasaan pelanggan dan strategi promosi yang dapat dilakukan
- Dapat menjangkau pelanggan baru
Apa itu OttoPoint?
OttoPoint sendiri adalah penyedia solusi program loyalitas. Perusahaan dengan nama PT Poin Sukses Makmur melalui brand OttoPoint, merupakan penyedia solusi manajemen loyalitas pelanggan yang berkomitmen untuk memberikan layanan komprehensif, baik segi retensi maupun ketertarikan konsumen. Solusi terdepan yang ditawarkan oleh OttoPoint adalah untuk beragam kebutuhan dan jenis bisnis. Hal ini memudahkan perusahaan untuk menjalankan program loyalitas pelanggan yang sukses dengan lebih cepat
Loyalitas berbasis koalisi dari OttoPoint mengusung konsep unik dimana beberapa brand berada dalam program loyalitas bersama. Hal ini memudahkan tiap brand untuk mengaplikasikan program loyalitas komprehensif tanpa harus membangun dari awal dengan biaya yang lebih terjangkau.
Adapun keuntungan yang didapatkan oleh pelanggan dengan menggunakan OttoPoint antara lain:
- Pelanggan menjadi lebih sering berbelanja karena mereka bisa mengumpulkan poin loyalitas lebih cepat dari satu akun dan mendapatkan keuntungan yang lebih beragam.
- Biayanya jauh lebih rendah dibandingkan menjalankan program loyalitas individual.
- Mendapatkan insight pelanggan yang lebih mendalam dan bisa digunakan untuk membuat program marketing yang lebih baik.
Apa saja keuntungan yang dapat diperoleh dengan menggunakan OttoPoint?
Program ini diaplikasikan dalam bentuk point dan katalog reward. Hal ini memberikan keuntungan untuk brand, karena mereka tidak perlu membangun sistem loyalitas dari nol. Bahkan tidak perlu mengakuisisi rekanan satu per satu untuk menghadirkan reward ke konsumen. Dapat memberikan reward berupa point kepada pelanggan yang telah meng aktivasi akun OttoPoint mereka. Nantinya pelanggan tersebut dapat menukarkan point yang mereka miliki kedalam bentuk voucher diskon hingga voucher yang dapat ditukarkan dengan produk lainnya. Selain dapat melakukan split bill dengan cara membayar setengah-setengah menggunakan point yang dimiliki.
Bagaimana cara kerja dari OttoPoint?
Secara garis besar OttoPoint merupakan sistem loyalitas yang memberikan poin kepada end-customer atau pelanggan langsung. Cara kerja dari OttoPoint ini end-customer melakukan transaksi pada outlet atau merchant yang telah bekerja sama dengan OttoPoint. Nantinya end-customer tersebut akan memperoleh poin pada aplikasi OttoPoint mereka masing-masing. Poin tersebut dapat ditukar ke dalam bentuk voucher atau hadiah menarik yang tersedia pada katalog hadiah dari OttoPoint sendiri.