Lakukan 3 Hal Ini Bagi Pemilik Bisnis Restoran di Masa Pandemi

Dampak pada pandemi COVID-19 ini dirasakan berbagai pihak salah satunya adalah bisnis restoran. Pandemi juga masih terjadi di awal tahun 2020, pemerintah pun masih menerapkan kebijakan PSBB hingga PPKM untuk memutus rantai penyebaran virus corona. Pembatasan kegiatan ini masih akan berdampak pada sektor ekonomi, Sejumlah UMKM kuliner tetap membuka lapak dengan membatasi jumlah pengunjung, ada pula yang beralih berjualan secara online, dan tak sedikit yang gulung tikar. Berikut Ini 3 hal rekomendasi bagi pemilik restoran di masa pandemi untuk meningkatkan penjualan: 

1. Optimasi Bisnis Anda

Masa pandemi ini membuat kita harus beradaptasi dengan keadaan ini. Kita harus pintar menyiasati kondisi kita saat ini. Kita harus mengoptimasi operasional dan sesuatu yang tidak berdampak signifikan terhadap penjualan. Beberapa contoh berikut seperti membatalkan penambahan staf atau karyawan, berhenti menggunakan jasa marketing dan mengurangi beberapa layanan yang tidak terlalu dibutuhkan. Hal lain yang dapat dikurangi adalah koneksi internet yang berlebihan. Gunakan solusi bisnis yang mudah, terjangkau serta efisien pada masa pandemi ini. Efisiensi yang dapat dilakukan seperti sistem kasir yang dapat mencetak pesanan sesuai dengan departemen.

Contohnya adalah sebuah restoran menggunakan sistem kasir pintar untuk mencetak pesanan, dimana pesanan makanan akan tercetak di dapur dan minuman akan tercetak di bar. Dengan adanya sistem ini dapat mengurangi kerja staf dan biaya operasional juga akan berkurang. Selain itu, kontrol dan manajemen inventory perlu ditingkatkan agar bisnis anda lebih tepat dan cepat dalam merespon perubahan pada saat situasi pandemi yang tidak menentu. Anda juga harus melacak dan memantau stok yang ada di restoran anda, sehingga dapat melakukan tindakan berdasarkan data inventory yang ada. Misalnya anda mengetahui beberapa data bahan anda mudah busuk, berdasarkan jumlah stok yang ada anda melakukan tindakan untuk mengawetkan atau membuat bahan tersebut menjadi bahan setengah jadi. Anda juga dapat menggunakan software kasir digital seperti HelloBill untuk mempermudah dalam manajemen inventory hingga menghitung keuangan dan transaksi bisnis selama masa krisis.

2. Promosi yang tepat dan efisien

 

Mengadakan promo diskon seperti menyebar voucher, kupon dengan cara memberikan Potongan Harga, Gratis Produk Khusus atau Bundling Paket agar banyak orang tertarik. Dengan melakukan campaign yang tersebar dari berbagai kompetitor, konsumen akan memilih diskon yang terbaik dan cocok untuk mereka. Hal ini dapat digunakan ketika kita mendapatkan informasi penjualan di restoran kita berdasarkan data yang ada pada sistem kasir pintar. Kita perlu mencari tahu detail informasi transaksi seperti, menu yang sering laku dan tidak. Untuk menu yang kurang digemari pelanggan, kita dapat berikan diskon pada menu tersebut atau bahkan kita bundling menu tersebut kedalam menu yang lain, sehingga bahan dari menu yang kurang laku dapat terus bersiklus.

3. Delivery dan Cloud Kitchen

 

Karena tidak diperbolehkan untuk menerima pelanggan yang makan di tempat, menyediakan sistem pesan antar agar tetap terhubung dengan pelanggan. Sediakan sistem pesan antar agar tetap terhubung dengan pelanggan anda. Hal ini dapat memanfaatkan Aplikasi seperti gofood dan grabfood untuk dapat menjangkau pelanggan. Di samping itu jika anda mengetahui data transaksi yang ada pada restoran, anda dapat melakukan perubahan bisnis supaya tetap bertahan dimasa pandemi ini. Misalkan anda memperoleh data transaksi antara makan di tempat dan dibawa pulang lebih cenderung dibawa pulang karena masa pandemi ini. Dengan demikian anda dapat mengubah restoran anda menjadi layanan pesan antar. Anda juga dapat memindahkan restoran anda untuk sementara waktu dan bergabung dengan cloud kitchen untuk mengurangi biaya sewa tempat.

CategoriesUncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *