Sistem POS untuk Franchise: Apa Saja Keuntungannya?

“Karena di sini kami hanya remote, maka kami butuh sistem POS dengan memakai jasa HelloBill,” ujar Wasis Gunarto salah satu founder Kopi Oey yang punya cabang di berbagai daerah di Indonesia. Dalam wawancaranya dengan HelloBill, Pak Wasis mengaku merasa sangat terbantu dengan sistem point of sale (POS) dari HelloBill, kenapa, ya?

[Testimoni Kopi Oey menggunakan sistem POS HelloBill]

Sistem POS untuk Franchise

Sama halnya seperti model usaha sendiri atau non-franchise, model bisnis franchise membutuhkan sistem operasional yang matang sekaligus terpadu seperti yang tersedia dalam sistem POS. Kemampuan mengatur keuangan, mengelola inventaris, hingga menyediakan laporan secara real-time adalah beberapa fitur utama sistem POS yang dibutuhkan dalam berbagai model bisnis termasuk franchise. Para pemilik bisnis atau franchisor dapat mengontrol dan melakukan monitoring di tiap gerai yang dimiliki melalui satu sistem. Kamu juga punya bisnis franchise atau seorang franchisee? Simak keuntungan sistem POS untuk franchise berikut ini

Satu Sistem Untuk Semua

Franchise mengandalkan replikasi sebagai model bisnisnya dan sistem POS memudahkan hal tersebut. Tanpa harus memiliki server khusus atau perangkat mahal, franchisor dapat langsung menduplikasi bisnisnya untuk para franchisees. Produk yang dijual, daftar barang inventaris, harga jual produk, hingga biaya produksi dapat diduplikat ke tiap franchisee yang kamu miliki. Hal ini dapat dilakukan karena mode penyimpanan sistem POS modern sudah berbasis penyimpanan awan (cloud-base). Sehingga satu brand atau merek dapat diakses lalu mengatur tiap waralaba yang dimiliki melalui satu pintu secara sekaligus.

Misalnya, salah satu kedai kopi punya menu andalan Kopi Aceh Gayo. Menu tersebut diproses dengan bahan yang sama, takaran yang sama, dengan hasil kualitas yang sama di tiap cabang kedai yang ada. Hal ini disebabkan para franchisor sudah mengklon bahan baku untuk membuat menu, menstandarkan cara penyajian, dan harga yang berlaku untuk menu tersebut. Kesamaan tersebut bukan karena kebetulan, melainkan karena kedai menggunakan sistem POS untuk franchise.

Franchisees Performance Monitoring

Para franchisor harus jeli dalam melihat laporan bisnis dari tiap franchisee karena laporan bisnis merupakan faktor esensial untuk memantau performa tiap waralaba. Pengelolaan data menjadi laporan pun harus distandarkan dan tentunya membutuhkan staf khusus. Tapi bagaimana jika tidak semua cabang benar-benar menghitung dan mendata bahan laporan secara teliti? Atau bagaimana jika laporan hanya tersedia satu bulan sekali?

[Lihat laporan bisnis di mana saja dengan sistem POS]

Maka dari itu sistem POS amat dibutuhkan terutama dalam franchise. Fitur “Report” pada sistem POS untuk franchise dikelola langsung oleh sistem secara aktual, efektif, dan lebih efisien. Laporan yang kamu dapatkan pun bersifat real-time dan lengkap, mulai dari laporan penjualan hingga laporan inventaris. Sehingga para franchisee bahkan tidak perlu repot menghimpun dan merangkum data. Dengan begitu, evaluasi performa bisnis tiap franchise bisa dilakukan lebih efektif dan tiap masalah dapat terdeteksi lebih dini.

Sistem POS Memudahkan Para Franchisees

Biasanya, para franchisees atau pengelola franchise merupakan pengusaha baru yang sedang menjajal dunia bisnis. Maka, untuk meminimalkan potensi kegagalan, para franchisees ini membutuhkan sistem yang memudahkan kinerja mereka. Salah satu cara yang paling efektif dan paling pas digunakan untuk bisnis franchise adalah sistem POS. Mulai dari pengelolaan inventaris, manajemen loyalitas pelanggan, pengaturan shift kerja para staf, sampai laporan penjualan yang up-to-date akan diatur langsung oleh sistem. Sistem POS modern seperti HelloBill juga memiliki tampilan yang sederhana sehingga mudah digunakan oleh para staf tanpa butuh pelatihan khusus yang memakan waktu. Desain perangkat yang modern dengan harga terjangkau juga mereduksi biaya pembukaan franchise, jadi para investor atau calon franchisees akan lebih tertarik. Ditambah, penggunaan sistem POS untuk franchise ini hanya membutuhkan jaringan internet yang dapat mereduksi biaya yang dibutuhkan calon franchisees lebih banyak lagi.

[Mau jadi franchisees? Lihat untung ruginya dulu di sini]

HelloBill Headquarter: Sistem POS Terpusat Untuk Franchise

HelloBill, salah satu penyedia jasa sistem POS terkemuka di Indonesia, telah meluncurkan HelloBill Headquarter (HelloBill HQ), sebuah sistem yang memudahkanmu dalam mengatur semua cabang bisnis FnB yang kamu miliki. Sistem ini memungkinkan bisnis FnB untuk berperan sebagai kantor pusat dan sangat cocok untuk bisnis berbasis franchise yang kamu miliki. Lewat HelloBill HQ, franchisor menerapkan keseragaman menu hingga inventaris di semua cabang. Selain menghemat waktu dan tenaga, HelloBill HQ memberikan kemudahan untuk memantau bisnis secara keseluruhan. Menguntungkan, bukan?

HelloBill HQ sistem POS untuk franchise

Keunggulan lain dari HelloBill HQ adalah sistem laporan penjualan yang terintegrasi. Semua laporan dari tiap franchisee akan terekam pula dalam sistem HelloBill HQ. Jadi, franchisor tidak perlu lagi mengklik franchise yang berbeda untuk melihat laporan penjualan. Dengan kata lain, franchisor dapat dengan mudah mengkomparasi dan mengevaluasi laporan penjualan antar franchise dalam waktu yang bersamaan.

[Kenalan lebih jauh dengan HelloBill HQ]

Yang paling menguntungkan, HelloBill HQ punya fitur “Clone” untuk menduplikasi menu–beserta bahan baku produksinya–dari pusat ke seluruh franchise. Fitur clone ini sengaja diciptakan agar HQ punya kendali dalam menyeragamkan menu yang dijual di semua cabang.

Bagaimana? Masih ragu untuk menggunakan sistem POS untuk franchise milikmu?

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *