Siapkan Taktik Penjualan Menyambut Hari Valentine

Hari Valentine adalah peringatan hari kasih sayang yang diperingati setiap tanggal 14 di bulan Februari. Momen ini biasanya dimanfaatkan oleh banyak orang dunia untuk mengekspresikan perasaan cinta yang mereka rasakan kepada orang tercinta seperti kekasih, orang tua, sahabat ataupun saudara.

Sejak awal bulan Februari, kita bisa merasakan suasana Hari Kasih Sayang di berbagai pusat perbelanjaan. Berbagai ornamen berwarna merah muda dan berbentuk Hati memenuhi berbagai gerai mulai dari restoran hingga butik. Kita juga bisa melihat banyak penawaran spesial sebagai promo Hari Valentine.

Ingin ikut merayakan Hari Valentine? Berikut ini adalah taktik agar tokomu memperoleh untung di Hari Kasih Sayang dari vendhq.com

Valentine’s Days Partnership

Terkadang orang-orang merayakan Hari Valentine tidak hanya dengan sekedar memberikan hadiah berupa barang, namun mereka juga melakukan aktivitas seperti candle light dinner ataupun menonton bioskop.

Jadi alangkah sangat menyenangkan bagi para pelanggan, apabila tokomu juga memberikan promo tiket nonton bioskop setengah harga atau voucher restoran. Untuk dapat memberikan hal-hal tersebut, maka kita butuh melakukan kerjasama dengan biskop ataupun restoran.

Baca juga: Memilih Lokasi Terbaik untuk Restoran

Temukan Promo Hari Valentine Yang Paling Sesuai

Berdasarkan Hasil survey yang dilakukan NRF, sekitar 49% responden mengatakan bahwa mereka bersedia membeli lebih banyak apabila mereka memperoleh ‘a really good sale or promotion’ atau promosi yang sangat bagus dan menguntungkan.

Maka, sebelum memberikan promo kepada para pelanggan, kamu harus benar-benar memberikan diskon yang sesuai dengan target market-mu. Tentunya kamu juga harus memikirkan apakah promo tersebut akan menguntungkan kita ataupun tidak.

Ada banyak jenis promo yang bisa kita pilih, seperti BOGO, Discount Price, Social Media Contest, Voucher/Coupon dan banyak lainnya. Pastikan promo dikemas dengan kreatif dan unik.

Arahkan Pembeli Untuk Memperoleh Kado Hari Kasih Sayang yang sempurna

hasil survey lainnya dari NRF adalah 36,4% responden mengatakan bahwa mereka bersedia mengeluarkan sedikit lebih banyak apabila mereka menemukan hadiah yang sempurna bagi seseorang. Jadi walaupun mahal, jika sesuai mereka akan tetap membelinya.

Sebagai pembisnis, kamu harus memastikan para pelanggan memperoleh hadiah yang sesuai dengan menaruh preferensi pada barang daganganmu. Cara yang bisa dilakukan untuk menuntun pelanggan menemukan hadiah yang sempurna adalah melalui sebuah panduan. Cobalah untuk membuat panduan hadiah Hari Valentine dengan mengkategorikan barang dengan giftee (yaitu, “For Her” atau “For Him”), anggaran (yaitu” Hadiah di bawah 100k, 250k, 500k, sbg) atau bahkan kategori (yaitu” Tech Gift “atau” Jawelry “)

Kemas Produk Dengan Tagline ‘Unik’

Bingung karena tokomu tidak menjual produk-produk yang berbau romantis khas Valentine? Tenang saja, karena kamu bisa mencari jalan yang lebih kreatif untuk memasarkan produkmu di hari kasih sayang ini. Misalnya dengan memberikan Tagline ‘Better Than Melted Chocolate’ untuk produk-produk pilihanmu.

Dorong Pelanggan Untuk Memberi ‘Kado’ Untuk Diri Mereka Sendiri

Siapa bilang Valentine’s Day berati harus memberi kado untuk pasangan? Bagi yang lajang juga bisa memberi kado untuk diri sendiri. Sebagai pemilik bisnis, kita bisa mendorong para pelanggan untuk membeli barang impian mereka dengan memanfaatkan momen ini. Beri embel-embel bahwa ini adalah kesempatan untuk para pelanggan memberi penghargaan untuk pencapaian mereka.

Beri Sentuhan ala Hari Valentine untuk Produk yang Kamu jual

Warna merah muda, simbol hati dan dan design yang manis bisa kamu gunakan untuk design promosi produkmu. Meskipun yang kamu jual bukanlah peralatan yang berbau Valentine, seperti gadget atau kamera. Namun dengan design yang menunjukan suasana Velentine’s Days secara tidak langsung kamu telah ikut serta dalam momen ini.

Nominasi untuk Pelanggan Terbaik-mu

Cara unik yang satu ini dapat mempererat hubungan bisnismu dengan para pelanggan. Mintalah para pegawai untuk membuat list tentang para pelanggan yang paling tidak terlupakan, seperti pelanggan setia, pelanggan tersabar dan sebagainya. Lalu kirimkan mereka email yang berupa pesan bahwa mereka memenangkan nominasi tersebut. Lalu berikan ‘Special Treat’ sebagai hadiah hari Valentine. Cara ini pasti sukses membuat para pelangganmu tersenyum manis.

Baca juga: Mulai Berbisnis Meski Budget Tipis

Rayakan Segala Bentuk Kasih Sayang

Hari Valentine memang identik dengan pasangan, namun kamu juga harus mengapresiasi bentuk hubungan lainnya. Tidak semua orang ingin merayakan hari kasih sayang dengan kekasih, adapula yang ingin menghabiskan momen tersebut dengan saudara atau sahabat.

Kamu bisa membuat promo untuk mereka merayakan Hari Valentine dengan orang tua, teman ataupun sahabat. Misalnya BOGO (Buy One Get One) Deals untuk sepasang sahabat.

Sebarkan Cinta untuk Para Pegawai

Bukan hanya pelanggan, para pegawai juga juga berhak mendapatkan perhatian khusus di hari penuh cinta ini. Tidah harus melalui hal-hal yang mahal dan mewah, hanya dengan hal-hal kecil bisa menunjukan bahwa kita peduli dan berterimakasih kepada mereka.

Misalnya memberikan cemilan berupa kue berbentuk hati beserta kartu bertuliskan ‘Happy Valentine’ juga sudah cukup membuat mereka teristimewa.

Ingatlah bahwa pegawai yang bahagia bisa membawa aura positif pula untuk para pelanggan.

Valentine’s Day Event? Why Not

Momen Valentine’s Day bisa menjadi alasan untuk menggelar suatu event. Hal ini juga bisa mendatangkan keuntungan, karena dengan adanya pesta atau event bisa membuat orang-orang mengetahui produk kita. Mungkin untuk bisnis retail, kamu bisa membuat acara fashion show bertema Valentine, untuk bisnis FnB kamu bisa membuat acara cooking class untuk pasangan dan banyak lainnya.

Quotes untuk Hari Valentine

Biar makin menarik, kita bisa menaruh quotes di sosial media. Walaupun kelihatan sepele, tapi cara seperti ini bisa menumbuhkan perhatian dari para pengikutmu di sosial media. Kamu bisa menaruh quotes humor ataupun romantis, pilih yang paling unik dan mencuri perhatian.

Baca juga: Berbisnis di Media Sosial

Sebarkan Suasana Hari Kasih Sayang dengan Tulus

Alih-alih berakting penuh sukacita dengan semua orang di Hari Valentine, ajak seluruh pegawai untuk merasakan suasana hati setiap pelanggan sebelum berbicara dengan mereka. Penelitian telah menunjukkan bahwa bersikap ramah dan bahagia mungkin tidak selalu menjadi cara terbaik untuk mendekati konsumen. Jadi di Hari Valentine ini, perhatikan isyarat non-verbal pelanggan Anda.

Jika pembelanja terlihat senang dan gembira, maka tidak masalah bersikap ramah dan cerewet. Namun, jika seseorang dalam suasana hati yang buruk, sebaiknya simpati. Alih-alih bergegas masuk untuk mengobrol dan membantu mereka, beri mereka ruang. Akui kehadiran mereka, dan kemudian dengan lembut ingatkan mereka bahwa Anda akan berada di sekitar untuk membantu jika mereka memerlukan sesuatu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *