Situasi pandemi yang belum berakhir membuat sebagian pemilik toko kesulitan untuk melakukan pembukaan awal toko pastinya. Membuka restoran, kafe, atau toko lainnya tidak pernah mudah tetapi saat melakukan pembukaan toko selama pandemi dengan serangkaian tantangan baru dan aturan-aturan yang mengikat terasa menjadi semakin sulit. Seluruh negara hampir ditutup karena pandemi, yang menyulitkan pemilik bisnis dari semua ukuran dan jenis, tetapi terutama mereka yang baru memulai bisnis mereka untuk pertama kalinya.
Apakah kalian ingin melakukan soft opening toko dari bisnis kalian selama pandemi COVID-19? Ada beberapa hal yang dapat kalian lakukan untuk membuka toko dengan aman untuk pertama kalinya dan tetap bisa meraih kesuksesan toko sekarang dan di masa depan. Berikut hal yang kalian dapat lakukan saat soft opening :
Sebarkan berita pembukaan toko melalui sosial media
Social media adalah cara tepat untuk mengumumkan Soft Opening kalian. Dari social media memungkinkan orang-orang menjadi tahu tentang soft opening yang dilakukan. Menggunakan video dan posting untuk menjangkau pengikut kalian di sosial media.
Jika kalian ingin Soft Opening berbeda dengan yang lainnya dan terlihat menarik, kalian dapat mengeluarkan sedikit budget untuk membuat produksi terlihat lebih heboh, misalnya dekorasi latar belakang, menggunakan music yang sedang hitz melalui pengeras suara, atau kostum konyol yang Anda kenakan untuk video. Orang ingin sesuatu yang keren untuk dilihat, dan jika kalian kreatif, Soft Opening kalian bisa menjadi viral!
Maksimalkan take away atau ojek online
Kalian harus menawarkan sistem take away, pengiriman ojek online atau pengiriman gratis untuk produk yang kalian jual. Tidak semua orang berani untuk datang langsung ke toko, jadi sistem take away dan ojek online ini membantu menjangkau orang-orang yang tidak berani keluar rumah.
Menurut Tren Bisnis Kecil, 86% orang ingin bisnis lokal terus menawarkan “layanan pandemi” seperti delivery dan take away. Dengan mempertahankan praktik bisnis ini dalam waktu dekat, kalian harus memastikan bahwa kalian dapat memenuhi kebutuhan orang-orang saat pandemi ini.
Dapatkan feedback dari pelanggan dengan aplikasi
Untuk mendapatkan perbaikan terhadap menu yang dijual, dapat dilakukan dengan cara kuisioner dan memperoleh feedback dari pelanggan yang berbelanja pada saat soft opening. Selain kuesioner, anda juga dapat memanfaatkan feedback merchant pada aplikasi ojek online untuk melakukan improve lebih baik lagi pada menu anda. Untuk menarik partisipan, anda dapat menawarkan diskon atau reward bagi yang ikut berpartisipasi dalam memberikan feedback tersebut