Pada masa pandemi, media sosial merupakan salah satu alat marketing yang paling banyak digunakan. Selain relatif lebih terjangkau, pada masa pandemi ini membuat orang kesulitan berinteraksi secara langsung. Maka sosial media menjadi solusi utama pemasaran saat dan sosial media juga menjangkau semua kalangan dari berbagai usia dan latar belakang. Saat mengakses media sosial, kita bisa melihat banyak sekali konten-konten marketing bertebaran. Para pegiat bisnis sengaja membuat konten yang unik dan menarik dengan tujuan mengundang para pengguna untuk meng-klik dan secara tidak langsung memperoleh informasi tentang produk atau jasa yang ditawarkan.
Jika kamu ingin memulai bisnis pada saat pandemi dan ingin melakukan kegiatan marketing secara online. Maka di artikel kali ini, kita akan membahas cara simpel yang bisa kamu jadikan dasar sebelum membuat konten marketing.
Pelajari Segala Hal Tentang Konten Marketing
Konten marketing itu sendiri merupakan pendekatan strategi pemasaran yang difokuskan pada pembuatan dan pembagian konten yang bermanfaat, relevan dan konsisten.Inti dari konten marketing adalah isi dari sebuah iklan yang bertujuan membuat orang yang melihatnya tertarik untuk membeli. Terdapat dua elemen kunci yang membuat pemasaran konten menjadi alat pemasaran yang efektif yaitu konten unik dan strategi yang kamu kembangkan untuk memperoleh perhatian target marketing. Yang terpenting adalah harus konsisten, berarti kamu perlu menetapkan jadwal untuk membuat konten baru secara reguler. TerdapatĀ beberapa jenis konten yang harus di update setiap hari, namun ada juga yang seminggu sekali atau bahkan sebulan sekali.
Gunakan Alat untuk Memantau Pembuatan Konten Marketing
Masa pandemi ini pemasaran efektif dilakukan secara digital. Selain mengurangi resiko penyebaran virus Corona, pemasaran secara digital juga dapat menjangkau banyak audience. Dalam membuat konten digital marketing, banyak hal yang harus dilakukan. Saat ini banyak alat yang dapat dimanfaatkan dalamĀ melakukan digital marketing. Baik itu alat untuk merencanakan, mendesain gambar serta mengirimkan ke banyak audience. Alat yang tersedia saat ini sudah bersifat online dan collaborative atau dapat dikerjakan bersama-sama.
Berikut ini adalah beberapa alat digital marketing yang bisa kamu gunakan dalam membuat suatu konten.
- Organisasi pengerjaan konten dengan Note atau Trello
- Gunakan Design Tools secara online seperti Canva dan Visme
- Membagikan konten marketing melalui email dengan MailChimp atau Constant Contact
Pilih Saluran Yang Paling Sesuai
Media sosial tentunya menjadi pilihan yang tepat saat masa seperti ini untuk menyebarkan suatu konten. Kamu harus memilih mana yang paling sesuai dengan bisnismu dari banyaknya platform media sosial dan keadaan saat pandemi seperti ini. Misalnya adalah menggunakan platform tiktok yang sedang viral saat ini untuk mengisi konten video, konten seperti foto atau video lebih baik disebarkan melalui platform instagram atau pinterest, link untuk blog bisa kamu taruh di twitter atau facebook, dan sebagainya.
Nah setelah kamu melakukan membuat konten marketing dan telah menyebarkannya, hal yang harus kamu lakukan adalah melakukan pengecekan untuk kemudian dievaluasi. Hal ini berarti kamu harus mengumpulkan metrik dari berbagai sumber sehingga kamu bisa mengecek apakah konten marketing-mu telah sesuai, berapa banyak yang meng-klik atau dampak konten marketing tersebut terhadap penjualan bisnismu. Lebih baik lakukan penelitian setiap bulannya agar kamu dapat membandingkan dari waktu ke waktu dan memudahkanmu dalam membaca data-data tersebut.
Kalau kalian merasa terbantu dengan artikel diatas yuk jangan lupa untuk follow dan cek Instagram kita, di @hellobillpos !