Promosikan Bisnis Restoran Menggunakan User-Generated Content (UGC)

Sebelumnya, apakah kamu pernah mendengar istilah User-Generated Content atau UGC? Jika belum, mari kita bahas bersama-sama.

User-Generated Content atau UGC adalah segala macam konten yang yang dibuat oleh pengguna dan dipublikasikan secara terbuka dalam sebuah sistem. Saat ini UGC dianggap sebagai salah satu alat yang efektif untuk kegiatan pemasaran. Selain lebih terjangkau, konten UGC ini juga dianggap lebih menarik dan dipercaya karena dibuat oleh orang yang memang memiliki pengalaman dengan merek tersebut.

Untuk jelasnya, bayangkan situs 9gag (tentu kamu tidak asing dengan yang satu ini). Situs 9gag merupakan salah satu jenis UGC karena situs ini mengizinkan para penggunanya membuat konten-konten lucu untuk kemudian di sebarkan di situs ini.

sumber: code design

Rupanya UGC ini juga bisa digunakan untuk bisnis restoran, lho. Penasaran? Berikut ini adalah cara memaksimalkan UGC untuk bisnis restoran.

Gunakan Foto dari Pelanggan

Mencari konten yang dapat dilakukan secara manual dengan memanfaatkan sosial media sebaik-baiknya. Silahkan telusuri sosial media untuk memperoleh foto atau review yang dapat meningkatkan brand awareness restoran milikmu.

Disini kamu dapat menelusuri menggunakan tagline lokasi ataupun hastag sesuai dengan nama restoranmu. Mungkin beberapa orang tidak menaruh tagline lokasi, tetapi menyisipkan hastag sesuai nama restoran. Nah, siapa tau kamu bisa menemukan foto dengan menelusuri keduanya.

Setelah itu, pilih foto ataupun review yang paling menarik, entah foto disudut restoran Anda yang membuatnya terlihat sangat cantik atau foto menu makanan dengan caption berisi review yang mengatakan bahwa “rasanya sangat enak”.

sumber: SendPulse

[5 Jenis Customer Experience yang Membuat Pelanggan Datang Kembali]

Mengadakan Kontes Kreatif

Mengadakan kontes dapat menjadi cara efektif untuk meningkatkan keterlibatan pelanggan. Kontes yang dilakukan dengan benar dapat meningkatkan minat dari pelanggan baru dan mempertahankan pelanggan lama.

Saat membuat rencana kegiatan yang akan diadakan, pastikan kamu telah mengetahui apa yang sedang tren di kalangan pelanggan dan apa yang mereka sukai dari restoranmu. Dengan begitu, kamu dapat mengukur keberhasilan dari kegiatan tersebut.

Contoh ide kreatifnya seperti ini: kamu memiliki restoran makanan sehat, dimana salad menjadi primadona dan banyak orang menyukainya. Nah, kamu dapat mengadakan kontes foto salad dari restoranmu beserta caption berisi alasan mengapa mereka menyukainya. Foto dan caption terbaik akan mendapatkan hadiah yang sangat menarik.

sumber: Page Wiz

[5 Cara Efektif Memperoleh Publikasi untuk Bisnis Anda]

Bekerjasama dengan Pihak Lain

Apabila kamu memiliki budget yang lebih besar, maka kamu bisa bekerjasama dengan pihak lain seperti public figure. Cari seorang Influencer, seperti food vlogger atau food blogger yang dipercaya akan kejujurannya oleh masyarakat.

Kerja sama dengan mereka ini dapat sangat efektif. Seorang influencer bukan hanya memiiki pengikut yang sangat banyak, namun, mereka juga telah memahami karakter dari pengikutnya, sehingga, mereka dapat menyuguhkan konten UGC dengan tepat sasaran.

sumber: pixlee

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *