7 Kunci Sukses Berbisnis dari Para Milyuner

Setiap orang pasti memiliki cerita kesuksesannya masing-masing, termasuk para milyuner. Jalan yang mereka tempuh untuk meraih kesuksesan juga tidaklah mudah, ada banyak rintangan dan tantangan yang harus mereka hadapi. Sama seperti kita, rata-rata dari mereka juga memulainya dari bawah, from nothing to something…

Lalu, apa yang paling membuat mereka kini begitu sukses? jawabannya adalah mereka tidak menyerah pada keadaan. Mereka terus memikirikan ide dan inovasi dari setiap situasi dan kondisi dari masa ke masa. Berikut ini adalah 7 kunci sukses berbisnis dari para milyuner yang dapat kamu pelajari:

Belajar dari Kegagalan

Tidak ada seorangpun yang ingin merasakan pahitnya kegagalan, namun terkadang kegagalan justru yang menghantarkan kepada kesuksesan. Saat kamu melihat biografi orang-orang sukses, kamu dapat melihat bahwa mereka juga pernah mengalami kegagalan bahkan hingga berkali-kali. Istimewanya, mereka tidak menyerah dan terus berusaha hingga berhasil.

Contohnya Bill Gates. Ia kini dianggap sebagai milyuner paling berhasil di dunia. Rupanya Bill Gates juga pernah melalui masa kelam, yaitu saat perusahaan Traf-Of-Data yang dibangunnya bangkrut pada tahun 1970-an. Untungnya Bill Gates tidak lama-lama terpuruk, karena ia akhirnya sukses dengan Microsoft.

Jadi, jangan takut gagal karena kegagalan adalah kunci dari kesuksesan. Selain itu, pengalaman adalah guru terbaik, seperti yang dikatakan Bill Gates, “It’s fine to celebrate success but it is more important to heed the lessons of failure.”

Bill Gates. sumber: CNBC.com

[Belajar dari Levi Strauss Saat Bisnis Sedang Terpuruk]

Mulai dari Kebiasaan

Kesuksesan dapat dimulai dari suatu kebiasaan. Mohammad Dewji, CEO METL Group dan miliarder termuda di Afrika mengatakan, “Selalu berusaha untuk mencapai yang terbaik dalam hidup dan jangan pernah membuat ruang untuk biasa-biasa saja. Atur standarmu tinggi dan usahamu akan meraih kesuksesan”.

Mulai biasakan dirimu untuk memiliki kebiasaan yang baik, seperti selalu menepati janji, bangun lebih awal, konsisten dalam bekerja dan mengikuti aturan yang berlaku. Dengan begitu kamu akan terbiasa melakukannya dan lebih mudah untuk medisiplinkan diri ketika berbisnis.

Visi adalah Kunci

Aspek terpenting lainnya dari suatu kesuksesan adalah memiliki sasaran yang tepat. Seorang pengusaha harus memiliki ide-ide yang inovatif, serta pemikiran yang out of the box atau tidak biasa. Dari situ maka akan timbul konsep yang unik dan berbeda dengan yang lainnya.

Seorang milyuner biasanya lahir dari ide-ide yang awalnya dianggap remeh, namun mereka mampu membuktikan bahwa konsep mereka yang terbaik. Lihat Richard Branson, pendiri Virgin Airlines. Pada masa awal pengembangan, Virgin Airlines selalu dianggap sebelah mata. Orang-orang bahkan menanggapi dengan skeptis, karena tidak mungkin armada pesawat baru dapat mengalahkan perusahaan sekelas American Airlines pada saat itu. Namun, Richard Branson mampu menunjukan bahwa anggapan orang-orang salah.

Ia melihat bahwa adanya kebutuhan untuk maskapai penerbangan yang lebih murah dengan pelayanan yang baik. Ia kemudian menjadikan itu sebagai visi Virgin Airlines. Kini perusahaan tersebut sudah sangat besar dan menghantarkan Richard Branson sebagai salah satu miliyuner di dunia.

Virgin Atlantic President Sir Richard Branson. sumber: Metro

[4 Kunci Emas dalam Membuat Goal-Setting]

Kesehatan adalah Segalanya

‘Di dalam tubuh yang sehat, terdapat jiwa yang kuat’, Kamu pasti pernah mendengar kalimat tersebut. Kalimat yang menunjukan betapa pentingnya menjaga kesehatan.

Jangan anggap remeh kesehatan karena itu menjadi dasar dari segala kebutuhanmu dalam mengajar cita-cita. Berbagai ide dan inovasi lebih mudah dilakukan dengan kondisi tubuh yang prima. Mulai sekarang, cobalah untuk mengatur pola makan yang sehat, istirahat yang cukup dan rutin lakukan olahraga ringan. Dengan begitu kamu akan terhindar dari penyakit yang tentu saja dapat menghambat kegiatanmu.

Peluang+Persiapan = Keberuntungan

Kamu pasti pernah berpikir kalau para milyuner itu sangat-sangat beruntung. Mungkin itu benar, tapi kamu juga harus tahu kalau mereka juga berusaha untuk mendapat ‘keberuntungan’ tersebut.

Marc Cuban, milyuner pemilik Nasional Basket Ball Association (NBA) Dallas Maverics mengatakan, “Being a billionaire requires a lot of luck, a lot of great timing.”

Jangan hanya bergantung kepada keberuntungan untuk sukses. Namun, belajar untuk mengenali peluang dengan cepat, fleksibel untuk mengambil keputusan jika diperlukan, dan yang terpenting adalah mempersiapkan untuk segala kemungkinan yang terjadi di masa depan. Dengan begitu, kamu akan memperoleh banyak keberuntungan dikemudian hari. Selalu ingat bahwa peluang dapat datang kapanpun, jadi pastikan ketika ada peluang, kamu siap untuk mengambilnya.

[6 Tips untuk Meningkatkan Penjualan]

Tetapkan Prioritas

Menurut Survei di Amerika Serikat pada tahun 2015, sekitar 640 orang dengan kekayaan sekitar $3 juta mengatakan bahwa prioritas utama mereka adalah kesehatan, kebahagiaan dan keamanan finansial.

Ketika kamu berusaha mencari uang, kamu juga harus tau apa alasanmu sesungguhnya dengan uang-uang tersebut. Dengan begitu kamu akan memiliki motivasi, tujuan dan arah yang jelas. Banyak milyuner yang merasa hampa, meskipun memiliki banyak harta, dari situ kamu dapat menyimpulkan bahwa banyak hal di dunia ini tidak dapat dibeli dengan uang.

Misalnya, milyuner yang merupakan pembisnis asal Amerika, Warren Buffett, ia mengatakan bahwa ia selalu memantau perkembangan anak-anaknya. Ia ingin anaknya menjalani hidup normal seperti anak-anak lainnya. Warren Buffett memahami bahwa prioritasnya adalah anak-anaknya, maka ia bekerja juga untuk kebahagiaan anak-anaknya. Pengalaman menjadi orang itu yang tidak dapat dibeli dengan uang.

sumber: Keith Craft

Kerja, Kerja dan Kerja

Tidak peduli cuaca, hari dan waktu, bagi seorang milyuner pekerjaan harus tetap diselesaikan. Kerja keras mereka ini yang menghantarkan mereka menuju puncak kesuksesan. Kata malas atau bosan sebisa mungkin tidak ada di kamus mereka. Begitupula jika kamu ingin sukses seperti mereka, terus berusaha melakukan yang terbaik dan pantang menyerah, seperti kata pepatah ‘tidak ada hasil yang mengkhianati proses’.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *