7 Tips untuk Bersaing Dengan Bisnis Online

Fenomena toko online memang tidak dapat dianggap enteng. Semakin hari, semakin banyak e-commerce yang bergerak di bidang jual beli online menawarkan berbagai keuntungan bagi pelanggan, mulai dari gratis ongkos kirim, harga yang lebih jauh lebih rendah hingga berbagai program loyalitas yang menggiurkan.

Munculnya berbagai bentuk penjualan online menjadi tantangan tersendiri bagi pemilik toko fisik. Jika pemilik toko tidak jeli, maka muculnya platform jual beli online akan sangat merugikan, bahkan dapat mematikan bisnis tersebut.

Namun, munculnya toko online tidak selalu buruk, dengan strategi yang mantap dan cerdas, sebuah bisnis offline juga dapat bersaing, bahkan, lebih banyak mendulang keuntungan. Berikut ini adalah 6 tip berkompetisi dengan bisnis online:

Tekankan Kecepatan dan Kenyamanan

Pembeli online harus menunggu setidaknya satu hari hari untuk pesanan mereka. Meskipun banyak toko online yang menawarkan paket pengiriman ‘saat itu juga’, namun tetap tidak dapat dipastikan efektifitasnya. Mengingat jarak, keadaan dan hal-hal lainnya yang dapat menghambat.

Hal ini dapat menjadi kelebihan dari toko fisik. Disini pembeli tidak harus menunggu untuk memperoleh barang mereka. Setelah membayar, pembeli bisa langsung membawanya pulang. Pembeli juga tidak perlu ragu soal ukuran dan penampilan produk, karena sebelumnya mereka telah melihat dan mencoba langsung di toko.

Tekankan hal ini setiap kali Anda melakukan komunikasi dengan pembeli. Tekankan fakta bahwa mereka dapat keluar dari toko Anda dengan barang-barang mereka, tanpa harus menunggu ataupun membayar biaya pengiriman.

Taruh Iklan Tokomu Di Berbagai Sisi

Jika toko Anda berada di dalam mall ataupun pusat perbelanjaan lainnya, pastikan Anda memperoleh cukup perhatian dari para pengunjung. Anda dapat membayar untuk menaruh iklan di banner ataupun billboard di beberapa sisi yang pasti terlihat oleh pengunjung.

Pastikan Anda memiliki promosi iklan yang menarik, sehingga pengunjung tidak berpikir dua kali untuk datang ke toko Anda.

[5 Cara Sederhana untuk Mengatur Keuangan Bisnis Anda]

Berikan Layanan dan Bantu Pelanggan Temukan Apa Yang Mereka Butuhkan

Jika bicara tentang pelayanan, toko offline tentunya dapat lebih unggul. Berbelanja di toko online berarti bertatap muka dengan penjualnya dan merasakan pelayanan secara langsung.

Anda dapat menunjukan kualitas pelayanan Anda semaksimal mungkin. Misalnya: jika bisnis ada bergerak di bidang fashion, Anda dapat menunjukan model pakaian yang cocok untuk mereka, memberikan acuan dan masukan gaya, mencarikan ukuran yang sesuai bahkan mengajak mereka berbincang-bincang ringan.

Intinya adalah membuat mereka merasa nyaman berbelanja di toko Anda dan merasa istimewa, serta mendapatkan apa yang mereka inginkan. Jika Anda berhasil meraih hati pelanggan, tidak menutup kemungkinan mereka akan datang kembali dan merekomendasikan toko Anda.

[Cara Ampuh Online Marketing Untuk Bisnismu]

Lebih Dari Sekedar Komoditas

Produk yang Anda jual bisa saja ditemukan di toko online dengan harga yang jauh lebih murah, terutama jika produk yang Anda jual adalah produk merek orang lain yang Anda beli dari pabrik. Salah satu kunci agar toko offline Anda tetap eksis adaah memiliki produk buatan sendiri yang tidak ada di tempat lainnya.

Jika menjual pakaian, maka buat desain sendiri. Begitupula jika Anda menjual produk lainnya, seperti aksesoris. Pastikan Anda memiliki model, bahan, motif ataupun warna yang berbeda dengan yang ada di pasaran. Sehingga toko Anda memiliki ciri khas tersendiri yang dapat diingat.

Berbeda halnya jika bisnis Anda memang menjual produk yang diperoleh dari pabrik ataupun suplier. Disini anda dapat membuat hal-hal unik agar toko Anda dikenal. Contohnya, sebuah toko yang menjual snack (seperti: coklat, permen, kacang dan keripik) yang di impor dari luar negri. Alih-alih hanya menjual, toko tersebut juga menyediakan jasa menghias snack-snack tersebut menjadi souvenir yang cantik untuk hadiah ataupun acara.

Ingatlah bahwa semua entrepreneur harus memiliki segudang kreatifitas.

Bersaing dengan Harga

Pencocokan harga adalah salah satu taktik umum yang dilakukan toko fisik agar dapat bersaing dengan toko online. Meskipun taktik pencocokan harga merupakan strategi yang layak, namun disatu sisi ini juga dapat merugikan bisnis Anda. Itulah mengapa Anda harus lebih kreatif saat menentukan harga produk dan membuat promosi.

Bekerja dengan Vendor Anda

Satu hal yang dapat Anda lakukan adalah melakukan kerjasama dengan vendor Anda dan pastikan Anda dapat memperoleh pengurangan harga dari mereka. Tanyakan Apakah Anda akan mendapatkan harga lebih murah jika berhasil menjual lebih banyak? Atau mungkin Anda dapat membuat kesepakatan lainnya dengan potongan ongkos kirim ataupun gratis biaya administrasi lainnya.

Sesuaikan Offers atau Penawaran

Sebelum membuat suatu penawaran ataupun promosi, pastikan Anda menyiapkannya sebaik mungkin. segmentasikan pembeli Anda dan kirimi mereka promosi yang disesuaikan berdasarkan perilaku belanja mereka.

[Cara Mengelola Banyak Toko]

Berikan Pilihan Pembayaran yang Flexibel

Toko yang memberikan fasilitas pembayaran yang flexible dapat menunjang kenyaman para pelanggan. Anda dapat menyediakan berbagai pilihan pembayaran di toko Anda.

Selain pembayaran tunai, debit dan kredit,  Anda dapat mempertimbangkan pembayaran cicilan. Pembayaran cicilan mencakup: pembayaran sebagian, split payments dan layaways. Memberikan pembeli lebih banyak pilihan untuk bagaimana mereka membayar bisa menjadi hal yang membuat Anda berbeda dari pesaing Anda.

Go Online

Munculnya berbagai platform jual beli online tidak selamanya buruk bagi bisnis Anda. Justru Anda dapat memanfaatkannya untuk memperoleh keuntungan yang lebih banyak.

Tidak ada salahnya jika Anda ikut menjual produk Anda secara online.

Mulailah dengan membuat situs website dimana pelanggan dapat langsung melakukan pembelian disana, lalu manfaatkan media sosial, ataupun masuk ke platform jual beli online lainnya. Dengan ikut berjualan online Anda dapat meraih pelanggan yang lebih luas, sehingga keuntunganpun bertambahkan berkali-kali lipat.

Namun, bukan berarti Anda langsung meninggalkan toko fisik Anda. Anda dapat mengintegrasi toko fisik Anda melalui toko online Anda. Seperti selalu manaruh alamat toko fisik di kotak paket Anda, menaruh informasi toko fisik di sosial media maupun website. Anda juga bisa memberikan informasi promo yang hanya dapat dipakai jika berbelanja langsung di toko, seperti “Potongan harga 20% untuk pembelanjaan langsung di Toko”.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *